JENIS TANG JEPIT & POTONG YANG PERLU KALIAN KETAHUI

By | January 15, 2020

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya tercinta.. hohoho.. Gimana nih kabar kalian semua?? semoga pada baik ya kalian dan sekeluarga.. Okeee.. kali ini kami mau bahas tentang jenis tang jepit & potong yang perlu kalian ketahui, agar nantinya kalian dapat membedakan. Mana tang yang untuk ini dan mana yang untuk itu.

 

Jadi pada artikel ini, selain kami bahas tentang jenis tang jepit & potong. Kami juga akan membahas masing-masing kegunaannya bro.. Biar nanti pengetahuan kalian bertambah dan tentunya kalian bisa mengkasifikasikan mana yang paling cocok dengan kebutuhan kalian.

 

Atau bisa juga kalian jadi koleksi tang jepit dan potong, karena nanti kalo ada sesuatu atau kebutuhan mendadak. Kalian ga perlu nyari tang ini itu lagi, langsung tepat menuju sasaran. Oke langsung aja ya kita akan bahas apa aja sih jenis tang jepit & potong yang perlu kalian ketahui.

 

 

JENIS TANG JEPIT & POTONG YANG PERLU KALIAN KETAHUI

Kira-kira ada berapa jenis sih tang jepit dan tang potong itu?? Pasti yang kalian sering lihat itu cuma tang-tang yang suka dipake tukang ya. Tapi Klo kalian ke toko elektronik, kalian pasti juga bisa liat jenis tang yang lain, selain tang yang dipake tukang tadi.

 

Berikut ini adalah beberapa jenis tang jepit & potong yang perlu kalian ketahui ya guys :

  1. Tang Hidung Panjang
  2. Tang Kombinasi
  3. Tang Jepit Slip
  4. Tang Pengunci
  5. Tang Potong
  6. Tang Anggar
  7. Tang Lidah
  8. Tang Kabel
  9. Tang Bengkok

 

Naahhh.. jadi adalah 10 jenis tang jepit & potong yang perlu kalian ketahui ya guys. Dan apa aja sih kira-kira kegunaan dari masing-masing jenis tang tersebut?

 

Langsung aja kita bahas ya pada penjelasan masing-masing jenis tang tersebut pada beberapa poin dibawah ini.

 

 

TANG HIDUNG PANJANG

Jenis-Tang-Jepit-&-Potong-Tang-Hidung-Panjang

Yang pertama adalah tang hidung panjang. Tang ini dapat anda gunakan untuk mengunci kawat  atau cincin untuk mengencangkan ikatan pada alat-alat yang ingin kalian ikat. Dan bentuknya yang panjang memungkinkan tang ini dapat memasuki sudut-sudut sempit.

 

 

TANG KOMBINASI

Jenis-Tang-Jepit-&-Potong-Tang-Kombinasi

Jenis tang jepit & potong yang perlu kalian ketahui selanjutnya yaitu tang kombinasi. Untuk tang yang satu ini adalah tipe tang yang sangat umum digunakan orang-orang. Karena memang fungsinya yang bisa untuk menjepit dan memotong.

 

Selain itu bentuknya yang lebih besar tentunya memiliki kekuatan jepit yang besar. Nah maka dari itu, tang ini dirasa sangat berguna untuk berbagai aplikasi guys.

 

 

TANG PENGUNCI

Jenis-Tang-Jepit-&-Potong-Tang-Pengunci

Jenis tang yang ketiga yaitu tang pengunci. Tang pengunci ini biasa digunakan oleh orang-orang yang biasa bekerja dengan mesin las atau kerajinan kayu. Karena memang tang ini dapat digunakan untuk menggabungkan dua benda agar tidak bergeser.

 

Tapi kelemahan dari tang ini yaitu tidak bisa mengunci benda dengan ketebalan lebih dari 10 cm. Jadi kalo mau gabungin 2 benda yang tebal, kalian kudu pake clamp khusus agar dapat mencukup kebutuhan dari ketebalan dua benda tadi.

 

 

TANG JEPIT SLIP

Jenis-Tang-Jepit-&-Potong-Tang-Jepit-Slip

Jenis tang jepit & Potong yang perlu kalian ketahui selanjutnya yaitu tang jepit slip. Bagi yang punya sepeda motor biasanya pasti tau tang model ini, karena biasanya disediakan oleh dealernya sebagai peralatan darurat di perjalanan.

 

Untuk fungsi dari tang ini selain untuk menjepit yaitu dapat juga digunakan untuk mencabut paku dan merobek kabel. Jadi tang ini sebenarnya serba guna guys, tapi memang tidak terlalu kuat karena tipisnya tang ini. Sehingga memiliki daya cengkeram yang terbatas.

 

Tapi kelebihannya karena tipis tadi, jadi bisa dibuat untuk mencabut paku, membuka baut yang sudah aus dan macem-macem lagi.

 

 

TANG POTONG

Jenis-Tang-Jepit-&-Potong-Tang-Potong

Untuk jenis tang yang satu ini tentunya kalian udah sering lihat ya guys. Jadi tang potong ini gunanya ya untuk memotong baik itu kabel, kawat ataupun alat-alat lainnya yang terbuat dari besi tipis.

 

Jenis tang ini sangat diperlukan khususnya bagi orang-orang yang bekerja di proyek. Karena tang ini dapat memudahkan pekerjaan mereka dan tentunya mempercepat kinerja mereka juga.

 

 

TANG ANGGAR

Jenis-Tang-Jepit-&-Potong-Tang-Anggar

 

Jenis tang ini tentunya agar baru ya buat kalian. Karena memang di Indonesia tang ini tidak terlalu banyak yang menggunakan. Tapi kami akan tetap menjelaskannya guys, karena siapa tau kalian jadi pengen beli tang ini buat mempermudah pekerjaan kalian.

 

Bisa kalian lihat bentuknya ya. Dibagian kiri, dia memiliki permukaan cukup tebal sehingga dapat menggantikan fungsi palu kecil untuk menancapkan paku pake kayu. Dan dibagian atasnya terdapat permukaan yang sedikit tajam yang memiliki fungsi untuk memberikan tanda berupa garis pada bagian kayu yang akan di gergaji.

 

Dan dibagian tengah terdapat lubang kecil yang fungsinya dapat kalian gunakan untuk mencaput paku. Jadi tang ini memiliki banyak kegunaan guys dan lebih cocok digunakan oleh para pengrajin kayu.

 

 

TANG LIDAH

Jenis-Tang-Jepit-&-Potong-Tang-Lidah

Tang selanjutnya yaitu tang lidah. Untuk jenis tang ini merupakan versi yang lebih besar dari tang jepit slip, karena ukuran mulutnya dapat disesuaikan ukurannya. Kegunaan dari tang ini dikhususnya untuk memasang pipa-pipa berukuran kecil hingga sedang. Pokoknya yang sesuai dengan ukuran tang tersebut.

 

Jadi tang ini nantinya dapat disesuaikan ukurannya dengan ukuran pipa yang ingin di jepit. Biasanya tang ini pasti dibawa dan dimiliki oleh para tukang ledeng guys. Tapi orang-orang yang bekerja di proyek juga harus punya tang ini. Karena bisa dibuat untuk memasang pipa-pipa saluran air dan kabel pada rumah dan gedung yang sedang dikerjakannya.

 

 

TANG KABEL

Jenis-Tang-Jepit-&-Potong-Tang-Kabel

Jenis tang jepit & potong yang perlu kalian ketahui lagi yaitu tang kabel. Bentuk kepalanya yang kecil sangat cocok untuk barang-barang elektronik yang bagian-bagiannya juga kecil.

 

Jadi bagi kalian yang bergelut di bidang elektronik, ada baiknya kalian membeli tang jenis ini untuk memotong, merobek kabel dan semacamnya pada alat-alat elektronik kalian.

 

 

TANG BENGKOK

Jenis-Tang-Jepit-&-Potong-Tang-Bengkok

Tang selanjutnya yaitu tang bengkok. Untuk tang bengkok ini juga sangat berguna pada saat digunakan untuk memperbaiki alat-alat elektronik, menjepit kabel listrik yang tak terjangkau, menjepit perhiasan yang kecil dan lain-lain.

 

Bentuk ujungnya yang bengkok sangat sempurna untuk menjepit benda kecil atau pada tempat sempit dengan posisi tangan lurus. Jadi ga perlu gonta ganti posisi tangan untuk menjepit sesuatu, melainkan hanya tinggal memasukkan ujung kepalanya pada benda yang ingin dijepit.

 

Naahhh.. jadi itu tadi ya guys beberapa jenis tang jepit & potong yang perlu kalian ketahui masing-masing fungsinya. Sebenarnya ada 1 jenis tang lagi yaitu tang hidung bulat, tetapi penggunaannya sama seperti tang bengkok dan kami rasa penggunaannya juga lebih spesifik untuk kebutuhan khusus. Jadi masih bisa diatasi dengan tang bengkok tadi jika memang ada kebutuhan khusus ini.

 

Yaw dah kalo gitu guys, semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua ya. Dan bagi kalian yang sedang membutuhkan salah satu atau beberapa jenis tang yang udah gw sebutin tadi. Kalian bisa langsung lihat-lihat katalog tang kami dibawah ini.

 

Sapa tau ada yang cocok 😀

 

>> KATALOG TANG JEPIT & POTONG <<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *