OLI YANG COCOK UNTUK KOMPRESOR

By | November 14, 2019

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya merdeka-merdeka.. Hmmmm… Oke balik lagi ya ke blog tehniq.com yang sedikit jayus tapi selalu memberikan informasi yang penting dan menarik buat kalian semua seputar alat-alat teknik. Tentunya informasi yang kami sampaikan ini sangat bermanfaat ya buat kalian semua seperti contohnya artikel yang mau kami buat ini guys. Kali ini kami akan membahas tuntas tentang oli yang cocok untuk kompresor angin kalian.

 

Karena ada beberapa pertanyaan dari Netizen di google yang menanyakan masalah oli untuk kompresor ini. Sampe ada netizen yang ga pernah ganti oli karena takut salah oli dan takut kompresornya malah rusak. Jadi mereka nungguin sampe ada informasi yang dia dapet dari temen atau dari internet.

 

Hmmm.. parah juga ya ternyata. Oke jadi kesimpulannya kami buat artikel ini untuk membantu kalian yang sedang mengalami masalah tersebut. Jangan sampe lah kompresor kalian sampe telat ganti oli karena hal seperti ini. Karena kalo udah piston yang rusak,, wah urusannya udah beda lagi tuh. Cukup lumayan buat biaya servisnya, karena harus ganti sparepart dan service total soalnya.

 

Yaw dah langsung aja ya kita bahas beberapa poinnya dibawah ini agar kalian lebih tercerahkan. Cerah seperti setelah memakai pembersih wajah merk Ponts. Hohoho.. ga boleh ngiklan guys.. ga dapet bayaran soalnya :V

 

 

OLI YANG COCOK UNTUK KOMPRESOR

Oke jadi kami akan bahas dalam 2 poin ya guys yaitu dari sisi tipe atau jenis oli itu sendiri dan peruntukan oli tersebut. Nah dari sisi tipe atau jenis ini. Oli dapat dibagi menjadi 2 jenis guys. Dan kedua jenis oli ini dapat kalian gunakan untuk kebutuhan kompresor kalian ya.

  1. Sintetis
  2. non Sintetis

 

OLI SINTETIS

Nah untuk oli sintetis ini sendiri adalah oli yang dibuat dengan teknologi canggih dan melibatkan senyawa kimia buatan. Senyawa kimia buatan ini dibuat dari minyak bumi yang diproses dan dimodifikasi dengan teknologi tadi, sehingga bisa menjadi senyawa kimia ini. Untuk kelebihan dari oli sintetis ini yaitu sebagai berikut ya guys :

  • Tidak mudah terbakar.
  • Membuat mesin tidak cepat panas, sehingga durasi pergantian oli menjadi lebih lama.
  • Molekul senyawa kimia buatan memiliki ikatan yang lebih kuat sehingga dapat melumasi mesin lebih konsisten.
  • Efisiensi lebih tinggi karena dapat bekerja lebih lama ketimbang oli non sintetis.
  • Dapat sesuai dengan berbagai lingkungan, karena tidak dapat menjadi terlalu kental di udara yang dingin dan tidak pula terlalu cair di udara yang panas. ( berlaku juga pada mesin dingin dan mesin panas )

 

Nah itu tadi kelebih dari oli sintetis ya guys. Yang kedua yaitu kekurangan dari oli sintetis ini apa?? nah mari sama-sama kita lihat dan rasakan kekurangan oli ini.

  • Harga lebih mahal
  • Tidak cocok untuk digunakan pada mesin yang memiliki elastomer, plastik, perekat dan pelapis.

 

Tapi untuk poin kedua ga perlu terlalu dipikirin guys, karena pada mesin kompresor ini tidak ada hal-hal seperti itu. Kecuali pada oil-less kompresor ya. Tapi ga mungkin juga ya kalian pake oil less kompresor, karena kan oil less, jadi ga perlu pake oli. Hehe

 

 

OLI NON SINTETIS

Untuk oli non sintetis ini pengertiannya adalah oli yang dibuat langsung dari minyak mentah yang juga diolah tetapi tidak seperti pengolahan oli sintetis pada umumnya. Jadi untuk karakteristiknya sendiri lebih encer. Dan kalo kita tadi udah bahas tentang kelebihan dan kekurangan oli sintetis, maka kali ini bagian kelebihan dan kekurangan oli non sintetis ya guys.

 

Jadi apa aja kelebihan dari oli non sintetis ini guys?? cekidot pada beberapa poin dibawah ini :

  • Harga lebih terjangkau
  • Cocok untuk kebutuhan ringan hingga menengah

 

Nah itu tadi kelebihan dari oli non sintetis ya guys. Dan untuk kekurangan dari oli non sintetis ini adalah sebagai berikut :

  • Lebih cepat panas dan encer, sehingga harus lebih rutin untuk menggantinya.
  • Dapat terbakar karena terbuat dari minyak mentah.
  • Efisiensi lebih rendah karena harus lebih sering ganti oli.
  • Jika mesin terlalu panas, maka molekul oli tersebut akan lebih encer dan tidak konsisten, jadi dapat menimbulkan gesekan pada piston dengan rumahnya.

 

Nah sekarang kalian udah tau ya bedanya. Dan bisa kalian tentukan juga oli mana yang cocok buat kebutuhan kalian. Kalo kalian pake kompresor buat santai-santai aja ya mending beli oli non sintetis aja, karena murah dan mesin kalian tetap terjaga.

 

Tapi kalo kompresor kalian itu penggunaannya lebih berat, maka kami sarankan untuk menggunakan oli sintetis yang harganya lebih mahal ya guys.

 

Nah itu tadi tipe atau jenis oli yang cocok untuk mesin kompresor kalian ya guys. Dan yang kedua yang akan kita bahas tadi yaitu peruntukan oli tersebut.

 

 

PERUNTUKAN OLI

Nah untuk yang kedua, peruntukan oli ya guys. Oli yang cocok untuk kompresor sebenarnya ga ada yang khusus diperuntukkan untuk kompresor ya guys. Kalian bisa pake oli untuk sepeda motor guys, tapi kalian harus perhatikan juga tingkat kekentalannya ya.

 

Kenapa harus motor?? ya kali oli mobil, gede amat. Hehehe..

 

Dan satu lagi guys, harus motor 4 tak ya. Untuk sintetis atau non sintetis udah gw jelasin diatas, jadi kalian ga perlu nanya lagi kudu beli yang mana. Pokok yang sesuai dengan kebutuhan kalian aja ya guys. Dan untuk penggunaannya sendiri bisa kalian lihat pada spesifikasi oli tersebut. Karena setiap oli itu beda-beda guys, ada yang bisa dipakai sampai 50 jam aja. Atau bisa bahkan sampai 100 jam, pokoknya lihat aja ya di spesifikasi oli yang kalian beli.

 

Kalo kalian nanya berapa lama frekuensi gantinya??. Bentar dulu dah kalo pertanyaan itu. Karena emang kebutuhan kalian kan beda-beda. Harusnya kalian yang ngerti ya guys mau diganti berapa bulan sekali. Yang jelas untuk lebih mudahnya kalian bisa research aja atau coba-coba.

 

Misal gini. Awal-awal kalian coba aja dulu ganti sebulan sekali, kan pas kalian keluarin olinya keliatan tuh udah encer dan item atau belon. Kalo kalian rasa terlalu encer dan item, berarti harus kalian ganti lebih cepet lagi misal 2 minggu sekali.

 

Tapi kalo sebaliknya, oli yang kalian keluarin tadi masih bagus warnanya dan masih kental, berarti kalian kudu lebih lama lagi gantinya, misal 2 bulan sekali. Jadi tergantung kebutuhan dan kenyamanan kalian masing-masing ya guys. Dan pesen gw sih satu aja. Kalo mau kompresor awet ya jangan pelit-pelit ganti oli lah ya. Karena mesin awet berawal dari oli yang masih perawan. Halah..!! Hehehe.

 

 

PENUTUP

Oke jadi itu tadi informasi oli yang cocok untuk kompresor kalian ya guys. Semoga informasi ini dapat berguna buat kalian semua. Kalo kalian masih bingung oli yang cocok untuk kompresor kalian kudu oli yang kaya gimana, mending kalian tulis di kolom komen ya. Sapa tau bisa gw bantu-bantu tipis.

 

Yaw dah cukup sekian ya artikel dari kami, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

 

 

9 thoughts on “OLI YANG COCOK UNTUK KOMPRESOR

  1. Benz

    Untuk kekentalannya gimana mas? Apa berdasarkan umur kompresor? Makin tua kasi oli kental atau gimana

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Kalo saya pribadi pake oli ga liat umur mesin sih
      tapi kalo liat motor tua biasanya pake oli yang tidak terlalu kental, tapi konsekuensinya harus lebih sering ganti oli

      Intinya kami tidak pernah gonta ganti oli
      tapi kalo bapak melihat dari sisi motor tua, kemungkinan bisa dicoba untuk oli yang tidak terlalu kental

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  2. Gon

    Kalo ukuran kekentalan oli yg recomended buat kompresor brp gan?? SAE 10 ,SAE 30 atau berapa?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk tingkat kekentalan tidak terlalu mempengaruhi pak
      yang penting pake oli untuk motor 4 tak saja sudah sangat mumpuni

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  3. tri

    oli compressor beda sama oli mesin contoh simplenya oli compressor dicampur air tidak menyatu tapi kalo oli mesin campur air langsung berubah menjadi putih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *