Thumbnail-Cara-Mengelas-yang-benar

CARA MENGELAS YANG BENAR

By: Yudha Yudha
07 Oct 2019

Halo sobat tehniq tercinta, kali ini gw mau kasih kalian tutorial nih. Dan khususnya tutorial ini adalah tutorial buat para welder. Yak pada artikel kami kali ini kami akan membagikan cara mengelas yang benar ( tutorial ) untuk melakukan pengelasan menggunakan mesin las MMA yang kebanyakan bisa kalian beli dengan harga terjangkau.

 

Kenapa sih kami bikin artikel ini? ya tentunya buat membantu para welder baru atau welder pemula yang emang serius ingin belajar dan masuk di bidang pengelasan ini. Karena tentunya dengan kami memberikan informasi ini, maka secara tidak langsung kami juga ikut membangun Indonesia jadi lebih maju. Kami berharap apa yang kami sampaikan ini dapat membantu para welder setingkat lebih jago dan profesional, sehingga mereka menjadi lebih berkompeten untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

 

Bahasa gw berat banget nih guys.. lagi menggebu-gebu nih nasionalisme gw.. Hohoho

Oke langsung aja kita bahas ya guys, biar gw ga semakin lama merancu disini.

 

TUTORIAL CARA MENGELAS YANG BENAR

Pada artikel ini kami akan membagikan tutorial cara mengelas yang benar berdasarkan jenis mesin las aja ya guys. Biar kalian bisa baca artikel ini dengan mudah dan tentunya agar artikel ini jadi lebih mudah dipahami juga.

 

Dan pesan kami, fokuslah belajar satu jenis mesin las dulu sebelum beranjak ke jenis mesin las yang lain. Hal ini kami maksudkan agar skill kalian pada satu jenis mesin las tersebut terasah dulu sepenuhnya. Atau bahasa gampangnya bisa kalian nglotok dulu pake mesin las satu itu.

Nah kalo udah nglotok, boleh tuh kalian pindah untuk mempelajari cara mengelas yang benar pada jenis mesin las yang lain. Tapi, tetap latihan sama mesin las sebelumnya ya guys, biar kemampuan kalian ga ilang gitu aja.

 

Okee mari kita mulai pada pembahasan yaitu tutorial cara mengelas yang benar menggunakan mesin las MMA

 

CARA MENGELAS DENGAN MESIN LAS MMA

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan adalah peralatan yang kalian butuhkan nih. Pada mesin las MMA, kita membutuhkan peralatan yang khusus karena mesin las ini menggunakan kawat las elektroda guys. Berikut adalah daftar alat yang perlu kalian gunakan :

  • Tang las ( Elektrode Holder )
  • Tang Masa ( Earth Clamp )
  • Kawat Las ( Elektroda )

Berikut adalah gambarnya :

Peralatan-Mengelas-Mesin-Las-MMA

 

PERSIAPAN

Tang las ( elektrode holder ) kalian pasangkan pada arus listrik yang bertanda (+), sedangkan tang masa ( earth clamp ) pasangkan pada lubang yang bertanda (-).

Langsung kita masuk pada proses pengelasannya nih guys. Mesin las MMA adalah mesin las yang bisa menghasilkan ampere besar sehingga dapat melubangi besi yang tipis. Untuk itu penggunaan besi minimal harus 2 mm. Dibawah itu tidak kami sarankan karena yang ada besi akan berlubang.

Atau jika pada besi hollow yang berukuran 1.8 mm bisa kalian las dengan pengelasan totol-totol agar besi tidak sampai berlubang karena meleleh kepanasan.

 

Oke balik lagi ke penjelasan. Untuk awal mula proses pengelasan, kalian bisa menjepit bagian belakang kawat las yang tidak memiliki pembungkus

Bagian-Ujung-Kawat-Las-Mesin-Las-MMA

 

PENGELASAN

Setelah sudah menjepit tang las, jepit lah tang masa pada besi yang ingin anda las yang dimaksudkan sebagai penghantar listrik mesin las tersebut. Jika sudah melakukan hal tersebut kalian seharusnya sudah bisa mulai mengelas ya guys dengan mendekatkan ujung kawat las kira-kira 1 – 5 mm dari permukaan besi yang akan di las.

Ingat..!!  jangan menempelkan kawat las pada besi karena api tidak akan keluar dan kawat las malah menempel pada besi tersebut.

 

Poin yang kedua yang perlu kalian pada saat mengelas yaitu jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lambat dalam menggerakkan kawat las saat anda mulai mengelas. Gerakan yang terlalu cepat dapat berakibat hasil lasan tidak sempurna karena kerak las tidak dapat menyerap ( penetrasi ) pada besi.

Sebaliknya jika terlalu lambat maka kerak las akan bergumpal dan membuat hasil lasan menjadi berlebihan.

 

CATATAN PENTING

Sebagai informasi atau catatan penting buat kalian yaitu mengenai settingan dan ukuran kawat las yang perlu anda gunakan untuk ukuran besi yang akan kalian las. Perhatikan hal ini agar anda tidak salah dalam melakukan pengelasan.

  • Kawat Las ukuran 2.0 mm — gunakan settingan 40 – 50 ampere — ketebalan besi 2 – 4 mm.
  • Kawat Las ukuran 2.6 mm — gunakan settingan 50 – 80 ampere — ketebalan besi 4 – 6 mm
  • Kawat Las ukuran 3.2 mm — gunakan settingan 80 – 120 ampere — ketebalan besi 6 – 8 mm.
  • Kawat Las ukuran 4.0 mm — gunakan settingan 120 – 160 ampere — ketebalan besi 8 – 10 mm.

 

ketiga hal dari masing-masing poin tersebut sangat berpengaruh pada hasil lasan kalian ya guys. Jadi catet baik-baik tuh.. Kalo ga sempet nyatet kalian bisa mengingatnya dan terus mempraktekkannya agar tidak lupa.

 

Akibatnya apa sih kalo sampe keempat poin diatas ga kalian perhatikan?? jawabannya ya kalian bakal mengalami kegagalan. Hehehe

Maksudnya hasil lasan kalian bakalan hancur. Contoh, jika kalian pake kawat las ukuran besar ( 4 mm ), dan settingan kalian udah bener. Tapi besi yang kalian las ukurannya 2 – 4 mm. Ya hasilnya bisa lubang-lubang lah guys, karena api yang dikeluarkan terlalu panas.

Dan sebaliknya, jika kawat las kalian terlalu kecil, tetapi besi yang akan kalian las itu tebal ya sambungan las kalian ga akan kuat. Paling hasil lasan kalian ditendang bruce lee langsung pada copot, hancur berkeping-keping. Hehehe

 

PENUTUP

Kalo sekarang kalian udah mulai paham tentang cara mengelas yang benar dengan menggunakan mesin las MMA, saran kami jangan pernah meremehkan sesuatu. Terus latihan dan terus latihan, karena dengan latihan kemampuan kita akan terus terasah dan teraplikasikan sehingga saat kalian berada di lingkungan kerja sebenarnya.

Skill dan kebiasaan anda lah yang berbicara.

 

Oke sekian dari kami, semoga artikel ini dapat bermanfaat terus buat kalian. Jangan lupa buat terus pantengin channel youtube kami yang berisi tentang konten informasi dan fakta seputar mesin las dan alat-alat teknik lainnya.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

Terus dukung kami dengan subscribe channel kami dan share video-video kami agar lebih bermanfaat buat seluruh masyarakat Indonesia.. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *