CARA MEMOTONG KUNINGAN TEMBAGA DENGAN RAPI DAN MUDAH

By | June 11, 2019

Halo Sobat tehniq setanah air Indonesia tercinta.. balik lagi nih di blog tehniq.com yang oke punya. Pada artikel ini kami mau coba bahas tentang cara memotong kuningan tembaga dengan rapi dan mudah nih guys.

 

Kalian tau ga sih kalo tembaga itu memiliki sifat yang halus dan lunak? hal ini membuat orang-orang suka memotong tembaga dengan sembarangan, sehingga hasil yang didapat juga tidak terlalu rapi.

 

Sebenarnya ada lho cara yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan hasil potongan kuningan atau tembaga ini dengan rapi dan mudah.

Jadi ceritanya kami pengen share di artikel ini tentang cara memotong kuningan tembaga dengan rapi dan mudah. Agar apa yang kalian lakukan nantinya lebih benar dan lebih sesuai dengan aturan.

 

CARA MEMOTONG KUNINGAN TEMBAGA DENGAN RAPI DAN MUDAH

Tapi sebelum kami menjelaskan tentang cara memotong kuningan tembaga dengan rapi dan mudah versi blog tehniq.com. Terlebih dahulu kami akan menjelaskan sedikit saja tentang sifat tembaga itu sendiri.

 

Itung-itung buat tambah pengetahuan gitu guys. Hehehe..

Cara-Memotong-Kuningan-Tembaga-dengan-Rapi-dan-Mudah

 

Jadi menurut mbah wikipedia. Tembaga adalah salah satu unsur kimia dengan lambang Cu yang memiliki sifat empuk dan halus. Tembaga ini termasuk konduktor listrik dan panas yang sangat baik sehingga sering dibuat menjadi kawat kabel listrik.

Gimana nih? udah pada paham ya guys tembaga itu apa. Kalo mau tau penjelasan lebih lengkapnya kalian bisa klik wikipedia diatas untuk mengetahui artikel lengkapnya.

 

Oke balik lagi pada pembahasan cara memotong kuning tembaga dengan rapi dan mudah.

Jadi untuk memotong tembaga atau kuningan ini dibutuhkan alat khusus untuk mendapatkan hasil potongan yang halus dan rapi.

 

Kalian kudu punya tuh biar kerjaan kalian makin mudah dan rapi. Terus customer kalian tentunya puas dengan hasil kerja kalian nantinya. Mantap kan.. Hohoho

 

Untuk tembaga sendiri ada beberapa macam ya guys. Masing-masing macam tembaga tersebut cara memotongnya menggunakan alat yang berbeda-beda juga. Jadi kami akan jelaskan cara memotong kuningan tembaga dengan rapi dan mudah sesuai dengan masing-masing model atau jenisnya.

 

CARA MEMOTONG PIPA KUNINGAN TEMBAGA

Cara memotong pipa kuningan tembaga agar kalian mendapatkan hasil yang rapi dan tentunya sangat mudah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan tube cutter.

Alat-Untuk-Memotong-Pipa-Kuningan-Tembaga

 

Alat diatas adalah alat yang dapat digunakan untuk memotong pipa jenis apapun dengan rapi dan halus, baik pipa plastik, besi maupun tembaga. Caranya hanya cukup dengan dijepit sesuai dengan ukuran pipanya. Kemudian putar alatnya hingga pipa terpotong.

Anda dapat memegang pipanya ataupun dapat juga dengan menjepit pipanya dengan pipe clamp ataupun bench vise.

 

Cara-Memotong-Pipa-Kuningan-Tembaga

 

Cara-Memotong-Pipa-Kuningan-Tembaga-Kedua

 

Jadi udah jelas ya guys.. Tinggal jepit dan putar hingga pipanya terbelah jadi dua. Inget ya,, kudu dijepit biar hasil potongannya lurus dan rapi. Tapi kalo kalian ga punya alat tersebut, kalian bisa gunakan hacksaw atau gergaji besi, dan tetap kudu dijepit ya pipanya biar hasil potongannya lurus dan rapi.

 

Penggunaan hacksaw atau gergaji besi ini lebih membutuhkan tenaga ekstra untuk memotong pipa tembaga tersebut. Jadi kami saranin sih kalian kudu beli yang namanya tube cutter.

 

CARA MEMOTONG KAWAT / BATANGAN KUNINGAN TEMBAGA

Cara memotong kuningan tembaga dengan rapi dan mudah untuk jenis kawat atau tembaga batangan yaitu dengan menggunakan tang potong besi dan juga cut off.

 

Jadi kawat batangan kuningan tembaga ini ukurannya bervariasi ya guys. Ada yang seukuran kabel ada yang seukuran tongkat.

Nah kalo untuk memotong kuningan atau tembaga yang seukuran kawat kabel listrik, kalian bisa gunain tang potong besi ya guys.

 

Ukuran tang potong tergantung ukuran kawat yang ingin anda potong ya guys. Jangan sampai ukuran kawatnya kecil tapi kalian pake tang potong segede gaban. Begitu juga sebaliknya, kawatnya gede kalian pake tang potong yang biasa dipake tukang listrik.

Cara-Memotong-Kawat-Batangan-Kuningan-Tembaga-dengan-Rapi-dan-Mudah

 

Bisa kalian lihat ya guys.. Untuk tembaga yang berukuran kecil, kalian bisa pake tang potong kecil. Tapi jika ukuran tembaganya tebal atau agar besar bisa kalian potong dengan menggunakan bolt cutter. Untuk gambar masing-masing alat potong tersebut bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini.

Alat-Untuk-Memotong-Kawat-Batangan-Kuningan-Tembaga

 

Alat-Untuk-Memotong-Kawat-Batangan-Kuningan-Tembaga-Besar

 

Gambar yang pertama adalah tang berukuran kecil ya. Dan yang kedua adalah contoh tang potong yang berukuran besar atau bisa juga disebut dengan bolt cutter.

 

Tapi jika kalian mendapati kawat atau batangan tembaganya lebih tebal lagi. Kira-kira sebesar 12 mm keatas, kalian bisa menggunakan mesin cut off ya guys.

Karena dengan mesin cut off kalian akan mendapatkan hasil potongan yang rapi dan halus. Serta proses pemotongannya pun lebih cepat daripada harus menggunakan gergaji besi.

 

CARA MEMOTONG LEMBARAN KUNINGAN TEMBAGA

Yang terakhir yaitu kami akan membagikan tips cara memotong lembaran atau lempengan kuningan tembaga.

Untuk lembaran atau lempengan tembaga ini ukurannya pun juga bervariasi. Mulai dari yang tipis hingga yang besar.

Cara-Memotong-Lembaran-Kuningan-Tembaga-dengan-Rapi-dan-Mudah

 

Cara-Memotong-Lempengan-Kuningan-Tembaga-dengan-Rapi-dan-Mudah

 

Terus cara memotongnya sendiri kalian harus menggunakan alat yang berbeda juga ya. Untuk lembaran tembaga yang tipis bisa kalian potong dengan menggunakan gunting besi dan juga jigsaw.

Alat-Untuk-Memotong-Lembaran-Lempengan-Kuningan-Tembaga

 

Cara-Memotong-Lembaran-Kuningan-Tembaga-Menggunakan-Jigsaw

 

Jika lembaran atau lempengan tembaga yang anda miliki lebih tebal, kalian bisa menggunakan laser ya guys. Emang cukup mahal sih harga alatnya, tapi kalo emang kalian pekerjaannya dibidang ini ya emang kudu punya juga.

 

Okelah kalo begitu. Semoga kalian semua bisa menggunakan alat-alat yang telah kami sebutkan diatas ya guys. Tentunya diawal kalian agak kesulitasn menggunakannya, tetapi lama kelamaan pasti kalian terbiasa.

Jadi cukup sekian ya artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya guys.

Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *