JENIS SEPATU SAFETY DAN KEGUNAANNYA

By | May 5, 2020

Halo sobat tehniq setanah air, khususnya yang bekerja di tempat-tempat yang extreme nih. Jadi kali ini kami mau berbagai informasi tentang jenis sepatu safety dan kegunaannya. Karena produsen sepatu safety itu menciptakan beberapa jenis sepatu safety lho.

 

Dan karena menciptakan beberapa jenis sepatu safety yang berbeda. Tentunya bukan tanpa sebuah alasan dong mereka membuatnya. Pastinya masing-masing jenis sepatu tersebut memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing dong.

 

Naahh makanya di artikel kami kali ini, kami ingin membedah itu semua. Maksud dan tujuan kami membuat artikel ini juga tak lain tak bukan agar kalian dapat memilih dan membeli sepatu safety dengan benar. Tentunya jenis sepatu yang kalian beli nantinya sesuai dengan kebutuhan kalian di Lapangan.

 

Karena bahaya banget kalo kalian sampai salah membeli jenis sepatu safety. Apalagi buat kalian yang bekerja di tempat kerja yang rawan kecelakaan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat mengurangi atau bahkan meniadakan jumlah kecelakaan kerja akibat salahnya orang tersebut memilih jenis sepatu safety untuk dirinya.

 

Oke langsung aja ya kita akan bahas satu persatu masing-masing jenis sepatu safety dan kegunaannya pada poin-poin dibawah ini.

 

 

JENIS SEPATU SAFETY DAN KEGUNAANNYA

Oke jadi langsung aja ya bakalan gw jelasin apa-apa aja jenis sepatu safety dan kegunaannya. Dan perlu kalian ketahui, masing-masing jenis sepatu safety ini kami sebutkan dalam bahasa inggrisnya ya. Karena dalam bahasa Indonesia belum ada sebutan yang pasti dari beberapa jenis sepatu safety yang akan kami sebutkan dibawah ini.

 

1. SAFETY-TOED SHOES

Jenis-Sepatu-Safety-Safety-toed-Shoes

 

Jenis sepatu safety yang pertama yaitu safety-toed shoes yang artinya sepatu safety dengan pelindung dibagian lidahnya atau bagian depannya. Pelindung tersebut terbuat dari besi baja yang sangat keras sehingga dapat melindungi kaki terutama jari kaki kalian dari hantaman benda keras.

 

Jadi bagian tersebut dapat melindungi kalian dari :

  • Kejatuhan benda keras
  • Menendang benda keras
  • Terjepit benda dibagian tersebut

 

Nah tentunya untuk penggunaannya di Lapangan bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian masing-masing ya. Apakah kalian memerlukan sepatu dengan pelindung dibagian depan atau tidak, karena kalian yang mengetahui kebutuhan kalian sendiri di Lapangan.

 

2. STEEL INSOLE SHOES

Jenis-Sepatu-Safety-Steel-Insole-Shoes

 

Jenis sepatu safety yang kedua yaitu steel insole shoes yang artinya sepatu dengan perlindungan besi baja di bagian sol kakinya. Karena terbuat dari besi baja, bagian bawah atau bagian sol sepatunya dapat melindungi kaki kalian dari benda tajam yang kalian injak.

 

Sepatu ini cocok digunakan oleh kalian yang bekerja di bidang konstruksi dan yang berhubungan dengan benda-benda tajam lainnya. Biasanya selain dilengkapi dengan pelindung di bagian solnya, sepatu jenis ini juga dilengkapi dengan besi di bagian lidahnya.

 

Sama seperti jenis sepatu safety yang pertama. Jadi kegunaannya bisa jadi lebih beraneka ragam, dan tentunya dari sisi harga juga beda ya. Hehehe

 

3. METATARSAL SHOES

Jenis-Sepatu-Safety-Metatarsal-Shoes

 

Jenis sepatu safety dan kegunaannya yang ketiga yaitu metatarsal shoes. Sepatu ini memiliki pelindung dibagian atasnya yang terbuat dari kulit tebal dan ada sebagian produsen sepatu yang membuat bahan khusus. Apapun bahannya yang terpenting adalah bisa melindungi bagian atas kaki kalian.

 

Kegunaannya sendiri bisa digunakan untuk kalian yang bekerja di bidang lifting, konstruksi dan juga logging. Atau apapun pekerjaannya yang beresiko membuat kaki kalian terjepit. Maka sepatu ini adalah sepatu yang cocok untuk kebutuhan anda.

 

Selain itu sepatu ini juga bisa digunakan buat kalian para welder ya. Karena bagian pelindung atasnya dapat melindungi kaki dan sepatu kalian dari cipratan api langsung. Selain dapat melubangi kaki, cipratan api juga perlahan dapat melubangi sepatu. Jadi kalo pelindungnya terbuat dari kulit insyaa Allah aman kalo kena cipratan api las.

 

Dan sama seperti sepatu jenis sebelumnya, biasanya sepatu jenis metatarsal ini juga dilengkapi dengan besi baja dibagian lidahnya, sehingga bisa melindungi bagian depan kaki kalian. Atau lebih tepatnya jari kaki kalian.

 

Tetapi tidak semua jenis sepatu ini memiliki pelindung baja di bagian dalam sol sepatunya. Jadi tergantung dari produsen sepatunya ya guys.

 

4. ELECTRIC HAZARD SHOES

Jenis-Sepatu-Safety-Electric-hazard-shoes

 

Jenis sepatu safety yang keempat dan yang terakhir yaitu electric hazard shoes. Sepatu ini dapat melindungi si penggunanya dari tersengat aliran listrik dari kabel yang diinjaknya.  Hal ini disebabkan karena seluruh bagian dari sepatu ini dibuat menggunakan bahan yang merupakan isolator dari listrik.

 

Jadi saat bersentuhan langsung dengan listrik, kaki kalian tidak akan langsung tersengat karena ditolak oleh sepatu ini. Tentunya bukan cuma sepatu ya, si pengguna biasanya juga menggunakan baju anti listrik dan sarung tangan anti listrik.

 

Karena sama aja boong kalo yang dilindungi cuma kakinya aja. Lha kalo yang kena listrik tangannya ya ujung-ujungnya nyetrum juga. Hehehe. Jadi emang standard pemakaiannya digunakan bersamaan dengan baju dan sarung tangan khusus yang juga merupakan isolator listrik.

 

Dan untuk penggunaannya sendiri ya udah jelas ya. Sangat cocok digunakan oleh orang-orang lapangan yang langsung berhadapan dengan listrik, seperti contohnya bagian pemelihara kelistrikan gedung. Dan terutama orang-orang yang kerja di pemeliharaan gardu listrik ya.

 

Okee jadi itu tadi ya beberapa jenis sepatu safety dan kegunaannya yang perlu kalian ketahui bersama. Belilah sepatu yang sesuai dengan kebutuhan anda ya guys. Agak mahal gpp, yang penting aman buat kalian.

 

Dan tenang aja guys, walaupun harganya mahal. Sepatu safety dibuat dengan bahan-bahan yang durable. Yang artinya tahan lama dan tahan banting. Jadi insyaa Allah awet untuk kalian pakai kok. Walaupun mahal yang penting awet, itu aja intinya.

 

Yaw dah kalo gitu, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya. Kami pamit undur diri dulu nih biar kaya di tipi tipi. Hehehe.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *