3 KESALAHAN SAAT MENGELAS DENGAN KAWAT ELEKTRODA

By | February 13, 2020

Halo sobat tehniq semua.. gimana nih kabar kalian.. Waduh curhat dikit nih.. akhir-akhir ini gw lebih jarang bikin artikel karena lagi sibuk banget.. jadi sori ya guys buat kalian yang selalu setia pantengin blog kami ini. Dan untuk menebus kesalahan gw ke kalian, maka kali ini gw akan bahas tentang 3 kesalahan saat mengelas dengan kawat elektroda.

 

Sebelumnya kami udah pernah bikin 7 kesalahan saat mengelas menggunakan mesin las MIG kan.. Nah kali ini kami mau bahas tentang kesalahan para welder yang suka pake mesin las MMA atau yang bisa juga disebut dengan stick welding kalo di luar negeri sana.

 

Stick welding disini maksudnya ngelas pake stick ya dan tidak lain stick itu maksudnya adalah elektroda. Jadi kami lurusin dulu ya. Kalo mesin las MMA itu pake kawat las elektroda, tapi kalo mesin las MIG itu pake kawat las gulung. Jadi jangan cuma nyebut kawat las ya kalo ngobrolin masalah mesin las. Kudu lebih spesifik lagi biar ga salah tangkep.

 

Karena teknik pengelasan kedua jenis kawat las ini beda guys. Makanya kudu bener kalian sebutnya dan saat menjelaskannya juga kalian kudu bedain ya. Biar lebih jelas ditangkap sama murid-murid budiman yang pengen mendalami tentang teknik pengelasan ini.

 

 

3 KESALAHAN SAAT MENGELAS DENGAN KAWAT ELEKTRODA

Jadi itu tadi sekelumit intermezo dari gw sebagai sang penulis artikel ini.. Hehehe.. sekarang kita lanjut ke pembahasan tentang 3 kesalahan saat mengelas dengan kawat elektroda ini. Nah jadi ada 2 jenis pengelasan yang perlu kalian perhatikan dalam mengelas menggunakan mesin las MMA ya guys.

 

2 Jenis pengelasan dalam menggunakan mesin las MMA ini yaitu diantaranya :

  • Pengelasan Siku
  • Filler

 

Masing-masing jenis pengelasan tersebut harus kalian ketahui tekniknya agar tidak terjadi 3 kesalahan saat mengelas dengan kawat elektroda ini guys. Jadi langsung aja nih jelasin satu-satu apa aja sih kesalahan yang biasa dilakukan para welder pemula saat mengelas menggunakan mesin MMA ini?

 

Cekidoot..!!

 

1. SUDUT PENGELASAN ( PENGELASAN SIKU )

Kesalahan pertama saat kalian melakukan pengelasan siku yaitu sudut pengelasannya. Sudut pengelasan yang terlalu rendah ataupun terlalu tinggi akan mempengaruhi penetrasi dan sambungan dari besi siku yang kalian las. Normalnya, sudut pengelasan yang baik saat melakukan pengelasan besi siku yaitu antara 45 – 50 derajat guys.

 

Dengan sudut segitu kawat kalian akan mendapatkan sudut sempurna untuk menembakkan api las pada sambungan siku besi. Jadi saat tembakan las kalian tepat pada sambungan siku besi, maka penetrasi las akan mengikat kedua besi tersebut dan membuat hasil lasan kalian kuat.

 

Berikut ini adalah contoh hasil penetrasi yang salah dan yang benar pada pengelasan besi siku :

Sudut-Pengelasan-yang-Benar-dan-yang-salah

 

Bisa kalian lihat ya guys, untuk penetrasi pengelasan yang benar maka akan menembus besi bagian atas dan juga besi bagian bawah yang mendatar. Selain itu dibagian siku juga mendapatkan penetrasi terdalam sehingga hasilnya membuat ikatan lasan menjadi sangat kuat.

 

Jadi walaupun dipukul dibagian bawah dan atas, sambungan besi tersebut tidak akan terlepas. Beda halnya dengan gambar diatas yang hanya mendapatkan penetrasi dibagian besi atas saja. Untuk di bagian sikunya hanya sedikit penetrasi yang masuk.

 

Dan saat dipukul bagian atasnya nanti dapat dipastikan besi tersebut akan terlepas dari sambungannya. Karena ya itu tadi, sambungan dari hasil penetrasi yang tidak kuat.

 

 

2. KECEPATAN PENGELASAN ( PENGELASAN SIKU & FILLER )

Kesalahan kedua yang sering terjadi pada welder yang masih pemula yaitu kecepatan pengelasan. Kesalahan ini berlaku untuk kedua jenis pengelasan yang udah gw sebutin diatas ya guys.

 

Dan untuk kecepatan pengelasan ini bisa kalian dapatkan dengan feeling kalian masing-masing ya. Tentunya dengan sering latihan, latihan dan latihan guys.

 

Mengelas dengan cepat memang dapat mempercepat pekerjaan kalian. Tapi ingat guys, penetrasi yang kalian dapatkan tidak akan sempurna dan kurang terlalu kuat. Dan mengelas dengan lambat juga dapat merusak besi yang kalian las karena panas berlebihan yang berulang pada satu tidak pengelasan.

 

Begini lah perbedaan hasil kecepatan pengelasan yang terlalu cepat, lambat dan yang benar. Disitu bisa kalian lihat perbedaannya dan bisa langsung kalian aplikasikan dengan hasil latihan kalian ya.

 

Kecepatan-Pengelasan-yang-Benar-dan-yang-salah

 

Travel-Speed-Pengelasan-yang-Benar-dan-yang-salah

 

Bisa kalian lihat ya guys hasilnya jika pengelasan kalian terlalu cepat digeser ataupun terlalu lambat saat digeser. Intinya kalian harus tetap santai dan stabil. Jangan terlalu terburu-buru dan juga jangan terlalu santai.

 

Oia dan satu lagi, usahakan untuk tetap stabil dalam hal kecepatannya. Jangan kadang lambat kadang cepat kadang benar. Nanti hasil lasan kalian juga bakalan jelek karena penetrasi yang tidak merata..

 

 

3. KETEBALAN HASIL LASAN ( PENGELASAN FILLER )

Kesalahan yang ketiga adalah ketebalan hasil lasan pada pengelasan filler guys. Kalian tau kan pengelasan filler itu? Kalo belum tau sekalian aja gw jelasin disini ya, biar artikel makin lengkap. Hehe

 

Jadi teknik pengelasan filler adalah teknik menyambung 2 besi dengan posisi sejajar. Begini gambarnya bisa lebih jelas guys.

 

Teknik-Pengelasan-Filler

 

Gambar diatas adalah gambar dari teknik pengelasan filer guys. Dan seperti kalian lihat ya, kedua besi itu disambung bersamaan dengan lasan yang berulang kali.

 

Jadi teknik ini bukan cuma dilakukan dengan sekali pengelasan, melainkan berkali-kali hingga sambungan besi tertutup semua dengan terak lasan.

 

Nah kesalahan yang biasa terjadi yaitu user terlalu hemat saat mengisi lasan mereka sehingga hasil lasan tidak menonjol seperti gambar diatas. Pengelasan filler yang benar itu tebalnya harus 1x ukuran kawat lasnya guys. Jadi bagian menonjolnya harus seukuran diameter kawat las kalo pengen cara gampangnya.

 

Tapi kalo cara yang lebih profesional ada alatnya sendiri untuk mengukur ketebalan lasan yang benar. Jadi cara gampangnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini :

 

Ketebalan-Pengelasan-yang-benar

 

Dan jika kalian ingin lebih akurat, kalian kudu beli yang namanya alat pengukur ketebalan las dibawah ini ;

Alat-Untuk-mengukur-Ketebalan-Las

Untuk cara pakainya bisa kalian lihat di video tutorial-tutorial youtube ya. Gampang kok, asal kalian mau belajar ya. Karena jika ada niat pasti semuanya jadi lebih mudah.

 

Yaw dah kalo gitu, sampai disini dulu artikel dari kami ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua guys. Dan gw ga bosen buat ngingetin untuk subscribe channel youtube kami untuk mendukung kami agar kami dapat terus membuat konten video review produk dan juga tutorial-tutorial bermanfaat buat kalian semua.

 

Dukung channel kami dengan cara share dan subscribe ya,, ada dibawah ini nih channelnya.. Salam..!!

>> CHANNEL YOUTUBE <<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *