CARA MEMPERBAIKI MESIN CIRCULAR SAW YANG TIDAK DAPAT MEMOTONG LURUS

By | February 21, 2019

halo guys..!! Kali ini gw mau kasih tips dan trik buat kalian, tentang cara memperbaiki mesin circular saw yang tidak dapat memotong lurus. Tapi sebelumnya gw mau curhat nih guys.. Soalnya kapan hari itu gw lagi mengidap penyakit sedih nih guys.. Masalahnya itu circular saw yang gw rawat dari bayi itu tiba-tiba ga bisa motong lurus. Pertama gw nyobain geser-geser kayu yang mau gw potong. Eh taunya tetep ga lurus.. Gw tetap penasaran, gw curiga apa karena gw yang udah lama ga motong kayu pake circular saw.. Mungkin tangan gw yang ga stabil waktu motong kayu ini. Akhirnya gw coba motong pake penggarisnya. Tapi ternyata tetep aja ga lurus.

 

CARA MEMPERBAIKI MESIN CIRCULAR SAW YANG TIDAK DAPAT MEMOTONG LURUS

Nah maka dari itu nih, kenapa gw bahas cara memperbaiki mesin circular saw yang tidak dapat memotong lurus pada artikel kami kali ini. Kami pengen bagi-bagi info dan pengalaman kami tentang masalah-masalah yang pernah kami alami saat kami berurusan dengan power tools kami. Kebetulan kami lagi pengen bahas masalah circular saw, karena itu tadi ya. Emang karena pas lagi dapet masalah ini, jadi sekalian dibahas.

 

Jadi awalnya kami bener-bener ga ngerti nih guys. Kenapa sih mesin circular saw gw ga bisa motong lurus. Dan karena gw penasaran akhirnya gw coba searching-searching di mbah google sama youtube. Tapi tetep ga nemu juga..

 

Cara demi cara kami coba lakukan dan akhirnya kami coba pergi menemui salah satu master power tools yang dulu pernah kami kenal. Emang beliau orang lapangan, jadi ga pernah share cara-cara seperti ini ke internet. Tapi karena kami dapet info ini, jadi kami yang kudunya share lewat internet, Biar bagi-bagi pahala gitu.. hehe..

KENAPA MESIN CIRCULAR SAW YANG TIDAK DAPAT MEMOTONG LURUS

Okee.. Jadi sebelum kami membahas tips atau cara memperbaiki mesin circular saw yang tidak dapat memotong lurus ini, terlebih dahulu kami akan kasih info ke kalian. Infonya tentang apa aja sih masalah atau kemungkinan yang terjadi pada mesin circular saw kalian jika tidak bisa memotong lurus. Jadi sebenarnya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat anda tidak bisa memotong lurus dengan mesin circular saw kalian. Beberapa masalah itu diantaranya adalah :

  • Benda kerja bergeser, jadi anda tidak dapat memotong lurus.
  • Bilah pisau atau pisau potong tidak stabil
  • Mata pisau yang rusak atau sudah tumpul dan bengkok, jadi anda tidak bisa memotong lurus.

 

Jadi setelah kita tau masalah yang kita alami dengan mesin circular saw kalian, tentunya kita akan bisa mengatasi masalah itu. Untuk poin pertama, sebenarnya itu adalah masalah teknis dari cara pemotongan kalian. Jadi kami ga akan membahas itu, karena tentunya masalah yang pertama ini dapat kalian atasi dengan pengalaman demi pengalaman hingga kalian bisa memotong dengan lurus. Mungkin kalian bisa pake penjepit, atau mungkin bisa kalian duduki, atau mungkin hal-hal lain yang tentunya bisa kalian variasikan sendiri sesuai dengan kenyamanan kalian saat bekerja.

Oke lanjut ke masalah kedua yaitu bilah pisai atau pisau potong yang tidak stabil.

MESIN CIRCULAR SAW YANG TIDAK DAPAT MEMOTONG LURUS – BILAH PISAU

Penting banget nih guys untuk mengetahui cara memperbaiki mesin circular saw yang tidak dapat memotong lurus. Sehingga kalian perlu mengecek mata pisau kalian. Dan jika mata pisau potong circular saw tidak stabil maka yang terjadi hasil potongan anda tidak akan bisa lurus. Sehingga nantinya komplainan akan datang ke kalian. Tentunya kalian yang bekerja di bidang wood working pasti ga mau ya hasil potongan kalian ga presisi.

 

Jadi ada beberapa tahap yang perlu kalian pastikan untuk mengetahui permasalah pada bilah pisau circular saw kalian. Dan poin ini adalah bahasan untuk nomor 3 pada poin-poin masalah mesin circular saw kalian diatas.

 

Oke balik lagi. Jadi hal pertama yang harus kalian lakukan adalah melakukan pengecekan pada mata pisau potong kalian. Apakah bilah mata pisaunya mengalami kerusakan atau tidak. Jika bilau atau mata pisau potong circular saw kalian rusak, maka kalian harus segera menggantinya dengan yang baru. Tetapi jika kalian sudah menggantinya dengan yang baru tetapi masalah yang terjadi tetap sama. Hal selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengecek mur atau baut pada pencengkram mata pisaunya.

 

Jadi masalah yang terjadi disini bisa jadi karena mur atau baut yang longgar akibat pemakaian mesin yang terus menerus. Karena getaran mesin membuat mur atau baut pencengkram mata pisau menjadi sedikit kendor. Alhasil bilah mata pisau potong kalian akan sedikit bergoyang saat mesin dinyalakan. Goyangan dari mata pisau tersebut lah yang akan membuat hasil potongan kalian tidak presisi. Sebenarnya caranya cukup mudah, yaitu dengan mengencangkan mur atau baut dibagian pencengkram mata pisaunya.

Cara-Memperbaiki-Mesin-Circular-Saw-yang-tidak-dapat-Memotong-Lurus

 

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah menyiapkan obeng atau kunci yang sesuai dengan ukuran pencengkramnya. Kemudian putar mur atau baut searah jarum jam beberapa kali hingga kalian mendapatkan tingkat kekencangan yang sempurna. Cukup mudah ya guys tentang cara memperbaiki mesin circular saw yang tidak dapat memotong lurus ini..

MEMILIH MATA PISAU MESIN CIRCULAR SAW YANG BERKUALITAS

Dan lanjut ke pembahasan kita yang terakhir tentang cara memperbaiki mesin circular saw yang tidak dapat memotong lurus yaitu mengenai mata pisau yang sudah rusak. Pastikan kalian membeli bilah mata pisau circular yang berkualitas baik, sehingga tidak cepat rusak atau bengkok. Dan jika kalian membutuhkan mata pisau potong atau bilah pisau mesin circular saw yang asli dan berkualitas, kunjungi website resmi kami www.tehniq.com. Percayakan kebutuhan alat-alat teknik dan aksesorisnya hanya diwebsite kami ini, dan dapatkan pengalaman belanja yang nyaman, aman, mudah dan cepat.

 

Dan jika kalian yang demen nonton youtube, jangan lupa subscribe channel kami nih guys.. dijamin kalian pasti dapet banyak info menarik seputar alat-alat teknik yang kalian butuhkan hanya di channel Tehniq.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *