CIRI MESIN KETAM SERUT KAYU YANG BAGUS

By | May 26, 2020

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya. Kami segenap kru tehniq.com mengucapkan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin ya.. Mulai dari nol ya.. Heheheh.. Udah hampir seminggu nih gw libur bikin artikel, maklum liburan ama keluarga. Nah artikel perdana setelah liburan ini yaitu kami akan memberikan ciri mesin ketam serut kayu yang bagus atau yang berkualitas.

 

Jadi bagi kalian yang sedang ada kebutuhan atau sedang ingin membeli mesin ketam atau mesin serut kayu. Ada baiknya kalian memperhatikan beberapa ciri mesin ketam serut kayu yang bagus yang akan kami sampaikan disini.

 

Karena dengan mengetahui beberapa ciri mesin ketam serut kayu yang bagus, tentunya kalian akan lebih mudah untuk membandingkan beberapa merk mesin ketam. Baik dari segi harga dan juga dari ciri yang akan kami jelaskan disini.

 

Jadi memang budget atau keuangan adalah faktor utama yang sering menjadi kendala untuk kita saat ingin membeli sesuatu. Tentunya saat uang kita banyak, tinggal beli aja mesin ketam yang bermerk bagus dan harganya tinggi. Sudah pasti kalian akan mendapatkan mesin ketam berkualitas.

 

klTapi disini masalahnya kita perlu mesin ketam yang bagus tetapi sesuai dengan budget yang kita miliki. Naahh.. kalo masalahnya itu kan kita harus tau beberapa hal dan ciri mesin ketam serut kayu yang bagus. Walaupun ga sama persis ya paling nggak mendekati lah ya. Yang pernting sesuai budget kalian.

 

 

CIRI MESIN KETAM SERUT KAYU YANG BAGUS

Oke jadi apa aja nih ciri mesin ketam serut kayu yang bagus ataupun yang berkualitas? Tentunya ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan untuk memilih mesin yang bagus. Selain itu ada beberapa faktor diluar mesin juga yang dapat membedakan mesin bagus dan jelek.

 

Untuk itu kami akan coba merangkumnya pada beberapa poin dibawah ini :

  • Service Center
  • Berat mesin
  • Blower
  • RPM
  • Kabel
  • Variable Setting
  • Handle

 

Oke jadi ada 7 poin yang perlu kalian perhatikan ya untuk mengetahui dan membedakan ciri mesin ketam serut kayu yang bagus. Jadi pastikan kalian menghafalkan ciri-ciri sesuai dengan penjelasan dari ke 7 ciri tersebut yang akan kami jelaskan pada poin-poin dibawah ini.

 

SERVICE CENTER

Hal pertama yang kalian perhatikan yaitu service center ya. Jadi kalo tanya merk, tanya service centernya aja dulu. Jangan langsung ke spesifikasi. Kalo service center ga lengkap ya udah jelas lewatin aja.

 

Sama seperti saat kalian beli HP ya guys. Percuma kalo kalian beli spek tinggi dan harga murah, tapi pas mau service karena rusak atau mau ganti spare part kalian bingung mau kemana. Ujungnya servis di pinggir jalan yang spare partnya juga ga jelas alias ga ori.

 

Dan alhasil ga sampe 3 bulan udah rusak lagi. Sering banget soalnya kena kasus seperti ini.

 

Kalo dilihat dari logika ya kenapa dia bisa murah dan spek tinggi?

  • Biaya iklan tidak ada.
  • Tidak produksi Spare part
  • Tidak memiliki cabang sehingga biaya berkurang
  • Dll.

 

Intinya produsen tidak mengeluarkan banyak biaya sehingga barang yang diproduksi bisa lebih murah. Tapi ya itu tadi, beda harga beda kualitas, dan kurangnya pelayanan service center pastinya akan mempersulit kalian.

 

 

BERAT MESIN

Ciri-Mesin-Ketam-Serut-Kayu-yang-Bagus-berat-mesin

 

Ciri mesin ketam serut kayu yang bagus selanjutnya yaitu berat mesin. Maksud kami disini berat mesin keseluruhan ya, bukan hanya bagian dalam mesinnya. Dengan memiliki berat yang lebih, tentunya tingkat kestabilitasan dan konsistensi saat menyerut akan lebih baik.

 

Dan dengan berat mesin yang lebih berat, kalian juga tidak perlu terlalu memberi tekanan saat menyerut kayu. Jadi tenaga kalian juga tidak akan terlalu terkuras banyak.

 

Faktor berat ini akan mempengaruhi kinerja kalian saat kalian menghadapi proyek besar atau proyek yang cukup padat atau banyak. Tentunya mesin akan nonstop bekerja menyerut dan tangan kalian akan lebih lelah daripada biasanya.

 

Dengan mesin serut yang ringan, tentunya lengan tenaga kalian akan cepat lelah. Berbeda dengan mesin serut atau mesin ketam yang lebih berat tadi.

 

 

BLOWER

Blower-Kuat-dan-kencang

 

Ciri yang ketiga yaitu blower. Blower yang kami maksud disini adalah kipas pendorong angin yang dapat mengeluarkan serbuk gergaji atau serbuk kayu yang telah diserut.

 

Jadi cara kerja mesin ketam kayu ada dengan mengupas bagian luar kayu dengan pisaunya. Kemudian hasil serutan atau kupasan kayu tadi akan terhisap blower dan dikeluarkan keluar. Nah proses ini akan mempengaruhi kinerja mesin dan juga menjaga panas mesin agar tetap stabil.

 

Kotoran kayu atau serbuk kayu yang tidak tersedot blower tentunya akan membuat mesin cepat panas, berasap dan bahkan mati total. Jadi fungsi blower disini sangat penting untuk menjaga kebersihan bagian dalam mesin agar mesin tidak cepat rusak.

 

Dengan memiliki blower yang kekuatan pendorong angin yang kuat, maka mesin ketam dapat kalian ketahui kualitasnya. Mesin ketam yang blower besar dan kuat tentunya lebih bagus ketimbang mesin ketam dengan pendorong yang lemah.

 

 

RPM

Ciri mesin ketam serut kayu yang bagus yang keempat yaitu nilai RPM. Untuk nilai RPM ini sebenarnya tidak terlalu terlihat ya dari sisi kualitas mesinnya. Karena banyak banget mesin ketam yang memiliki nilai RPM tinggi tetapi ternyata kurang bagus.

 

Tetapi disini kami tetap memasukkan nilai RPM sebagai pedoman kalian saat memilih mesin ketam karena memang nilai RPM dapat mempengaruhi kecepatan kerja kalian. Karena nilai RPM akan mempengaruhi kecepatan putar pisau serut.

 

Dan dengan menggabungkan kecepatan serta ketajaman pisau, tentunya pekerjaan kalian akan cepat selesai.

 

 

KABEL

Ciri yang kelima yaitu kabel. Kabel disini yang kami maksud ada 2 hal ya. Yaitu dari kualitas tembaga dan plastik kabel serta panjang kabel. Untuk mengetahui kualitas kabel kalian bisa melihat dibagian body kabelnya atau plastik kabelnya ya guys.

 

Kabel yang bagus tentunya memiliki standard seperti SNI ataupun standard lainnya yang tertulis di body kabel tersebut. Untuk tembaganya sendiri tidak bisa kalian lihat dengan mata telanjang, tapi paling tidak tulisan standarisasi di body kabelnya juga pasti melambangkan tembaga didalamnya.

 

Jadi pastikan kalian membeli mesin ketam dengan kabel yang sudah terstandarisasi. Jangan beli yang polosan, karena cepat leleh karena panas ataupun cepat putus dibagian dalamnya.

 

Kemudian perhatikan juga panjang kabelnya ya. Ini hanya opsional saja, karena seorang pengrajin kayu membutuhkan mesin dengan mobilitas yang lebih flexible. Salah satunya dengan mesin yang memiliki panjang kabel lebih dari 1.5 meter.

 

Karena dengan kabel yang panjang, kalian akan lebih leluasa saat menyerut kayu. Hal tersebut juga bisa membuat kabel kalian awet, karena kalo kabel pendek bisa sering ketarik-tarik saat udah mentok.

 

 

VARIABLE SETTING

Variable-Setting

 

Ciri yang selanjutnya yaitu terdapatnya variable setting yang bervariasi. Biasanya ada 3 variable untuk settingan kedalaman serut. Dan jika dibawah itu tentunya kalian tidak akan memiliki banyak pilihan kedalaman serutan saat bekerja.

 

Variable setting disini merupakan fitur tambahan yang mendukung mesin ketam itu sendiri. Jadi mesin dengan variable setting yang bervariasi tentunya memiliki kualitas yang bagus.

 

 

HANDLE

Ciri mesin ketam serut kayu yang bagus yang terakhir yaitu bagian handlenya. Baik itu handle dengan groip plastik ataupun kualitas plastiknya akan menentukan kualitas dari mesin ketam itu sendiri.

 

Plastik yang tebal dan kasar membuat handle lebih mudah digenggam, sehingga tidak akan mudah selip walaupun anda berkeringat sekalipun. Tentunya pegangan yang licin dan mudah selip akan mengganggu pekerjaan anda ya guys.

 

Apalagi penggunaan mesin ketam yang perlu genggaman kuat saat kita tekan. Jadi sangat penting juga memperhatikan faktor handle ini.

 

 

KESIMPULAN

Oke jadi itu tadi ya ada 7 ciri mesin ketam serut kayu yang bagus yang perlu kalian pertimbangkan saat ingin membeli mesin ketam. Tentunya tidak perlu semua harus ada di mesin ketam yang ingin kalian beli ya. Paling tidak perhatikan beberapa hal yang kalian anggap paling penting dan berguna buat pekerjaan kalian.

 

Karena kebutuhan kerja kalian tentunya yang tau ya kalian masing-masing. Jadi pastikan mesin ketam yang kalian beli itu sesuai dengan kebutuhan kerja kalian. Dan ketujuh ciri tadi merupakan beberapa alternatif pilihan yang kami sarankan, sehingga dapat kalian pertimbangkan.

 

Yaw dah kalo gitu sampe disini ya artikel dari kami, semoga artikel ini dapat menjadi rujukan kalian saat akan membeli mesin ketam untuk kebutuhan kerja kalian. Dan inget untuk selalu jaga kebersihan diri dan juga kesehatan kalian ya. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *