HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN DENGAN KOMPRESOR

By | November 13, 2019

Halo sobat tehniq yang tercinta.. Balik lagi ya di blog tehniq.com yang selalu memberikan informasi lengkap seputar alat-alat teknik. Dan kali ini kami mau kasih informasi buat kalian para pengguna kompresor nih. Jadi informasi kali ini yaitu hal yang tidak boleh dilakukan dengan kompresor kalian. Hal ini kami rasa penting untuk kita bahas bersama agar kalian tidak menggunakan kompresor kalian secara sembarangan.

 

Karena umumnya di Indonesia ini banyak banget saya jumpai orang-orang yang menggunakan 1 alat untuk berbagai kebutuhan. Padahal kebutuhan tersebut tidak cocok penggunaannya untuk alat yang mereka pakai itu. Jadi terkesan maksain gitu ya guys. Tentunya hal tersebut berbahaya untuk kalian lakukan baik untuk diri kalian maupun objek yang kalian uji dengan alat yang bukan fungsinya itu.

 

Dan dalam hal ini yang akan kita bahas adalah penggunaan kompresor yang tidak boleh kalian lakukan. Biar kalian ga melakukan eksperimen yang aneh-aneh dulu guys. Jadi kita hentikan dulu disini sebelum terjadi hal-hal yang tidak kalian inginkan.

 

 

HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN DENGAN KOMPRESOR

Oke langsung aja ya kita bahas hal yang tidak boleh dilakukan dengan kompresor kalian. Jadi ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ya guys. Dan kami minta untuk tidak menyepelekan hal-hal ini. Karena emang semua hal yang tidak diinginkan atau kecelakaan kerja itu berawal dari menyepelekan sesuatu.

 

Sering lah ya kita nyepelein atau meremehkan sesuatu dan akhirnya malah kita kena imbas ga enaknya. Dan dalam hal ini yaitu penggunaan kompresor yang salah ya guys.

 

1. BERSIH-BERSIH

Hal yang tidak boleh dilakukan dengan kompresor yaitu digunakan untuk bersih-bersih. Memang kayanya enak ya guys kalo bersihin debu dengan kompresor ini baik bersih di teras atau halaman rumah, peralatan dan bahkan untuk membersih pakaian dari debu yang menempel.

 

Membersihkan-Debu

 

Walaupun terkesan lebih mudah dan simple untuk membersih debu dengan memanfaatkan angin kompresor ini. Tapi jangan pernah melakukan hal ini dengan kompresor kalian guys. Alesannya kenapa? Karena yang kalian bersihkan disini adalah debu yang partikelnya itu kecil dan juga lembut tetapi tetap berbahaya buat badan kita.

 

Berbahaya baik untuk mata kita yang menyebabkan iritasi dan juga berbahaya buat pernafasan kalian. Mungkin kalo iritasi mata bisa kalian obati dengan cepat dengan obat tetes mata. Tapi kalo buat pernafasaan itu agak gawat guys. Seperti kita tau ya, tekanan udara pada kompresor itu sangat kencang, sehingga jika kalian semprot ke debu, maka debu tersebut tidak akan terkendali.

 

Dan debu yang tidak terkendali itu tidak kasat mata dan dapat langsung terhirup di hidung kita. Karena adanya tekanan dari udara kompresor tadi, maka debu yang masuk juga lebih kencang dan langsung menembus paru-paru kita tanpa tersaring di bulu hidung kita yang memang tugasnya menyaring debu. Dan debu yang langsung menembus paru-paru tersebut dapat menghancurkan paru-paru kalian yang lembut.

 

Selain berbahaya bagi paru-paru kalian, udara bertekanan tadi dapat berbahaya bagi tubuh kalian jika udara bertekanan ini kalian semburkan langsung ke kulit yang terluka. Karena udara tersebut bertekanan, jadi udara tersebut dapat langsung menembus kulit kalian dan masuk kealiran darah kalian. Partikel-partikel kecil yang terdapat di udara tersebut masuk kedalam darah kalian dan dapat menyebabkan stroke dan bahkan kematian. Karena partikel tersebut terbawa darah hingga ke otak kalian yang merupakan inti dari tubuh kalian.

 

Berbahaya banget ya guys.. Jadi jangan gunakan kompresor kalian untuk bersih-bersih. Saran kami gunakan sapu atau kuas aja untuk membersihkan debu.

 

 

2. MENGERINGKAN DAN MENDINGINKAN

Kalo kalian ngecat dan pengen catnya cepet kering. Mungkin kalian kepikiran untuk mengeringkan hasil cat kalian dengan kompresor ini agar cepat kering. Atau mungkin udara lagi gerah, kalian pake angin kompresor untuk mendinginkan badan kalian.

 

Tapi semua hal tersebut jangan kalian lakukan ya guys. Kenapa alasannya? Karena balik lagi ya guys partikel-partikel yang dikeluarkan kompresor tadi dan juga partikel cat yang halus tadi dapat merusak penglihatan kalian. Dan jika kalian semprot langsung ke tubuh kalian untuk mendinginkan badan. Suara dari hembusan kompresor tadi dapat berdenging ke telinga kalian dan merusak pendengaran kalian.

 

Bahkan bisa menyebabkan ketulian ya guys. Jadi bagi kalian yang ingin mengeringkan hasil kerja dan mendinginkan tubuh kalian, kami sarankan untuk menggunakan kipas atau blower yang sama-sama menghembuskan angin. Tapi anginnya lebih bersahabat ya guys, lebih soft tekanannya. Hehe

 

 

PENUTUP

Nah itu tadi ya guys, hal yang tidak boleh dilakukan dengan kompresor kalian. Inget guys, jangan maksain buat sesuatu hal yang tidak semestinya. Karena bisa jadi hal tersebut berbahaya buat kesehatan dan keselamatan diri kalian sendiri.

 

Dan mungkin ada hal-hal lain yang tidak boleh kalian lakukan dengan menggunakan kompresor kalian, tetapi tidak kita sebutkan disini. Karena memang kekurangan kami dalam mendapatkan informasi. Yang jelas selalu bekerjalah dengan aman dan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang benar. Be safe guys.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *