TIDAK DAPAT MELIHAT HASIL LASAN SAAT MENGELAS

By: Yudha Yudha
20 Apr 2020

Halo sobat tehniq setanah air. Balik lagi ya di blog kami yang terlengkap akurat tajam dan terpercaya ya. Hmmm… Oke jadi kali ini gw mau kasih tips buat orang-orang yang tidak dapat melihat hasil lasan saat mengelas. Biasanya masalah ini terjadi pada orang-orang yang memiliki minus atau plus pada matanya.

 

Bukan cuma terjadi pada orang tua lho masalah ini. Saya juga termasuk karena saya tergolong orang yang masih muda.. Wakakakak.. Tapi karena saya pake helm las jadi hal ini masih bisa gw atasi. hhoho..

 

Nah gimana nih bagi kalian yang ga pake helm las dan yang punya sakit mata plus. Tentunya serba repot ya.. dari jauh ga keliatan, kalo dari deket panas di muka. Maka dari itu disini kami sebagai pemberi solusi terbaik akan memberikan solusinya buat kalian. Hohoho.

 

 

TIDAK DAPAT MELIHAT HASIL LASAN SAAT MENGELAS

Oke jadi ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan ya bagi kalian yang tidak dapat melihat hasil lasan saat mengelas. Dan cara-cara ini bisa kalian terapkan langsung untuk mencobanya, siapa tau bisa dan cocok buat kalian. Jadi nantinya hasil lasan kalian akan lebih berkembang.

 

Yang artinya uang bakalan berdatangan karena hasil kerja yang bagus dan berkualitas. Hehehe..

 

Oke jadi berikut ada beberapa poin yang bisa kalian lakukan ya :

  • Posisi Kepala
  • Kemiringan sudut kawat las dengan posisi tangan
  • Kebersihan lensa
  • Setingan Gelap terang pada lensa

 

Nah jadi ada 4 hal yang perlu kalian perhatikan ya, agar nantinya proses pengelasan kalian nantinya bisa terlihat jelas. Otomatis kalo udah bisa keliatan ya hasil lasan kalian mustinya lebih bagusan. Ga miring dan rata untuk ketebalannya.

 

Jadi langsung aja ya.. markihas.. Mari kita bahas keempat poin tersebut.. Hoohhoho.

 

POSISI KEPALA

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan agar dapat melihat hasil lasan kalian saat proses mengelas yaitu posisi kepala. Posisi kepala akan menentukan arah pandangan kalian dan terkadang arah bayangan juga. Tentunya tangan dan tang las kalian memiliki bayangan ya.

 

Nah bayangan ini nantinya akan bisa mengurangi pandangan kalian. Selain itu posisi kepala yang kurang benar juga dapat terhalang kawat las ataupun tangan kalian. Jadi maksudnya pandangan kalian itu jadi terhalang gitu.

 

Tips dari kami, posisikan kepala kalian menghadap matahari karena jika membelakangin matahari nantinya cahayanya bisa tertutup kepala. Nah dengan cahaya yang mencukup tentunya pandangan kalian akan lebih jelas.

 

Selanjutnya tips yang kedua yaitu posisikan kepala anda melihat cahaya las tanpa terhalang apapun. Jadi gabungan cahaya matahari dengan cahaya las nantinya akan membuat hasil lasan kalian terlihat jelas.

 

Gimana kalo malem? atau di dalam ruangan? Jawabannya adalah lampu ya. Jadikan posisi lampu sebagai pengganti matahari. Kalian harus menghadap kelampu ya, tapi jangan diliatin lampunya. Yang ada silau. Apalagi sebelahnya ada orang botak.. Hmmm. makin silau men.. Hehehe

 

Becanda guys.. jangan dimasukin ati ya ^^v.. Kalo ga gini artikelnya ga jadi seru soalnya.

 

 

KEMIRINGAN SUDUT KAWAT LAS DENGAN POSISI TANGAN

Hampir mirip dengan penjelasan gw sebelumnya. Untuk kemiringan sudut kawat las dengan posisi tangan kalian akan berpengaruh pada luas atau lebar pandangan kalian. Jadi kalo lebar pandangan kalian sempit karena tertutup posisi tangan atau kawat las yang terlalu tegak, maka anda akan sulit melihat lasan kalian.

 

Terus sudut pengelasan yang bener itu gimana?

Sudut-Pengelasan-yang-Benar-dan-yang-salah

 

Nah sudut diatas bisa kalian pake buat panduan ngelas ya guys. Jangan terlalu tegak dan jangan terlalu turun kebawah. Selain mempengaruhi lebar pandangan kalian, sudut ini juga mempengaruhi hasil lasan kalian. Tuh lihat aja gambar sebelah kanan.

 

Hasil lasan retak kalo di getok.

 

 

KEBERSIHAN LENSA

Tidak-dapat-melihat-hasil-lasan-dengan-jelas-karena-kebersihan-lensa-tidka-dijaga

 

Faktor yang ketiga jika kalian tidak dapat melihat hasil lasan saat mengelas dengan jelas yaitu kebersihan lensa kalian. Kebanyakan dari kita itu tidak memperhatikan kebersihan lensa. Mungkin yang pake kacamata kaya gw gini suka bersihin lensa.

 

Karena gw tau kebersihan lensa itu mempengaruhi pandangan kita. Maklum aja gw tau,, kan gw pake kacamata.. jadi kalo udah kotor atau baret itu bisa ganggu banget.

 

Nah gambar diatas bisa kalian lihat dah tuh.. Keliatan banget banyak baret-baret pada lensa tersebut. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi daya pandang kalian. Ada 2 faktor yang menyebabkan lensa anda baret dan kotor, yaitu diantaranya :

  • Cara membersihkan yang salah
  • Lensa terkena gesekan langsung benda kasar

 

Hal pertama yaitu cara membersihkan yang salah. Karena gw pake kacamata, jadi gw sangat handal dalam membersihkan lensa nih. hohoho.. Caranya yaitu bersihkan dengan kain halus atau tissue yang halus. Jangan yang murahan karena permukaannya kasar.

 

Dan jika kalian menggunakan kain, kalo bisa kalian cari kain yang halus seperti kain yang disediakan optik saat beli kacamata. Kemudian cara menggosoknya juga harus lembut gak boleh terlalu ditekan. Karena tekanan akan membuat debu yang menempel malah membuat lensa tergores.

 

Dibasahin aja dulu biar debu kasarnya rontok.

 

 

SETTINGAN GELAP TERANG PADA LENSA

Untuk tips yang terakhir ini khusus buat kalian yang ngelas pake helm las ya. Karena helm las punya settingan khusus di bagian dalamnya untuk mengatur tingkat kegelapan dari lensanya.

 

Settingan-Shade-Kegelapan-Lensa

 

Jadi untuk penjelasan singkatnya, semakin rendah ampere maka semakin rendah juga tingkat kegelapan yang kalian butuhkan. Nah ditakutkan kalian ngelas pake helm las tapi tidak memperhatikan hal ini. Kalian ngelas plat tipis dengan ampere rendah tapi tingkat kegelapannya kalian pentokin sampai paling gelap.

 

Biasanya ada temen-temen yang belum tau tentang settingan. Jadi kalo kalian ngelas dengan menggunakan ampere 40 – 120 kami sarankan gunakan settingan dengan tingkat kegelapan di angka 9.

Dan untuk 120 – 200 kami sarankan gunakan tingkat 10. Dan seterusnya ya.. semua nantinya akan bisa kalian sesuaikan sendiri.

 

Okee jadi itu tadi ya beberapa tips buat kalian jika kalian tidak dapat melihat hasil lasan saat mengelas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua dan dapat memperbaiki hasil lasan kalian.

 

Jangan lupa buat beli alat-alat teknik yang asli dan terpercaya di tehniq.com. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *