KEGUNAAN DAN CARA KERJA SCROLL SAW

By | March 13, 2019

Halo guys..!! kali ini kami punya bahasan baru nih. Apa sih bahasan kami kali ini pada artikel kali ini? Jadi pada artikel kami kali ini, kami mau bahas Kegunaan dan cara kerja scroll saw nih guys.. Kenapa sih kita mau bahas ini? karena memang scroll saw saat ini sudah mulai banyak dibicarakan di kalangan wood worker atau pengrajin kayu. Jadi biar artikel ini bisa jadi artikel yang bermanfaat, maka kami coba angkat bahasan tentang Kegunaan dan cara kerja scroll saw ini buat kalian. Bagi kalian yang mungkin baru memulai belajar tentang wood working, kalian bisa pelajari dulu satu persatu tentang peralatan yang dibutuhkan pada pekerjaan ini.

 

Untuk itu, salah satu alat yang digunakan pada pekerjaan wood working ini yaitu scroll saw ini guys. Kalau kalian mau tau belajar tentang peralatan wood working yang lain, kalian bisa kunjungi artikel kami lainnya tentang wood working ya. Dan kalau kalian mau cari info lain seputar alat teknik, tenang aja guys. Kalian berada di tempat yang tepat, karena blog tehniq ini gudangnya informasi seputar alat teknik lho. Hehhee. Coba kunjungi halaman utama atau homepage blog kami aja nih biar kalian bisa pilih artikel apa yang mau kalian baca hari ini.

HOMEPAGE

Oke, tanpa perlu berlama-lama lagi ya. Ayok kita bahas inti dari artikel ini yaitu Kegunaan dan cara kerja scroll saw.

 

KEGUNAAN DAN CARA KERJA SCROLL SAW

Jadi scroll saw itu apa sih guys? Scroll saw adalah sebuah alat yang dibuat sebagai inovasi untuk para wood worker agar dapat membuat kerajinan kayu dalam bentuk lebih nyata seperti 2D ataupun 3D. Tetapi untuk pembuatan atau pengerjaan kayu dalam bentuk 3D biasanya hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang memang sudah ahli dalam membuat bentuk 3D. Sehingga mereka dapat membayangkan dan mengimplementasikannya pada wujud kayu yang akan dibentuknya dengan scroll saw tersebut. Oia, udah pada tau belum bentuk dari scroll saw ini? Kalian bisa liat pada gambar dibawah ini ya.

Kegunaan-dan-Cara-Kerja-Scroll-Saw

 

Setelah kalian lihat gambar diatas tentunya sekarang kalian udah tau ya bentuk dari scroll saw ini kaya gimana. Jadi scroll saw ini memiliki seperti bentuk tuas dibagian atasnya yang dapat bergerak keatas dan kebawah. Saat tuas tersebut bekerja keatas dan kebawah fungsinya menjadi seperti jigsaw yaitu menggergaji kayu. Perbedaannya adalah mata pisau gergaji dari scroll saw yang lebih kecil dan ramping ini nih.

 

Dengan mata pisau gergaji yang lebih kecil dan ramping, scroll dapat menggergaji kayu dengan sudut kecil ataupun dengan bentuk lekukan. Dan perbedaannya lagi dengan jigsaw adalah cara kerja dari scroll saw ini nih. Kalo jigsaw itu mesinnya yang bergerak untuk menggergaji kayu, sedangkan posisi kayu diam. Tetapi kalo scroll saw beda, saat mesin bergerak untuk menggergaji kayu, kayu tersebut yang bergerak dengan bantuan dari tangan anda. Jadi cara kerjanya sendiri dapat disamakan dengan menjahit dengan mesin jahit. Jadi kayu tersebut dapat kalian gerakkan kekanan kiri, melengkung ataupun bersudut tergantung bentuk yang kalian inginkan. Dan untuk lebih mudahnya, kalian dapat menggambar pola bentuk dari kayu yang akan kalian gergaji sebelum kayu tersebut anda bentuk. Fungsinya adalah agar kalian dapat dengan mudah mengikuti pola tersebut saat menggunakan scroll saw, sehingga hasil yang anda dapatkan nantinya lebih sempurna sesuai dengan gambar yang anda inginkan.

KEGUNAAN / PENGGUNAAN SCROLL SAW

Gimana nih guys? Udah pada paham belum tentang kegunaan dan cara kerja scroll saw ini?. Semoga kalian udah pada paham ya, karena kalo kalian bisa pake alat ini tentunya asik banget guys. Kalian bisa berkreasi dengan kayu yang notabene ukiran kayu itu lebih bagus dan mahal harganya. Tapi kalian udah pada tau belum kegunaan / penggunaan scroll saw ini biasa digunakan untuk apa saja? Kalo belum tau, berikut ini akan kami coba sebutkan beberapa hal yang bisa kalian lakukan dengan menggunakan scroll saw ini :

  • Biji Catur
  • Ukiran Dinding
  • Nomor Rumah / Nomor Lain.
  • Bentuk Alphabet.
  • Kerajinan Patung
  • Dll

Kegunaan-dan-Cara-Kerja-Scroll-Saw-Hasil-1

Kegunaan-dan-Cara-Kerja-Scroll-Saw-Hasil-2

Kegunaan-dan-Cara-Kerja-Scroll-Saw-Hasil-3

 

Jadi gimana nih guys?? bagus dan keren ga hasilnya?? Keren dong ya.. Tertarik mau beli? Jangan lupa kunjungi website tehniq.com lho kalo mau cari barang scroll saw ini. Karena kami adalah toko online yang sudah bekerja sama dengan banyak distributor dan supplier merk-merk ternama. Sehingga barang yang kami jual dapat kami jamin keasliannya.

 

Kalian ga perlu bingung after salesnya saat membeli di tehniq.com. Kalian ga bakal kecewa pokoknya, karena tehniq.com bakalan jadi website e-commerce nomor 1 yang menyediakan barang-barang teknik terlengkap dengan jaminan keaslian barang.

2 thoughts on “KEGUNAAN DAN CARA KERJA SCROLL SAW

  1. Pingback: JENIS SCROLL SAW DAN MATA PISAU GERGAJINYA - Blog Tehniq.com

  2. Nikmat

    Kesulitannya yang saya alami…. susahnya mencari penjepit spiral blade

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *