MESIN LAS 450 WATT YANG BAGUS

By: Yudha Yudha
13 Sep 2019

Hai hai sobat tehniq yang paling setia.. Semoga kalian masih setia terus ya mengunjungi tehniq.com baik di youtube, website, sosmed dan juga artikel blog kami. Jadi kali ini kami mau membahas tentang apa sih mesin las 450 watt yang bagus menurut tehniq.com?

 

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ya guys untuk mengetahui mesin las itu bagus atau tidak. Dan dalam hal ini yang akan kami tekankan adalah mesin las 450 watt.

 

 

MESIN LAS 450 WATT YANG BAGUS

Jadi apa hal-hal yang perlu kalian perhatikan untuk menentukan mana mesin las 450 watt yang bagus dan mana yang kurang bagus? Hal-hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Nilai Ampere Maksimal
  • Daya tahan mesin las
  • Kemampuan mengelas

 

Ketiga tolak ukur tersebut tidak akan bisa ditentukan tanpa adanya pengetesan langsung. Tapi jika kalian tidak bisa melakukan pengetesan langsung, tenang aja guys. Tehniq.com ini punya solusi terbaik buat kalian, seperti adanya solusi buat menghilangkan jerawat diwajah.. Hehehe

 

Jadi kami udah melakukan uji coba pada beberapa merk mesin las 450 watt pada ketiga tolak ukur diatas. Tapi sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu ketiga tolak ukur untuk menentukan mesin las 450 watt yang bagus diatas. Dan dipaling akhir artikel ini, kami akan memberikan video percobaan beberapa merk mesin las 450 watt untuk dapat kalian lihat sendiri agar dapat menentukan mesin las 450 watt yang bagus.

 

1. NILAI AMPERE MAKSIMAL

Untuk menentukan nilai ampere maksimal, kalian membutuhkan yang namanya clamp meter. Clamp meter adalah alat yang dapat mendeteksi nilai ampere yang dikeluarkan sebuah mesin. Karena tentunya kita tidak akan bisa mengetahui berapa ampere yang dikeluarkan sebuah mesin dengan mata telanjang, tanpa adanya alat pendukung.

 

Clamp-Meter-untuk-Mengetahui-Nilai-Ampere-Maksimal

 

Dan alat pendukung tersebut ya clamp meter ini guys. Untuk cara menentukan nilai ampere maksimal ini sendiri yaitu dengan cara mengkaitkan clamp meter pada kabel masa atau kabel las mesin las tersebut. Lebih jelasnya kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini ya tentang cara mengkaitkan clamp meter ini agar dapat kalian ketahui ampere maksimal dari sebuah mesin las.

Cara-Mengetahui-Nilai-Ampere-Maksimal

 

Seperti yang bisa kalian lihat diatas ya.. Pada clamp meter tersebut ditunjukkan nilainya 97 ampere. Jadi saat kami memutar settingan mesin las pada angka maksimal hasilnya dapat diketahui dengan clamp meter tersebut.

Sedangkan nilai yang baik untuk sebuah mesin las 450 yang bagus adalah yang mendekati nilai 120 ampere, karena spesifikasi umum mesin las 450 watt itu 120 ampere.

 

Seperti yang sudah kami contohkan diatas, bahwa hasilnya adalah 97 ampere. Jadi menurut kami mesin las tersebut memiliki nilai ampere yang kurang maksimal, karena agak jauh dari nilai 120 ampere.

 

 

2. DAYA TAHAN MESIN LAS

Hal kedua yang perlu kalian uji coba untuk mengetahui mesin las 450 watt yang bagus itu yang gimana yaitu dengan melihat daya tahan mesin las ini. Jadi perlu kalian ketahui, mesin las itu tidak bisa digunakan non stop. Dia memiliki pelindung yang akan menonaktifkan powernya saat terjadi panas yang berlebih dari mesin las tersebut.

 

Nah saat kalian menggunakan mesin las secara terus menerus tanpa jeda, maka alhasil pasti mesin las tersebut akan otomatis mati untuk meminta istirahat sebentar. Standardnya,, mesin las yang bagus itu mampu melakukan pengelasan terus menerus tanpa jeda sebanyak 8 – 10 kawat las.

Jadi kalian kudu punya kawat las sebanyak 10 buah ya untuk melakukan percobaan ini. Coba aja pake mesin las itu terus dengan 10 kawat las yang kalian miliki tersebut. Jika mesin las mati sebelum kawat las ke 8, maka daya tahan terhadap panas mesin las tersebut kurang.

 

Tetapi jika mesin las tersebut dapat bertahan hingga 8 kawat las dan bahkan 10 kawat las. Berarti mesin las kalian itu kuat. Tapi karena hal ini adalah percobaan yang extreme, jadi jangan diterapkan setiap hari di pekerjaan kalian ya guys. Kasian mesin las kalian bisa kepanasan tiap hari. Hasilnya malah akan cepat rusak.

 

 

3. KEMAMPUAN MENGELAS

Hal terakhir yang dapat menentukan mesin las 450 watt yang bagus yaitu dengan melihat kemampuan mesin las dalam mengelas atau menyambung besi. Untuk mencobanya, kalian persiapkan kawat las 3.2 mm.

Kenapa 3.2 mm??

Jawabannya adalah karena kawat 3.2 mm adalah ukuran kawat maksimal yang disarankan untuk mengelas dengan mesin las 120 ampere.

 

Jika mesin las kalian bisa mengelas kawat las 3.2 mm pada ampere maksimal dengan api yang bagus, terus tidak putus-putus apinya dan dapat menyambung besi dengan sempurna. Maka dapat dipastikan mesin las kalian itu bagus.

Tetapi jika mesin las tersebut tidak dapat mengelas dengan benar yaitu apinya putus-putus terus tidak matang hasil lasannya sehingga tidak dapat menyambung besi dengan sempurna. Maka sayang sekali. Kami kabarkan kepada anda bahwa mesin las kalian kurang bagus.

 

Naahh.. udah pada jelas ya guys tentang penjelasan kami ini. Langsung aja kalian tonton video percobaan yang udah kami lakukan dari ketiga hal yang udah kami jelaskan diatas untuk menentukan mana mesin las 450 watt yang bagus menurut kalian.

Cekidot video dibawah ini :

 

Pertarungan SENGIT ! 6 mesin las / trafo las 450 watt TERLARIS dan TERMURAH tahun 2019, PART 1

 

Gimana nih? udah nonton video diatas belum? Kalo udah,, jangan lupa subscribe, like dan share video-video kami ya guys. Dijamin temen-temen dan sodara-sodara kalian yang sedang membutuhkan informasi ini pasti terbantu. Dan bukan hanya video diatas ya..

Masih banyak banget video-video tentang informasi bermanfaat buat kalian di channel youtube kami ini. Maka buruan subscribe dan jangan lupa bunyiin loncengnya biar kalian bisa langsung dapet notifikasi saat kami upload video terbaru kami.

Link channel youtube kami ada dibawah ini ya guys.. Langsung subscribe aja ya

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Oke Cukup sekian artikel kami kali ini, semoga bermanfaat.. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *