Thumbnail-Jenis-Mesin-Paku-Tembak-dan-Kegunaannya

JENIS MESIN PAKU TEMBAK DAN KEGUNAANNYA

By: Yudha Yudha
09 Jan 2020

Halo halo sobat tehniq setanah air.. Balik lagi ya ke blog kami yaitu blog tehniq.com ini. Jadi kali ini kami mau membahas tentang beberapa jenis mesin paku tembak dan kegunaannya yang perlu kalian ketahui. Hal ini tentunya sangat penting untuk kalian ketahui terutama bagi kalian pengrajin kayu.

 

Karena memang pengguna terbanyak dari mesin paku tembak atau nail gun ini yaitu para pengrajin kayu. Ada juga para kontraktor, tetapi tidak semua memiliki paku tembak ini. Karena memang mereka masih memilih cara lama yaitu dengan menggunakan palu untuk menancapkan pakunya.

 

Berbeda dengan mesin paku tembak ini ya. Karena mesin ini dapat menancapkan paku dengan sekali klik saja menggunakan jari imut kalian. Mudah cepat dan tidak ribet, tetapi memang masih belum banyak digunakan di Indonesia.

 

Ga papa,, mungkin karena kurangnya informasi dan marketing dari produk ini aja. Makanya pada artikel kami kali ini kami ingin membahas tentang mesin paku tembak ini. Ya siapa tau dengan adanya artikel ini, orang-orang mulai beralih dari cara manual menggunakan palu menjadi menggunakan mesin paku tembak ini.

 

 

JENIS MESIN PAKU TEMBAK DAN KEGUNAANNYA

Oke jadi itu sekelumit pembukaan dari gw tentang mesin paku tembak. Langsung aja kalo gitu kita mulai bahas jenis mesin paku tembak dan kegunaannya. Jadi jenis mesin paku tembak ini kami bagi menjadi 2 ya, yaitu dari sisi sumber tenaganya dan dari kegunaannya.

 

Jika kita lihat dari sisi sumber tenaganya, jenis mesin paku tembak ini dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu diantaranya :

  • Cordless Nail Gun
  • Pneumatic Nail Gun
  • Electric Nail Gun

 

CORDLESS NAIL GUN

Jenis-Mesin-Paku-Tembak-Cordless-Nail-Gun

Cordless Nail Gun memiliki sumber tenaga menggunakan Baterai. Jadi kalian pasti udah pada tau ya, yang namanya cordless itu pasti pake baterai. Banyak tuh kaya cordless drill, cordless grinder, cordless Circular Saw, dan lain-lain. Banyak lah pokoknya power tools yang pake baterai.

 

Kelebihan dari menggunakan Cordless Nail Gun ini tentunya lebih simple dan mudah ya guys. Tinggal charge mesin kamu kemudian pake dimanapun kalian berada. Mau itu tempat yang jauh dari sumber listrik ataupun yang dekat. Karena pake baterai jadi kalian ga perlu mikirin sumber listrik saat kalian bekerja.

 

 

PNEUMATIC NAIL GUN

Jenis-Mesin-Paku-Tembak-Pneumatic-Nail-Gun

Jenis Mesin Paku tembak dan Kegunaannya berdasarkan sumber tenaganya yang kedua yaitu Pneumatic Nail Gun. Pneumatic kalian udah tau belum artinya? Jadi artinya itu kayanya tekanan angin gitu. Intinya mesin paku tembak ini sumber tenaganya didapat dari tekanan angin.

 

Artinya untuk penggunaannya harus disambungkan pada kompresor. Dan perlu kalian ketahui ya, tenaga dorong dari pneumatic ini lebih kenceng dari cordless guys. Karena ya pasti beda lah ya tekanan angin sama baterai. Tapi ribetnya kita harus bawa-bawa kompresor untuk menggunakan mesin paku tembak yang satu ini.

 

Dan listrik dari kompresor juga lumayan kenceng. Hehehe

 

 

ELECTRIC NAIL GUN

Jenis-Mesin-Paku-Tembak-Electric-Nail-Gun

Jenis mesin paku tembak berdasarkan sumber tenaganya yang terakhir yaitu Electric Nail gun. Yang artinya mesin paku tembak ini menggunakan tenaga listrik. Jadi pake kabel yang bisa dicolok langsung kecolokan listrik. Dan karena menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya, maka kekuatan dari mesin ini bergantung pada spesifikasi ya.

 

Semakin besar daya listrik yang dikonsumsi maka semakin besar pula kekuatan hantamnya. Tetapi kekurangan dari mesin electric yaitu harusnya ada sumber listrik di dekat kalian bekerja. Karena tau sendiri ya, kabel yang terpasang pada mesin ini maksimal biasanya cuma 2 meter. Dan kebanyakan suma semeter setengah, jadi emang kalian ga bisa jauh-jauh dari sumber listrik.

 

Palingan kalian bisa buat terminal listrik dengan kabel yang agak panjang biar bisa lebih menjangkau sumber listrik yang agak jauh. Tapi masih mending ya daripada bawa-bawa kompresor, lebih enteng bawa terminal listrik kemana-mana. Hehehe

 

Bukan berarti pneumatic ribet ya guys.. Semua tergantung kebutuhan kalian di Lapangan. Karena masing-masing alat tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Dan terutama pneumatic ini, dia memiliki kekuatan hantam paling besar karena menggunakan tekanan angin.

 

 

JENIS MESIN PAKU TEMBAK DARI KEGUNAANNYA

Setelah kita membahas tentang jenis mesin paku tembak berdasarkan sumber tenaganya. Maka selanjutnya yang akan kita bahas disini adalah jenis mesin paku tembak berdasarkan dari kegunaannya. Jadi perlu kalian ketahui ya, jenis paku tembak ini ternyata beragam guys.

 

Dan masing-masing jenis mesin paku tembak tersebut memiliki kegunaannya atau spesial pada pekerjaan tertentu. Jadi ga sembarangan ternyata kalo mau pake paku tembak. Kalian harus menyesuaikan kebutuhan kalian sehari-hari dengan jenis mesin paku tembak yang sesuai.

 

Langsung aja ya guys, berikut ini adalah beberapa jenis mesin paku tembak dan kegunaannya jika kalian lihat dari sisi penggunaannya untuk apa :

  • Framing Nail Gun
  • Finishing Nail Gun
  • Brad Nail Gun
  • Roofing Nail Gun
  • Pin Nailer
  • Flooring Nail Gun
  • Staple Gun
  • Palm Nail Gun
  • Siding Nail Gun

 

Bisa kalian lihat ya guys.. Ada cukup lumayan banyak untuk jenis dari mesin paku tembak yang perlu kalian ketahui jika dilihat dari sisi kegunaannya. Langsung aja gw jelasin satu-satu biar artikelnya ga kepanjangan ya.

 

FRAMING NAIL GUN

Framing-Nail-Gun

Framing Nail Gun adalah mesin paku tembak yang bisa kalian gunakan untuk kebutuhan proyek kontraktor untuk membangun rumah. Mesin paku tembak ini bisa kalian gunakan untuk membangun Langit-langit rumah, kusen, dan beberapa pemakuan kayu-kayu yang agak tebal lainnya.

 

Panjang paku yang bisa dipasangkan pada mesin paku tembak ini sekitar 2 – 3 setengah inch atau setara 6 – 7 cm. Jadi untuk ukuran kayunya bisa kalian sesuaikan dengan panjang paku tersebut ya guys.

 

 

FINISHING NAIL GUN

Finishing-Nail-Gun

Jenis mesin paku tembak yang kedua yaitu finishing Nail gun yang bisa kalian gunakan untuk kebutuhan yang lebih ringan. Memang fungsinya sebagai finishing seperti menempelkan panel-panel pintu, furniture dan lain-lain.

 

Sedangkan untuk ukuran dari paku yang bisa dipasangkan dengan mesin yaitu dari ukuran 1 sampai 2 setengah inch atau setara 4 – 5 cm. Jadi kalian bisa sesuaikan ukuran kayu yang ingin kalian tempel ya guys.

 

 

BRAD NAIL GUN

Brad-Nail-Gun

Jenis mesin paku tembak dan kegunaannya yang ketiga yaitu Brad Nail Gun. Untuk jenis mesin paku tembak yang satu ini merupakan jenis mesin yang paling banyak digunakan di proyek pertukangan dan untuk alat perkakas dirumah.

 

Mesin paku tembak ini dapat digunakan untuk berbagai jenis kegiatan kalian seputar kegiatan pertukangan. Dan untuk ukuran panjang paku yang bisa kalian pasangkan pada mesin ini yaitu sekitar 1/2 sampai dengan 2 inch atau sama dengan 4 – 5 cm.

 

 

ROOFING NAIL GUN

Roofing-Nail-Gun

Selanjutnya yaitu jenis mesin paku tembak Roofing nail gun. Untuk jenis mesin paku tembak ini dapat anda gunakan untuk kebutuhan memaku atap langit-langit rumah kalian hingga bisa memaku yang lebih tebal lagi.

 

Kelebihan dari mesin ini adalah dapat disesuaikan tingkat kedalaman paku yang kalian butuhkan. Tapi ga tau ya untuk merk-merk tertentu. Seharusnya sih bisa karena mesin ini ukurannya gede, jadi pasti ada beberapa fitur-fitur canggihnya.

 

 

PIN NAILER

Pin-Nailer

Mesin paku tembak selanjutnya yang perlu kalian ketahui yaitu pin nailer. Pin nailer ini cocok untuk pekerjaan ringan. Biasanya digunakan untuk membuat kerajinan-kerajinan kecil seperti peti kecil, pigura, dan list-list panel kecil lainnya.

 

Dan untuk jenis paku yang biasa bisa digunakan untuk jenis mesin paku tembak ini yaitu paku tanpa kepala dan paku dengan kepala kecil yang biasanya dijual satu renteng panjang.

 

 

FLOORING NAIL GUN

Flooring-Nail-Gun

 

Seperti namanya floor, maka jenis mesin paku tembak ini cocok digunakan untuk kebutuhan memasang lantai pada tangga rumah ataupun lantai rumah kalian. Tapi bukan lantai marmer atau lantai keramik ya guys. Karena biasanya kalo lantai gitu tinggal disemen aja biar nempel.

 

Lantai yang kami maksud disini lantai kayu atau panel-panel kayu yang menempel dilantai. Nah itu yang bisa dipaku sama mesin ini. Jadi hasilnya akan lebih cepat dan juga lebih rapi untuk rumah kalian.

 

 

STAPLE GUN

Staple-Gun

 

Mesin paku tembak selanjutnya yaitu staple gun. Untuk staple gun untuk kebutuhan ringan ya guys. Kebanyakan digunakan untuk kebutuhan fotocopy, pasang jok motor, dan lain-lain.

 

Beberapa tipe kayu yang empuk juga bisa ditembus dengan mesin paku tembak ini guys. Bisa buat framing atau pigura gitu guys.

 

 

PALM NAIL GUN

Palm-Nail-Gun

Bentuknya yang seperti palm sander membuatnya mudah digenggam sehingga mudah untuk dioperasikan dengan satu tangan. Dan kegunaan dari mesin paku tembak ini sangat cocok untuk digunakan pada sisi-sisi atau sudut, tepian kayu, langit-langit dan lain-lain.

 

Dan ukuran paku yang bisa dipasangkan pada mesin ini yaitu ukuran 1 – 3.5 inch atau setara dengan 7 – 8 cm. Jadi cukup dalem juga kalo mau nancepin paku dengan mesin ini. Kecil-kecil kekuatannya mantap.

 

 

SIDING NAIL GUN

Siding-Nail-Gun

Jika dilihat dari bentuknya, mesin paku tembak ini memiliki bentuk yang serupa dengan roofing nail gun. Sama-sama punya wadah paku yang cukup besar dan bulat. Tapi sebenarnya berbeda dari segi ukuran guys. Untuk siding nail gun ini ukurannya lebih kecil ya guys.

 

Karena lebih kecil ukurannya, jadi mesin paku tembak ini hanya cocok digunakan untuk jenis kayu yang tidak keras. Jadi lebih kearah kayu yang lunak atau medium untuk dipaku.

 

 

Naahhh jadi itu tadi ya guys jenis mesin paku tembak dan kegunaannya yang perlu kalian ketahui. Semoga kedepannya kalian ga salah beli mesin paku tembak untuk kebutuhan kalian ya guys. Jadi intinya tidak semua jenis paku tembak itu memiliki fungsi yang sama.

 

Kalian kudu ngerti masing-masing karakteristiknya, ukuran paku dan juga yang terpenting yaitu kegunaannya. Dan bagi kalian yang pengen cari mesin paku tembak yang berkualitas dan asli tentunya, langsung aja lihat katalog mesin paku tembak kami dibawah ini :

>> KATALOG MESIN PAKU TEMBAK <<

 

Yaw dah kalo gitu.. cukup sekian ya artikel kami kali ini, semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!


2 responses to “JENIS MESIN PAKU TEMBAK DAN KEGUNAANNYA”

  1. Artikel nya keren banget ; informatif khususnya bagi yang baru mau menggeluti /hobies pertukangan. trima kasih kebetulan lagi nyari mesin paku tembak electrik, keperluanya sih killing time aja daripada bengong masuk masa pensiun. mungkin ada saran merk mesin untuk jenis ” ELECTRIC FINISHING / BRAD NAIL GUN ”
    Trima kasih.

    • Kalo merk kami kurang bisa memberi saran pak

      kami sarankan mungkin merk yang jelas service centernya dan lengkap di Indonesia
      karena tanpa service center bapak akan kesulitan saat ada kerusakan mesin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *