BAGIAN-BAGIAN DARI PALU DAN FUNGSINYA

By | April 1, 2020

Halo sobat tehniq setanah air yang kucinta dan kurindu karena tak pernah bertemu.. wekekekek..  Oke kali ini kami mau kasih tau ke kalian semua bagian-bagian dari palu dan fungsinya. Jadi kalian jangan cuma pakai dong. Kalian juga harus tau fungsi dari masing-masing bagiannya dong.

 

Hal ini harus kalian pahami agar kalian bisa menggunakan palu dengan awet karena kalian menggunakan semua bagiannya sesuai dengan fungsinya. Karena banyak banget yang pake palu itu sampai copot kepalanya, atau patah gagangnya.

 

Karena sebenernya itu semua peralatan jika kalian gunakan dengan benar pastinya lebih awebt dipake. Kecuali emang barangnya bapuk banget yang harganya lebih murah dari telor setengah kilo. Hehehe..

 

Oia dan satu lagi ya.. kalo kalian kurang paham jenis kayu pada gagang palu, mending kalian beli palu yang terbuat dari campuran besi dan plastik ya. Karena banyak banget palu yang menggunakan kayu lembek yang penting mulus bentuknya, jadi terlihat seperti kayu bagus.

 

Padahal kayunya sangat rapuh, sehingga saat palu kalian gunakan pada material yang keras seperti beton dan batu. Kayu gagang palu tersebut bisa langsung patah, sehingga sangat berbahaya bagi diri anda sendiri. Tau sendiri bagian kepala palunya itu bukan main-main kalo kena daging ama tulang.

 

Rasanya alamak..!! hehehe

 

Oke kita balik lagi ke topik pembahasan kita ya. Jadi kira-kira apa aja ya bagian-bagian dari palu dan fungsinya yang perlu kita tau bersama untuk menambah pengetahuan kita ini.

 

 

BAGIAN-BAGIAN DARI PALU DAN FUNGSINYA

Jadi ada beberapa bagian dari palu yang perlu kalian ketahui baik namanya dan juga fungsinya. Untuk itu berikut ini adalah beberapa bagian-bagian dari palu dan fungsinya yang perlu kalian ketahui :

  1. Alas Pakul
  2. Leher
  3. Kepala
  4. Cakar
  5. Pipi
  6. Mata
  7. Cengkraman
  8. Pegangan / Grip

 

 

Bagian-Bagian-dari-Palu-dan-Fungsinya

 

 

Nah bisa kalian lihat ya guys. Ada 8 bagian dari palu dan masing-masing bagian tersebut tentunya memiliki peranan atau fungsinya masing-masing. Jadi ke delapan bagian tersebut akan kami jelaskan pada beberapa poin dibawah ini agar kalian dapat lebih memahami perasaan dari palu ini.

 

Karena kasian palu itu suka dipukul-pukul. Makanya paling nggak kalian harus lebih memahami perasaannya dengan mengetahui nama dari setiap bagiannya.. Hmmmm.. mulai ngelantur nih.. Hehehe

 

1. ALAS PUKUL

Bagian pertama yaitu alas pukul. Alas pukul ini adalah bagian paling penting yang digunakan untuk menancapkan paku ataupun menghancurkan sesuatu. Tetapi kalian harus memperhatikan ukuran alas pukul dengan pekerjaan anda sehari-hari.

 

Ukuran alas pukul ini mempengaruhi ukuran dari kepala palu itu sendiri. Dan ukuran kepala palu nantinya akan mempengaruhi ukuran keseluruhan dari palu tersebut. Gak mungkin juga kan kepala palunya kecil tapi pegangannya gede kaya anuku.

 

Jadi sesuaikan ukuran alas pukul dengan pekerjaan anda sehari-hari untuk merawat palu kalian tetap awet. Dan menghindari resiko kecelakaan kerja juga, karena klo palunya kekecilan suka meleset pas mukul paku. Kena jempol terus bengkak, cantengan dah. hahaha

 

2. LEHER

Bagian dari palu yang kedua yaitu leher. Leher ini sangat berpengaruh pada pekerjaan anda. Semakin berat pekerjaan anda, maka ukuran leher harus semakin besar.

 

Ukuran leher mempengaruhi kekuatan pukul dari kepala palu. Jadi jika objek yang ingin kalian pukul itu keras, maka leher haruslah besar. Jika leher palu kalian kecil, hasilnya kekuatan pukul akan bertumpu pada kayu atau pegangannya.

 

Inilah faktor seringnya palu anda mengalami patah pada pegangannya. Yang lebih parahnya lagi, leher bisa patah dan kalian harus beli palu baru. Karena kalo pegangannya doang itu setau gw masih banyak yang jual.

 

3. KEPALA

Kepala disini tidak memiliki fungsi yang krusial. Tetapi kepala hanya mempengaruhi bentuk dan desain dari keseluruhan kepala palu.

 

Jadi kami tidak akan terlalu banyak membahas bagian kepala ini.

 

4. CAKAR

Untuk bagian keempat ini banyak ya jenisnya. Kebetulan gambar yang kami tampilkan adalah bagian kepala belakang berbentuk cakar. Ada yang berbentuk bulat dan juga yang berbentuk runcing.

 

Bagian kepala belakang pada palu mempengaruhi fungsi utama dari palu tersebut. Jadi bagi kalian yang suka menghancurkan sesuatu, misal tembok dan beton. Ada baiknya kalian beli palu yang memiliki bagian kepala belakang berbentuk bulat ataupun berbentuk alas juga ( datar ).

 

Jadi fungsinya kaya martil gitu. Sedangkan untuk cakar sendiri dikhususkan untuk penggunaan memasang paku dan melepas paku. Pokoknya sesuai dengan fungsi pekerjaan kalian lah ya. Kalian pasti paham.

 

5. MATA

Bagian selanjutnya yaitu mata. Ukuran mata dengan ukuran leher biasanya saling berkaitan. Karena dua bagian ini adalah dua bagian yang menerima beban paling besar.

 

Jadi jika pekerjaan anda berat, belilah palu yang memiliki leher dan mata yang tebal. Jangan beli yang ramping, karena biasanya hanya dikhususkan untuk pemasangan paku saja.

 

6. PIPI

Bagian lainnya yaitu Pipi. Bagian pipi ini tidak terlalu memiliki peranan. Tetapi jika bentuknya datar, biasanya bisa digunakan untuk pengganti alas palu yang nomor satu tadi.

 

Tapi tidak kami sarankan ya, karena beban pada bagian mata akan bertambah berat jika kalian menggunakan bagian pipi ini untuk memukul.

 

7. CENGKERAMAN

Cengkeraman disini sebenernya kami nyebutinnya agak ngaco. Karena fungsinya sendiri sebenarnya sebagai cengkeraman dari grip.

 

Jadi ukuran cengkeraman akan mempengaruhi juga pada ukuran grip atau pegangan.

 

8. PEGANGAN / GRIP

Bagian terakhir pada palu yaitu grip atau pegangan. Kalian semua tau pastinya fungsi dari pegangan ini apa. Pegangan disini banyak macemnya. Biasanya terbuat dari lilitan kain, ada juga plastik / karet dan ada juga yang kayu polos.

 

Semakin kasar dan lengket pegangan palu, maka akan semakin menambah kekuatan pegangannya. Jadi palu tidak mudah lepas dari genggaman anda saat digunakan untuk memukul. Kami saranin sih beli palu yang pegangannya kasar dan lengket. Jangan beli yang yang licin ya, karena berbahaya kalo sampe lepas dari pegangan kalian tuh palu.

 

 

Okee jadi itu tadi ya beberapa bagian-bagian dari palu dan fungsinya yang perlu kalian ketahui. Semoga sekarang kalian udah paham dan mengerti masing-masing fungsi dari bagian-bagiannya. Ternyata beli palu juga ga boleh sembarangan ya.

 

Baru tau kaann.. ^_^

 

Yaw dah kalo gitu sampai disini ya artikel dari kami, semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua dan bisa kalian bagikan juga ke temen-temen kalian. Biar kalian dapet pahala karena berbagi ilmu. hehehe.. Oke kalo gitu kami pamit dlu pake kata sakti biasanya.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *