CARA MENENTUKAN SETTINGAN MESIN LAS DENGAN UKURAN KAWAT LAS

By | August 29, 2018

Saat ini mungkin banyak orang yang belum tau, berapa sih settingan mesin las yang cocok untuk ukuran kawat 2.0 atau 3.2 atau lebih?? Nah pada artikel kami kali ini, kami akan membahas tuntas mengenai cara menentukan settingan mesin las dengan ukuran kawat las anda.

Kami rasa artikel ini perlu kami tulis karena banyak orang yang belum tau settingan pasti pada mesin las mereka untuk mendapatkan hasil pengelasan yang matang dan sempurna dengan kawat las yang mereka gunakan. Tentunya akan merugikan kita dan pihak lain jika kita tidak bisa mengelas dengan hasil yang matang dan sempurna. Apakah nanti hasil pengelasan kita tidak kuat, goyang atau bahkan bisa lepas dari sambungannya?? Banyak hal yang akan terjadi jika anda tidak dapat mengelas dengan hasil las yang matang dan sempurna, dan hal tersebut tentunya dapat merugikan anda dan pihak lain.

Naah.. dengan adanya artikel ini, kami ingin berbagi informasi kepada anda semua para welders Indonesia agar nantinya anda tidak mendapatkan kerugian baik itu kerugian materi dan yang paling riskan adalah kerugian akan hilangnya kepercayaan orang terhadap kita.

TABEL UNTUK MENENTUKAN SETTINGAN MESIN LAS DENGAN UKURAN KAWAT LAS

Jika anda memiliki mesin las dan kawat las dirumah atau dibengkel anda, pastikan anda mengetahui settingan mesin las anda apakah sudah sesuai dengan ukuran kawat las yang anda miliki. Karena jika settingan mesin las anda terlalu rendah, maka yang terjadi hasil las anda nantinya tidak akan matang dan itu akan mempengaruhi kekuatan sambungan las anda. Dan sebaliknya, jka settingan mesin las anda terlalu tinggi, hal tersebut akan melelehkan plat besi atau objek las anda dan juga membuat kawat las anda membara berwarna merah. Tentunya jika sampai hal itu terjadi, anda akan disalahkan karena telah merusak objek las klien anda. Untuk mengetahui settingan mesin las dengan ukuran kawat las anda, silahkan lihat tabel dibawah ini dan jangan lupa untuk mengingatnya selalu.

CARA MENENTUKAN SETTINGAN MESIN LAS DENGAN UKURAN KAWAT LAS

Setelah anda tau cara menentukan settingan mesin las dengan ukuran kawat las anda, tentunya anda dapat menjadi welder yang percaya diri dan tentunya memiliki nilai tinggi karena pengalaman mengelas yang anda miliki. Kami berharap dengan adanya artikel ini, anda sudah dapat menjadi welder yang handal dan berpengalaman, sehingga kedepannya klien-klien anda akan terus bertambah dan kepercayaan mereka kepada anda semakin tinggi dan terus tinggi.

Dan jika anda membutuhkan mesin las handal untuk membantu pekerjaan anda di rumah atau di bengkel anda, silahkan kunjungi katalog produk mesin las kami dengan merk yang tentunya tidak asing lagi di telinga anda akan kekuatan dan kualitasnya.

http://tehniq.com/welding.html

Salam Sukses,

4 thoughts on “CARA MENENTUKAN SETTINGAN MESIN LAS DENGAN UKURAN KAWAT LAS

  1. Pingback: MENGENAL HASIL LAS YANG BENAR DAN SALAH - Blog Tehniq.com

  2. Koko

    Apakah settingan ampere & kawat las sama utk semua mesin las ? Mesin yg saya pakai edon dry-120 MMA. Trus gimn dengan settingan yg ada di kotak kawat las ? Biasanya suka ada petunjuknya. Trimakasih

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima Kasih pak Koko telah mengunjungi blog kami,

      Untuk settingan ampere pada mesin las di mesinnya berbeda-beda pak, tergantung dari produsennya / merknya.
      settingan yang kami lampirkan pada artikel ini adalah settingan keluaran ampere pada mesin las pak.
      Jika bapak memiliki tang meter / clamp meter, settingan ampere yang keluar akan dapat anda cocokkan dengan kawat las bapak.

      Normalnya settingan paling kecil untuk kawat las 2.0 itu bapak bisa setting di bar ke 4 sampai ke 5
      settingan edon

      dan ukuran kawat las seterusnya bisa bapak settingan naik 2 bar lagi
      Jadi untuk ukuran kawat las 3.2 bapak bisa setting di bar ke 6 sampai ke 7
      Dan untuk ukuran kawat las 4.0 bapak bisa setting di maksimal bar atau kurang dari itu sedikit

      semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  3. Pingback: Hal yang Perlu Dipelajari saat Belajar Mengelas - Blog Tehniq.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *