TIPS MEMILIH OBENG YANG BAGUS

By | April 11, 2019

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya. Balik lagi nih di blog kami blog tehniq.com. Tempatnya informasi-informasi seputar alat teknik terlengkap dan teroke punya. hehe.. Yak kali ini kami mau kasih tips memilih obeng yang bagus nih buat kalian.

Jadi pada artikel kami kali ini, kami mau bahas abis tentang gimana cara membedakan obeng yang bagus dan jelek. Tentunya kalian semua pernah beli obeng yang ternyata cepet banget rusak ujungnya. Jadi besinya mudah tercongkel atau sobek karena bergesekan dengan permukaan lubang mur.

 

Klo udah kami bagiin tips memilih obeng yang bagus ini, mudah-mudahan kalian semua nanti bisa terbantu saat berbelanja obeng ya guys. Jadi perhatiin dan baca baik-baik nih tipsnya, dan diinget-inget pastinya.

Masa iya udah dibaca serius taunya dilupain gitu aja. Hehe. Langsung aja nih, apa aja sih tips memilih obeng yang bagus dari blog tehniq.com kali ini?

 

TIPS MEMILIH OBENG YANG BAGUS

Langsung aja nih, apa aja sih yang perlu kalian perhatikan saat memilih untuk membedakan obeng yang bagus dan obeng yang jelek?. Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ya guys. Dan hal pertama yang perlu kalian perhatikan untuk membedakan obeng yang bagus dan obeng yang jelek yaitu :

1. MATERIAL BESINYA

Tips-Memilih-Obeng-yang-Bagus-Material-Besi

Jika kalian liat pada gambar diatas. Kedua material obeng tersebut adalah salah satu ciri material obeng yang jelek. Obeng yang jelek tersebut dari besi biasa yang mudah berkarat dan tingkat kekerasan besinya juga tidak terlalu keras. Sehingga mudah sobek saat kalah dengan mur yang lebih keras materialnya.

 

Terus bagaimana melihat obeng yang bagus material besinya? Anda dapat melihat material obeng yang bagus dengan melihat kesan titanium pada obeng tersebut. Biasanya obeng yang bagus terkesan lebih gelap dan di beri finishing doff.

Kalo dari segi warna finishing material besinya, biasanya obeng yang bagus diberi finishing warna abu-abu muda dan abu-abu tua. Kedua warna tersebut finishingnya tetap doff ya guys. Jadi terlihat mewah dan tidak mudah berkarat.

 

TIPS MEMILIH OBENG YANG BAGUS DARI BERATNYA

Lanjut lagi untuk tips memilih obeng yang bagus yang kedua yaitu :

2. BERATNYA

Untuk mengetahui kualitas obeng yang bagus atau yang jelek, kalian perlu membandingkan dengan menggenggam kedua obeng yang berbeda.

Jadi jika kalian udah liat material besinya, kalian bisa liat beratnya dengan membandingkannya dengan tangan kanan dan kiri kalian. Karena ga mungkin juga dong kalian bawa timbangan dari rumah. Hehe

 

Kenapa berat bisa jadi alasan untuk obeng yang bagus? Logikanya adalah karena besi baja karakteristiknya lebih berat dibandingkan dengan besi biasa. Jadi obeng dengan kandungan baja lebih banyak pasti terasa lebih berat di genggam.

 

 

TIPS MEMILIH OBENG YANG BAGUS DARI BAGIAN UJUNGNYA

Dan tips untuk memilih obeng yang bagus yang ketiga yaitu :

3. MAGNET DIBAGIAN UJUNGNYA

Hal yang pertama kalian harus lakukan adalah menempelkan besi pada bagian ujung obeng. Jika memiliki magnet berarti kita masuk ke tips yang kedua. Tapi kalo tidak ada medan magnetnya berarti sudah dapat dipastikan itu obeng jelek.

Tips kedua setelah kita mengetahui ada medan magnet di bagian ujungnya yaitu dengan cara menempelkan besi pada ujungnya yang memiliki magnet. Besi tersebut bisa kalian coba dengan besi pada obeng lainnya, atau hand tools lainnya.

 

Setelah menempel, coba tarik besi tersebut. Obeng yang bagus memiliki medan magnet yang kuat. Dan artinya medan magnet tersebut tidak akan cepat hilang dan obeng awet digunakan dengan puas.

Cara yang terakhir yaitu dengan mengukur batas medan magnetnya. Untuk jarak ukuran medan magnetnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini :

Tips-Memilih-Obeng-yang-Bagus-Magnet-Bagian-Ujungnya

Jadi semakin pendek jarak medan magnetnya itu menandakan obeng tersebut kualitasnya kurang bagus. Tetapi jika semakin lebar jarak medan magnetnya itu menandakan obeng tersebut kualitasnya bagus. Logika ini berkaitan dengan kekuatan medan magnet yang sudah kami sebutkan diatas.

Jadi semakin lebar medan magnetnya, tentunya kekuatan tarik magnet semakin kuat. Hal ini disebabkan karena ukuran medan magnet yang besar itu mempengaruhi kekuatan tarik sebuah magnet.

 

 

MEMILIH OBENG YANG BAGUS

Jadi gimana nih guys? Udah pada paham ya tentunya. Gampang kan bedain obeng yang jelek dan yang bagus. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya.

Dan bagi kalian yang saat ini sedang ada kebutuhan untuk membeli obeng tipe apapun. Kalian bisa liat-liat katalog obeng kami nih. Silahkan klik gambar pada katalog obeng dibawah ini untuk mengetahui katalog obeng kami yang lengkap.

 

KATALOG OBENG / SCREWDRIVER
Tips-Memilih-Obeng-yang-Bagus-Katalog

 

Langsung klik aja ya bagi kalian yang sedang ada kebutuhan.

Oke sekian dulu artikel dari kami, semoga dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

One thought on “TIPS MEMILIH OBENG YANG BAGUS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *