FUNGSI DAN KEGUNAAN HEAT GUN

By | April 15, 2019
Thumbnail-Fungsi-dan-Kegunaan-Heat-Gun

Hai guys..!! Kalian udah pada tau belum sih apa itu heat gun? Karena gw baru-baru ini lagi research tentang heat gun nih. Awalnya sih gw kira heat gun itu Alat buat nempelin stiker. Eh ternyata setelah gw cari-cari informasi tentang heat gun ini, banyak juga lho fungsi dan kegunaan heat gun ini.

 

Nah jadi pada artikel ini, gw mau bahas abis nih tentang fungsi dan kegunaan heat gun. Jadi bagi kalian yang masih mengira-ngira fungsi dan kegunaan heat gun tanpa tau kenyataannya ( kaya gw ). Kalian bisa baca artikel ini sampai habis biar puas.

 

 

FUNGSI DAN KEGUNAAN HEAT GUN

Tapi sebelum kami membahas fungsi dan kegunaan heat gun ini, terlebih dahulu kami akan menjelaskan sedikit tentang heat gun itu sendiri.

Heat gun itu apa sih? heat gun adalah salah satu jenis power tools yang bekerja dengan mengeluarkan hawa atau angin panas. Untuk panas yang dihasilkanpun dapat kalian atur mulai dari kecil hingga sangat panas. Bahkan ada mesin heat gun yang bisa memancarkan panas hingga lebih dari 500° celcius. Wow.. Panas banget guys.

Fungsi-dan-Kegunaan-Heat-Gun

Kalo dari sisi bentuknya sih hampir kaya hair dryer. Jadi bentuknya kaya pistol dengan ujung yang memiliki lubang angin. Tapi jangan sekali-kali pake heat gun buat ngeringin rambut kalian lho guys. Bisa-bisa kering sampe muka kalian ntar.. HAHAHA.

 

 

KEGUNAAN HEAT GUN

Jadi setelah kita tau fungsi dari heat gun ini, maka selanjutnya hal yang akan kita bahas adalah kegunaan heat gun itu sendiri. Terus heat gun ini biasa digunakan untuk apa sih di kehidupan sehari-hari?

Berikut ini adalah beberapa kegunaan heat gun yang sudah kami research :

 

– MENGHILANGKAN STIKER MEMBANDEL

Jadi cara kerjanya adalah dengan memanaskan permukaan stiker tersebut. Nanti lama-kelamaan lem dari stiker yang menempel tersebut akan mengering dan stiker dapat anda lepaskan dengan mudah.

Fungsi-dan-Kegunaan-Heat-Gun-Melepas-Stiker-Wallpaper

Dan hal ini bukan hanya berlaku pada stiker aja sih guys. Biasanya wallpaper di dinding juga bisa dilepasin pake mesin heat gun ini. Jadi kalian ga perlu ngerusak lapisan cat dinding rumah kalian.

 

– MENGELUPAS CAT

Untuk kegunaan yang satu ini, cara kerjanya pun sama dengan menghilangkan stiker seperti diatas. Jadi mesin heat gun ini diarahkan pada permukaan cat yang akan dikelupas. Nanti cat akan memanas dan mengering sehingga daya rekatnya akan hilang.

Fungsi-dan-Kegunaan-Heat-Gun-Mengelupas-Cat

Cara ini dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan anda lho. Daripada halus ngamplasin cat sampe hilang. Mending disembur pake heat gun terus dikerok pake kape / scraper. Lebih enteng dan cepet, sehingga ga keluar tenaga extra.

 

– MEMBENGKOKKAN BESI

Kegunaan yang ketiga nih yang agak extreme. Saking panasnya hawa yang dikeluarkan, Heat gun ini bisa buat bengkokin besi lho guys. Biasanya orang-orang yang ingin buat kerajinan atau pagar dengan lekukan-lekukan yang sulit. Heat ini jadi pilihan sempurna nih buat bantu kerjaan kalian itu.

Fungsi-dan-Kegunaan-Heat-Gun-Membengkokkan-Besi

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas. Lekukan yang dihasilkan itu bisa sempurna dan halus karena ga pake kekerasan nekuknya. Hal ini juga berlaku untuk besi-besi yang lebih tebal ya guys.

 

– MEMPERCEPAT DAYA REKAT LEM

Untuk kegunaan yang keempat yaitu untuk mempercepat daya rekat lem. Kalian pernah gak pake lem yang bisa lengket kalo udah setengah kering?

Nah. dengan heat gun ini, kalian ga perlu niupin tuh lem sampe hampir kering. Bukan cuma lemnya yang kering, tenggorokan lu juga bakalan kering guys.. HAHAHA

Fungsi-dan-Kegunaan-Heat-Gun-Merekatkan-lem

Contoh lem yang nunggu agak keringan sih biasanya lem tembak, lem fox, lem sandal, dan lain-lain. Biasanya heat gun ini digunakan untuk mempercepat proses produksi pabrik saat menggunakan lem untuk merekatkan barang produksinya. Karena kalo pake cara manual ya gak kebayang aja lamanya gimana.

 

– MELEPASKAN BAUT BERKARAT

Kegunaan lainnya dari heat gun ini adalah untuk melepaskan baut berkarat. Kenapa bisa demikian? Karena dengan dipanaskannya baut ini, maka lubang ulirnya akan memuai. Sehingga lubangnya nanti akan membesar dari ukuran biasa dan baut lebih mudah terlepas.

Fungsi-dan-Kegunaan-Heat-Gun-Melepas-Baut

Bayangin aja guys. Kalo kalian buka baut berkarat ga pake heat gun. Yang ada malah bautnya rusak karena tertekan dan bergesekan dengan kunci pas. Terus malah ga berbentuk dah tuh baut. Terus ngelos malah susah dibuka.

 

– MEMBERI KESAN ARTISTIK PADA KAYU

Bagi kalian pengrajin kayu. Kalian bisa pake heat gun untuk menambah kesan artistik seperti kesan terbakar pada kayu anda. Dan kesan tersebut bisa anda bentuk sesuai dengan kemauan anda agar terlihat lebih bernilai seni yang mahal.

Fungsi-dan-Kegunaan-Heat-Gun-Memberi-Kesan-Artistik-Pada-Kayu

Gambar diatas sih contoh doang guys. Gw ga punya nilai seni khusus soalnya. Biarlah orang-orang yang profesional yang melakukan hal ini.

 

– MENGHILANGKAN SISA BAKARAN PADA BESI

Bagi kalian yang suka pesta-pesta kecil-kecilan dirumah. Entah ini bikin barbeque atau bikin sate pake alat pemanggan kalian sendiri. Pasti kalian pernah mengalami kesulitan saat mau bersihin kerak-kerak daging dan kecap yang menempel ya guys.

Fungsi-dan-Kegunaan-Heat-Gun-Membersihkan-Bekas-Bakaran

Jadi kalo kalian pake heat gun buat bersihin kerak di alat pemanggan kalian. Kalian ga perlu tenaga extra dan sabun extra. Tinggal pake kape / scraper sama heat gun aja. Ntar juga bersih sendiri deh.

 

 

Jadi udah pada tau ya fungsi dan kegunaan heat gun ini. Sebenarnya sih masih banyak lagi fungsinya. Cuma ga bakalan bisa kami sebutin satu persatu. Capek ngetiknya broo.. HEHEHE.

Kalian bisa cari-cari sendiri ya guys fungsi lainnya pake heat gun kalian masing-masing. Inget jangan minjem. Kalo bisa beli sendiri, jadi enak pakenya. Kalo kalian mau beli heat gun buat alat bantu kalian dirumah dan ditempat kerja kalian. Kalian bisa lihat-lihat katalog heat gun kami dibawah ini. Sapa satu ada satu dua heat gun yang cocok dan sesuai dengan budget kalian.

KATALOG HEAT GUN
Fungsi-dan-Kegunaan-Heat-Gun-Katalog

 

Oke kalo gitu. cukup sekian ya artikel kami kali ini.

Oia.. Bagi kalian yang tau kegunaan lain dari heat gun selain yang kami sebutkan diatas. Tulis di kolom komen ya guys, agar informasi yang kami bagikan jadi makin berguna buat yang lain, khususnya bagi yang baru menggunakan heat gun ini.

 

Dan bagi kalian yang sedang mencari-cari informasi spesifikasi dan juga kinerja dari power tools dan alat teknik lainnya. Kalian bisa liat performa mesin yang kami tes di channel youtube kami disini >> CHANNEL YOUTUBE <<

Dijamin, video-video yang kami buat itu video tanpa rekayasa dan juga menggunakan alat-alat pengukur yang akurat. Sehingga hasil-hasil pengetesan yang kami lakukan terangkum semua pada video tersebut secara detail dengan data yang otentik.

2 thoughts on “FUNGSI DAN KEGUNAAN HEAT GUN

  1. Rahmatullah Arsyad

    digunakan untuk memasang segel tutup botol juga min

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *