MESIN ALAT PERKAKAS YANG COCOK DENGAN KOMPRESOR

By | August 28, 2019

Halo sobat tehniq setanah air. Kali ini gw mau bahas tentang mesin alat perkakas yang cocok dengan kompresor. Maksudnya adalah alat-alat perkakas apa yang bisa digunakan dengan kompresor. Kan kita tau ya guys, kompresor itu bukan cuma buat pompa ban kendaraan kita. Kompresor itu bisa digunakan untuk berbagai hal lain yang tentunya harus kita explore agar kita bisa tau apa aja fungsinya.

 

Nah dengan adanya artikel ini, nanti kalian pasti bisa tau kegunaan lain dari kompresor saat digunakan dengan mesin atau alat perkakas. Bukan cuma buat para tukang ya, artikel ini juga bisa kalian pelajari bagi kalian orang rumahan yang memang punya hobi otak-atik mesin atau alat perkakas.

 

Karena memang kompresor itu bisa dipake oleh siapapun, dan ukurannya yang tidak terlalu besar juga bisa disimpan di rumah ataupun di bengkel manapun. Yaw dah langsung aja ya kita masuk ke penjelasan mesin alat perkakas yang cocok dengan kompresor.

 

 

MESIN ALAT PERKAKAS YANG COCOK DENGAN KOMPRESOR

Jadi ada beberapa mesin yang perlu anda ketahui yang dapat digunakan dengan kompresor. Mesin ini menggunakan sistem pendorong dari angin atau sering disebut dengan pneumatic. Jadi sistem kerjanya yaitu dengan bantuan tekanan angin yang dikeluarkan kompresor, agar mesin dapat bergerak atau beroperasi. Jadi lebih flexble untuk digunakan dimana-mana.

 

Tetapi kekurangannya adalah saat tekanan dari kompresor lemah, maka mesin tidak akan bisa bekerja maksimal. Jadi kekuatan mesin akan sangat bergantung dari tekanan angin yang dikeluarkan dari kompresor itu sendiri.

Apa aja sih mesin tersebut?

 

1. Air Impact Wrench

Air-Impact-Wrench-Untuk-Kompresor

Air Impact Wrench adalah alat yang digunakan untuk membuka baut agar lebih ringan dan mudah. Jadi dengan alat ini, manusia dapat membuat baut apa saja tanpa memerlukan tenaga.

Aplikasinya sendiri banyak digunakan untuk keperluan otomotif. Karena memang di otomotif, khususnya mobil. Baut-baut yang menempel tentunya sangat keras untuk dibuka dan lumayan berat juga untuk dipasang lagi. Dan dengan alat ini, kalian ga perlu takut baut yang kalian pasang kurang kencang. Karena kalian bisa setting tingkat kekencangannya sendiri, dan hasilnya sudah pasti kencang karena dilakukan dengan mesin.

 

Bayangin aja klo kita masang baut sendiri pake tangan. Kalo taunya kurang kenceng, terus bautnya copot ditengah jalan gimna coba. Kan bisa berabe.

Jadi sekarang kalian udah tau ya alat pertama yang bisa kalian gunakan dengan kompresor kalian. Oke lanjuuut ke alat yang kedua.

 

 

2. Mesin Bor Pneumatic

Alat kedua yang bisa kalian pake bareng kompresor yaitu Mesin bor guys. Tapi mesin bornya ini lain daripada yang lain. Ga sembarangan nih. Nama mesin bornya yaitu pneumatic drill atau mesin bor pneumatic.

pneumatic-drill-untuk-kompresor

 

Mesin bor yang satu ini berbeda dari mesin bor biasa karena tidak menggunakan listrik. Kalian bisa lihat pada gambar diatas ya, bagian bawah atau handlenya tidak memiliki kabel untuk disambungkan ke listrik. Tapi dibagian tersebut terdapat semacam sambungan untuk selang.

Nah nantinya selang dari kompresor akan dimasukkan pada sambungan mesin bor tersebut agar tekanan angin dapat dimasukkan kedalam mesin bor tersebut.

 

Dan untuk kekuatan putarnya sendiri tentunya tidak kalah dengan mesin bor listrik guys. Cuma bedanya kekuatan dari mesin bor ini tergantung dari tekanan angin yang dikeluarkan kompresor.

 

 

3. Mesin Bobok Pneumatic

Selanjutnya Mesin alat perkakas yang cocok dengan kompresor yang ketiga yaitu mesin bobok. Mesin bobok ini juga beda dengan mesin bobok yang lain. Biasanya mesin bobok ini bisa digunakan di darat dan di air karena tidak menggunakan listrik.

Canggih banget kan..!

pneumatic-hammer-drill-untuk-kompresor

 

Kalian tau ya guys mesin bobok itu apa? kalo belum tau sekalian aja gw kasih tau disini ya. Jadi mesin bobok itu adalah alat untuk menghancurkan beton ataupun aspal. Jadi kita gak perlu pakai palu besar atau hammer untuk menghancurkan aspal ataupun beton rumah. Cukup dengan alat ini aja, kalian ga membutuhkan tenaga yang besar juga untuk pengoperasiannya.

 

Kenapa harus di bobok?

ya pasti ada kalanya kita melakukan renovasi rumah, jadi ada yang harus dihancurkan untuk membuat pondasi yang baru lagi. Atau jika jalanan aspal rusak, perlu dihancurkan untuk dibuat tambalan baru, sehingga jalan aspal menjadi halus kembali.

 

Nah dengan mesin bobok pneumatic ini, kalian ga perlu cari-cari listrik disekitaran area yang mau dibobok atau dihancurkan. Cukup letakkan kompresor pada sumber listrik, dan bekerjalah sesuai dengan panjang selang yang kalian miliki. Kalo bisa beli selang panjang, agar kalian ga ribet kerjanya karena selang yang ga cukup panjang untuk mencakup area kerja.

 

 

4. Mesin Amplas Pneumatic

Sekarang kita masuk poin yang terakhir tentang mesin alat perkakas yang cocok dengan kompresor. Mesin ini banyak dikenal dengan sebutan mesin amplas kayu atau bahasa kerennya yaitu sander.

Sander yang banyak digunakan saat ini kebanyakan sudah menggunakan listrik karena memang kegunaannya yang sudah lebih simpel dan mudah. Dan penggunaan mesin amplas pneumatic ini juga sudah kurang diminati.

 

Tapi tenang aja guys.. gw bakalan tetep jelasin tentang mesin amplas pneumatic ini pada kalian kok.

pneumatic-sander-untuk-kompresor

 

Mesin ini selain bisa digunakan untuk amplas, juga bisa digunakan untuk poles. Tergantung dari kalian sendiri mau dipake buat apa. Perbedaan mesin sander ini dengan mesin sander listrik yaitu dari gerakannya. Kalo mesin sander listrik itu kebanyakan maju mundur tetapi kalo sander pneumatic ini memutar seperti mesin poles listrik.

 

 

Nah sekarang kali udah pada tau ya apa aja mesin alat perkakas yang cocok dengan kompresor. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kalian atau bahkan bisa jadi ide untuk usaha mandiri kalian.

Jangan lupa selalu support kami dengan menonton channel youtube kami dan juga subscribe, share dan like video-videonya agar kami bisa membuat video yang bermanfaat terus buat kalian. Kalian juga bisa dapetin referensi mesin yang bagus dari video-video kami. Pokoknya pasti videonya bermanfaat buat kalian.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Klik link diatas ya guys.. Jangan lupa ^^

Sekian dlu dari kami.. Salam…!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *