CARA MELIHAT PENETRASI HASIL LASAN

By | February 21, 2020

Yo.. yo ..yoo whats up my brother sobat tehniq.com yang oke punya kaya gw.. Hohoho.. Jadi bagi kalian para welder yang penasaran pengen lihat hasil lasan kalian bagus atau gak. Berikut ini akan kami beberkan cara melihat penetrasi hasil lasan kalian sendiri.

 

Cara ini bisa kalian gunakan sembari kalian berlatih mengelas sendiri dirumah. Nanti dari hasil lasan kalian itu bisa kalian tentukan apakah teknik yang kalian lakukan saat itu sudah cukup efektif atau belum dalam mendapatkan hasil lasan yang bagus.

 

Jadi kalian bisa melihatnya dari sisi :

  • Ketebalan hasil lasan.
  • Sudut Pengelasan.
  • Kecepatan menggeser kawat las kalian saat mengelas.
  • Wire Speed atau kecepatan gulungan kawat otomatis.
  • Tekanan gas CO
  • Settingan Amp
  • Dll

 

Dari ketujuh faktor tersebut nantinya bisa kalian lihat tuh hasil lasan kalian yang paling bagus nanti dengan cara yang bagaimana. Jadi jangan lupa dicatat settingan-settingan kalian saat mengelas, agar nantinya kalian dapatkan data akurat untuk mendapatkan hasil lasan sempurna versi kalian sendiri.

 

 

CARA MELIHAT PENETRASI HASIL LASAN

Tentunya settingan mesin las masing-masing merk itu berbeda-beda ya untuk hasil lasannya. Karena emang semua itu tergantung dari pabrik di merk itu sendiri gimana mereka membuat mesin las tersebut hingga memiliki nilai jual tinggi.

 

Jadi pastinya mereka melakukan sesuatu yang berbeda pada produknya dan hal ini yang membuat masing-masing settingan mesin las itu berbeda ( biasanya ).

 

Nah untuk itu perlu adalah cara untuk mengetahui hasil lasan kalian bagus atau tidaknya. Agar nantinya dapat kalian sesuaikan dengan teknik dan settingan mesin las kalian hingga mendapatkan hasil lasan yang bagus.

 

Salah satu faktor yang menentukan hasil lasan yang bagus yaitu penetrasinya ya guys. Penetrasi yang pas ( tidak terlalu dalam dan tidak terlalu masuk ) tentunya mempengaruhi kekuatan sambungan pengelasan kalian. Dan dengan melihat penetrasi tersebut, kalian juga bisa melihat kualitas hasil lasan kalian.

 

Apakah ada pori-pori dibagian dalamnya, ataukah penetrasi yang tidak stabil. Semua hal tersebut dapat kalian lihat dengan cara melihat penetrasi dari hasil lasan kalian.

 

 

TAHAPAN MELIHAT PENETRASI HASIL LASAN

Dan untuk melihat penetrasi hasil lasan tersebut, ternyata ga sembarangan lho caranya. Untuk itu pada artikel ini akan kami rangkum menjadi tutorial atau cara melihat penetrasi hasil lasan kalian sendiri. Ada beberapa tahapan yang perlu kalian lakukan untuk dapat melihat penetrasi hasil lasan kalian.

 

Karena kalo kalian potong hasil lasan pake gerinda, kalian ga akan bisa melihat penetrasinya. Karena terak las dengan besi setelah kalian las itu nyambung dengan warna yang sama. Jadi kalo dilihat langsung ya warnanya sama dan ga kelihatan mana teraknya dan mana besinya.

 

Jadi langsung aja nih ya. Step by stepnya akan coba kami jelaskan pada poin dibawah ini :

  1. Potong besi siku / besi apapun yang telah kalian las.
  2. Poles dengan batu gerinda ( gerinda tangan / gerinda duduk ).
  3. Poles lagi dengan polisher.
  4. Oleskan cairan penghilang karat ( rust remover )

 

Nah setelah kalian lakukan keempat tahapan tersebut secara berurutan maka yang terjadi nanti bagian besi dan penetrasi akan terlihat berbeda. Jadi nantinya kalian bisa membedakan mana daerah besi yang terpenetrasi oleh kerak las tadi.

 

PENJELASAN GAMBAR

Dan buat kalian yang penasaran tentang gambar hasil step by step dari cara melihat penetrasi hasil lasan yang udah gw jelasin diatas. Kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini ya.

 

Setelah-dipotong-dan-dipoles

 

Gambar diatas adalah hasil potongan besi siku yang sudah di las dan kemudia dipoles menggunakan batu gerinda. Jadi gambar diatas ini adalah penjelasan dari step 1 dan step 2 ya guys. Bisa kalian lihat ya, untuk penetrasi hasil lasan belum terlihat jelas dan hasil polesannya juga masih kasar.

 

Dan gambar yang kedua ini adalah hasil potongan yang telah dipoles yang kedua kalinya dengan polisher. Bisa juga sih kalian pake amplas halus. Cuma pegel. Tapi ya terserah kalian ya mau pake poles apa aja bebas.

 

Setelah-dipoles-halus

 

Naahh ini nih hasil polesan kedua. Lebih halus kaya kulitku yang sudah kubalur dengan body lotion.. wakakaka.. Bisa kalian lihat ya guys,, hasilnya lebih halus tapi tetap belum bisa terlihat penetrasinya. Tapi kalo udah gni, kalian bisa langsung kasih cairan penghilang karat ya guys atau rust remover tadi biar bisa keliatan penetrasinya.

 

Bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini ya guys.

Setelah-diberikan-penghilang-karat-rust-remover

 

Nah tuh keliatan kan ya.. Udah beda warna tuh antara kerak las dan besinya. Jadi disitu kalian bisa lihat ya kedalaman penetrasinya. Dan disitu baru deh kalian nilai haisl lasan kalian. Kira-kira settingan dan gaya pengelasan apa yang paling cocok untuk mendapatkan hasil lasan dengan penetrasi yang cukup dalam.

 

Karena memang penetrasi lasan yang bagus ya mempengaruhi kekuatan pengelasan kita guys. Pokoknya kalian inget ya beberapa faktor yang dapat membuat penetrasi kalian bagus. Diawal-awal tadi udah gw jelasin ya, yang 6 poin yang mempengaruhi hasil lasan kalian.

 

Nah disitu nanti bisa kalian uji coba masing-masing dari 6 cara diatas. Biar keliatan perbedaanya. Mana hasil lasan yang mantep.

 

Oke yaw dah kalo gitu guys.. Selamat mencoba, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *