TIPS SEBELUM MEMBELI GENSET GENERATOR LISTRIK

By | April 16, 2019

Halo guys..!! Balik lagi di blog tehniq.com yang oke punya nih. Yak kali ini kami mau bahas tentang tips sebelum membeli genset generator listrik kalian. Jadi sebelum membeli genset listrik, kalian harus memperhatikan beberapa hal-hal yang akan kami paparkan pada artikel ini.

 

Mungkin saat ini kalian sedang ada kebutuhan genset atau generator listrik di kantor ataupun dirumah kalian. Saran kami jangan dulu beli gensetnya, tapi baca dulu artikel-artikel yang memaparkan tips sebelum membeli genset generator listrik.

Karena sayang banget kalo sampeyan sampe salah beli. Disamping harganya yang mahal, dan kalo dijual lagi belum tentu ada yang mau. Karena memang pengguna genset untuk rumahan masih sangat sedikit di Indonesia.

 

TIPS SEBELUM MEMBELI GENSET GENERATOR LISTRIK

Ada beberapa hal yang perlu anda pastikan terlebih dahulu sebelum membeli genset anda. Berikut adalah tips sebelum membeli genset generator listrik dari apa yang telah kami pelajari :

KAPASITAS DAYA LISTRIK

Ketahui terlebih dahulu kebutuhan daya listrik anda. Pastikan anda membeli genset dengan kapasitas daya listrik lebih dari daya listrik rumah atau tempat anda bekerja. Normalnya, kalian bisa mencari kapasitas daya listrik genset 10 – 15% lebih tinggi dari kapasitas daya listrik rumah atau tempat anda bekerja.

Tips-Sebelum-Membeli-Genset-Generator-Listrik-Daya-Listrik-Watt

 

Jadi misalnya listrik dirumah anda 1200 watt, minimal anda harus mencari genset dengan kapasitas daya listrik 1200 + 10% = 1320 Watt

Tapi jika anda ingin lebih aman lagi, pilihlah genset dengan kapasitas daya 15% lebih besar dari daya listrik yang anda butuhkan. Tetapi biasanya sih kapasitas genset itu dibulatkan, jadi kalian bakalan dapetin genset dengan daya listrik lebih dari 15% kalo daya listrik rumah anda dibawah 2000 watt.

 

Udah pada paham ya tentunya untuk masalah penyesuaian daya listrik untuk kebutuhan anda. Tetap pastikan untuk membeli genset dengan daya listrik yang lebih tinggi dari kebutuhan kalian ya, jangan mepet-mepet lah.. Ntar genset kalian bisa cepet rusak guys, karena panas yang berlebih.

 

DINAMO MOTOR PENGGERAK

Untuk hal yang kedua ini, anda perlu lebih jeli dalam melihat material yang terdapat pada kumparan dinamo motor penggeraknya dan juga ukuran dari dinamo itu sendiri.

Pastikan dinamo penggeraknya terbuat dari material tembaga 100%. Jika ragu, kalian bisa langsung tanya penjualnya. Atau jika ingin lebih yakin lagi, carilah merk genset yang memang sudah banyak dikenal diseluruh dunia. Sehingga kualitas dinamonya sudah pasti bagus dan terbuat dari material tembaga asli 100%.

Tips-Sebelum-Membeli-Genset-Generator-Listrik-Dinamo

 

Hal kedua yang masih membahas tentang dinamo ini. Lihatlah ukuran dinamo motor dan juga mesinnya. Genset yang bagus biasanya memiliki dinamo dan juga mesin yang lebih besar. Sehingga tenaga dan daya tahan mesin tersebut juga sudah pasti bagus.

Genset yang bagus biasanya terlihat lebih padat isinya dan juga kokoh di bagian mesin dan juga rangkanya. Jadi gak ringkih badannya, kaya badan mimin yang udah mulai sakit-sakitan. T_T

 

 

TIPE GENSET

Pastikan kalian membeli tipe genset yang sesuai dengan keadaan di lapangan.

Perlu kalian ketahui bahwa tipe genset itu ada 2 yaitu :

  • Super Silent Genset
  • Gasoline Genset

Tips-Sebelum-Membeli-Genset-Generator-Listrik-Tipe-Genset

Gasoline genset memiliki ciri mengeluarkan suara yang bising, sehingga tidak cocok dilingkungan rumah, rumah sakit ataupun tempat-tempat lain yang tidak memiliki toleransi suara yang bising.

 

Jadi intinya pilihlah tipe genset yang sesuai dengan kondisi lingkungan anda saat ini. Agar nantinya kalian tidak diprotes orang-orang disekitar anda karena suara genset anda yang mengganggu ketenangan mereka.

 

 

AFTER SALES

Ini nih hal yang paling penting dalam membeli genset. Belilah genset dengan after sales yang jelas.

Apa itu after sales? After sales itu pelayanan yang diberikan distributor atau produsen produk tersebut setelah anda beli. Hal ini terkait dengan ketersediaan sparepart. Lokasi service center yang jelas dan juga tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

 

Kenapa sih after sales itu penting?

After sales itu sangat penting guys. Karena layaknya mesin pada umumnya. Mesin pasti memiliki umur dan juga sparepart yang perlu rutin diganti. Jadi jika produk yang anda beli after salesnya tidak jelas, terus nanti kalian mau service genset kalian dimana dan kemana?

 

Mungkin kalo kalian ahli dibidang elektrik dan mesin masih bisa dikit-dikit benerin genset kalian sendiri ya. Tapi pasti kebanyakan orang itu menggunakan genset untuk kepentingan perusahaan dan individu. Jadi keterampilan yang dimiliki serta waktu yang dimiliki tidak memadai untuk mereparasi genset mereka sendiri dirumah.

 

Untuk itu selalu pastikan after sales genset anda jelas. Jadi kalian nanti gak akan bingung sendiri kalo genset kalian mengalami kerusakan ya.

 

 

PENUTUP

Jadi ada 4 hal ya yang perlu kalian perhatikan. Jangan sampe lalai dan jangan sampai lolos tuh keempat-empatnya.

Dan bagi kalian yang sedang ada kebutuhan genset yang berkualitas dengan after sales yang jelas. Kalian bisa lihat-lihat katalog genset kami dibawah ini :

KATALOG GENSET
Tips-Sebelum-Membeli-Genset-Generator-Listrik-Katalog

 

 

Oke deh kalo gitu, cukup sekian artikel kami kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua yang sedang membutuhkan tips sebelum membeli genset generator listrik.

 

Dan bagi kalian yang sedang mencari-cari informasi spesifikasi dan juga kinerja dari power tools dan alat teknik lainnya. Kalian bisa liat performa mesin yang kami tes di channel youtube kami disini >> CHANNEL YOUTUBE <<

Dijamin, semua video yang kami buat adalah video tanpa rekayasa dan juga menggunakan alat-alat pengukur yang akurat. Sehingga hasil-hasil pengetesan yang kami lakukan terangkum semua pada video tersebut secara detail dengan data yang otentik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *