8 IDE PENGGUNAAN SERBUK KAYU BEKAS KETAM DAN PAHAT

By | April 2, 2020

Halo sobat tehniq khususnya para woodworker atau para pengrajin kayu nih. Tentunya kalian punya banyak stok serbuk kayu bekas kalian serut atau ketam kayu ya. Nah disini kami mau kasih 8 ide penggunaan serbuk kayu bekas ketam dan pahat biar serbuk kayu bekas kalian ga mubadzir.

 

Dan yang lebih enak lagi.. Tuh serbuk kayu bekas ketam bisa kalian manfaatkan sehingga menjadi ladang uang lagi buat kalian. Kan lumayan tuh jadi uang rokok atau buat jajan anak dirumah.. wkekekekek.

 

Mungkin sebagian dari kalian udah ada channel orang-orang yang mau nampung dan beli serbuk kayu ditempat kalian. Jadi kalian udah nyantai. Cuma kan ga semua punya channel itu.

 

Kemungkinan masih banyak temen-temen kita seperjuangan yang masih belum dapet channel yang mau beli serbuk kayu kalian. Nah daripada kalian buat bakar-bakar dirumah, mending liat deh 8 ide penggunaan serbuk kayu bekas ketam dan pahat dari kami ini.

 

8 IDE PENGGUNAAN SERBUK KAYU BEKAS KETAM DAN PAHAT

 

Oke jadi langsung aja ya cekidot..!!

 

1. PUPUK KOMPOS

Serbuk-Kayu-digunakan-untuk-Pupuk-Kompos

 

Kita semua tau ya, pupuk kompos adalah pupuk yang dibuat dan diolah dari sisa-sisa tumbuhan yang sudah kering atau mati. Nah sisa-sisa tumbuhan tadi kalo udah diolah dicampur tanah dan kotoran hewan kan lama-lama bisa busuk tuh.

 

Kalo udah busuk itu sudah jadi pupuk kompos yang siap untuk menyuburkan tanaman anda. Tuh kumis kalo mau subur jg bisa kali di toletin pupuk kompos.. Wakakakak

 

Hmmm sudah-sudah becandanya, serius lagi.

 

Jadi untuk membuat dan mengolah serbuk kayu ini menjadi pupuk kompos ada 2 cara yaitu :

  • Langsung Aduk
  • Bakar

 

Nah jika kalian ga mau ribet, kalian bisa langsung aduk serbuk kayu kalian ke campuran tumbuhan kering lainnya dan kotoran hewan yang udah kami sampaikan diatas.

 

Atau bisa juga kalian membakar serbuk kayu kalian sampai menjadi arang kemudian baru dicampur dengan kotoran hewan dan tumbuhan kering lainnya. Kalo kita lihat dari sisi tingkat kesuburan pupuk, kami kurang tau kadar kesuburannya.

 

Tapi kalo kita lihat dari sisi efisiensi waktu tentunya lebih efisien yang dibakar. Karena jika langsung diaduk, kita harus masih menunggu pembusukan dari tumbuhan kering dan serbuk kayu kalian.

 

Sedangkan jika dibakar itu bisa langsung digunakan. Jadi terserah kalian mau digimanain. bebaskeun aja.

 

 

2. FILLER KAYU

Serbuk-Kayu-digunakan-untuk-Filler-Kayu

 

Hal kedua yang bisa kalian lakukan untuk memanfaatkan serbuk kayu bekas kalian yaitu filler kayu. Maksud dari filler kayu ini adalah menambal kayu yang rusak strukturnya dengan serbuk kayu bekas kalian itu.

 

Tentunya kalian sering banget ya dapetin kayu yang kurang mulus. Banyak bopengnya atau terkadang kalian sempet salah dalam mengolah kayu kalian. Dan hasilnya ada cacat pada kayu kalian.

 

Sayang banget kan kalo sampe kalian buang kayu yang bopeng-bopeng atau cacat itu. Bisa rugi tauu,,, ntar malah anak bini kurang gizi. hehehe. .jangan sampe ya guys.. semoga kebutuhan keluarga kalian semua tercukupi dengan baik. Amiiinn..

 

 

3. ALAS KANDANG HEWAN

Serbuk-Kayu-digunakan-untuk-Alas-Kandang-Hewan

 

Umumnya hewan pengerat dan juga reptile itu menyukai tempat yang kering dan hangat. Nah untuk itu serbuk kayu baik yang halus dan yang kasar itu sangat berguna untuk hal tersebut.

 

Tekstur kayu yang kasar tetapi kering dan hangat tentunya sangat ideal untuk hidup hewan peliharaaan kalian seperti hamster, ular, landak, kadal dan lain-lain. Jadi nantinya hewan peliharaan bakalan betah dan ga stress.

 

Selain dapat memberi kehangatan dan kenyamanan, serbuk kayu ini juga dapat memudahkan kalian saat membersihkan kandangnya. Maksudnya gimana nih??

 

Jadi saat hewan peliharaan kalian pipis atau BAB, maka kotorannya akan menempel di serbuk kayu terlebih dahulu. Tidak langsung ke kandangnya. Jadi lebih mudah dibersihkan hanya dengan mengambil serbuk kayu yang terkena pipis dan BABnya saja.

 

Kandang hanya tinggal di lap agar tidak bau. Simple dan mudah kan.

 

 

4. PENGHALANG RUMPUT LIAR

Serbuk-Kayu-digunakan-untuk-Penghalang-Rumput-Liar

 

Bagi kalian yang suka bercocok tanam tentunya sangat bermusuhan dengan yang namanya rumput liar ya. Banyak cara dalam mengendalikan pertumbuhan rumput liar disekitaran tanaman yang kalian tanam.

 

Karena rumput liar juga dapat menghambat pertumbuhan tanaman kalian, khususnya hasil panennya. Jadi rumput liar memang harus dihalangi jangan sampai tumbuh.

 

Ada yang menggunakan plastik gulung, dan ada yang menggunakan rumput alang-alang kering untuk menutupi sekitaran tanaman yang mereka tanam. Hal ini mereka lakukan untuk menghalangi pertumbuhan dari rumput liar tersebut.

 

Nah ternyata serbuk kayu baik yang kasar maupun yang halus bisa jadi alternatif juga lho. Karena rumput liar tidak akan bisa tumbuh jika tidak ada sinar matahari. Untuk itu jika kalian menumpuk serbuk kayu disekitaran tanaman yang kalian tanam.

 

Maka nantinya rumput liar tidak akan tumbuh karena tidak mendapatkan sinar matahari tersebut. Daripada beli plastik gulung atau nyari rumput alang-alang kemana-mana.

 

Mending pake serbuk kayu, cepet dan ringkes. Udahannya juga bisa langsung diaduk campur tanah biar sekalian jadi pupuk kalo kalian udah panen. Mantep kan.

 

 

5. STARTER API

Serbuk-Kayu-digunakan-untuk-Starter-Api

 

Nah bagi kalian yang suka bakar-bakar, tapi jangan bakar diri. hehe.. Mungkin kalian posisi lagi tinggal di daerah dingin atau kalian masih masak pake dapur lama yang apinya pake areng.

 

Serbuk kayu ini bisa jadi pilihan buat starter api di tempat kalian. Karena emang serbuk kayu ini hampir kaya kertas. Tipis dan mudah terbakar. Jadi sangat berguna banget kalo dibuat jadi starter api.

 

Lebih cepet dan simple banget jadinya kalo kalian mau nyalain api, baik api unggun, api di dapur ataupun api asmara.. Hmmm

 

 

6. BRIKET

Serbuk-Kayu-digunakan-untuk-briket-kayu

 

Masih sebagai starter api, tapi briket lebih kearah starter api untuk tujuan tertentu. Karena briket ini dapat menjadi sumber api dalam jangka waktu yang lama.

 

Tapi untuk pembuatannya sendiri kami kurang paham, jadi mungkin untuk dijadikan briket ini kalian harus mencari tau tentang cara pembuatannya.

 

Walaupun briket ini sudah jarang digunakan orang, tapi masih ada aja kok pengusaha yang berjualan briket untuk menyambung hidupnya. Jadi apa salahnya kalian membuat briket sendiri atau menjual serbuk kayu kalian ke produsen briket di sekitaran kalian.

 

 

7. PENAMBAL JALAN BECEK

Serbuk-Kayu-digunakan-untuk-penambal-jalan-becek

 

Bagi kalian yang tinggal ditempat yang berlubang, apalagi didepan rumah kalian atau di tempat workshop kayu kalian. Tentunya kesel banget kalo ada kendaraan lewat pas jalan depan rumah itu becek.

 

Ceprooottt… mantep dah tuh.. kesel banget rasanya. Kadang kena tembok, kadang kena lantai. Dan yang paling kesel kena badan kita. Mandi mandi dah tuh.

 

Nah untuk sementara sekalian menunggu perbaikan jalan dari pemerintah setempat. Serbuk kayu yang nganggur ditempat kalian itu bisa buat nutupin jalan becek lho.

 

Walaupun cepat rusak, tapi kalo sering kalian tumpuk ya ga bakal rusak-rusak nantinya. Yang penting kalian kudu rajin aja buat nambal jalan yang lubang di depan rumah kalian.

 

Buat menghindari ceproott tadi.. hhehehe

 

 

8. MEDIA TANAM JAMUR

Serbuk-Kayu-digunakan-untuk-media-tanam-jamur

 

Saat ini banyak banget pengusaha-pengusaha jamur yang merintis karirnya dirumah sendiri. Nah ada baiknya kalian ambil kesempatan itu dengan menjadi seorang petani jamur ataupun dengan menyediakan stok serbuk kayu untuk media tanam jamur.

 

Jadi nantinya kalian bisa menjual jamur yang kalian tanam sendiri atau bisa kalian konsumsi sendiri. Bisa juga kalian jual serbuk kayu kalian ke petani jamur di sekitaran kalian.

 

Bagi mereka yang suka bikin media tanam sendiri, tentunya serbuk kayu kalian akan diterima mereka dengan harga yang masuk akal tentunya. Karena kalo beli media tanam ke orang lain ya kami rasa keuntungan si petani itu bakalan kurang maksimal.

 

Okee jadi itu tadi 8 ide penggunaan serbuk kayu bekas ketam dan pahat yang bisa kalian praktekan dirumah atau workshop kalian. Dan semoga usaha kalian selalu diberi kelancaran sama Allah Subhanahu Wata’ala biar keluarga kalian semua tercukupi.

 

Dan sepertinya sampai disini dulu artikel dari kami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Jika kalian merasa artikel ini sangat berguna buat orang lain, silahkan share artikel ini. Biar kita semua bisa sama-sama menghindari mubadzir dan sekalian bagi-bagi informasi ke rekan-rekan dan sodara kalian.

 

Oke sampai disini dulu ya.. selamat mencoba.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *