Thumbnail-Perbedaan-Clamp-Meter-dan-Multimeter

PERBEDAAN CLAMP METER DAN MULTIMETER

By: Yudha Yudha
08 Apr 2020

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya.. Semoga kalian selalu diberikan kesehatan disaat wabah COVID-19 ini melanda. Pokoknya tenang jangan panik sama COVID-19 ini, asal kalian jaga jarak dan jaga kebersihan. Kalian boleh panik kalo cepirit di celana pas lagi banyak orang. Wkwkwkwk.. Udah serius-serius jadi kali ini kami mau bahas tentang perbedaan clamp meter dan multimeter.

 

Jadi biar kalian semua tau perbedaan fungsi dan cara penggunaan dari kedua alat ini. Sebelumnya kami udah sempet bahas tentang perbedaan multimeter dan voltmeter ya. Jadi bagi kalian yang penasaran pengen baca juga silahkan klik link disini >> perbedaan multimeter dan voltmeter <<.

 

Nah biar makin lengkap artikel kami, jadi kami bikin artikel tentang perbedaan clamp meter dan multimeter ini juga. Siapa tau ada yang sedang mencari informasi tentang kedua alat ini.

 

Oke jadi dari sisi pengertian, Clamp meter adalah salah satu alat ukur satuan listrik yang dapat digunakan untuk mengukur beberapa jenis satuan listrik seperti voltase, ohm, ampere, frekuensi dan lain-lain.

 

Sedangkan Multimeter itu pengertiannya juga sama yaitu salah satu alat ukur satuan listrik yang dapat digunakan untuk mengukur voltase, ohm, ampere, frekuensi dan lain-lain.

 

Nah kalo dari sisi pengertian secara umum tentunya kalian bakal bingung ya. Terus alat ini bedanya apa kalo artinya sama.. Tenang guys kami akan menjelaskan lebih detail pada beberapa poin dibawah ini.

 

 

PERBEDAAN CLAMP METER ( TANG AMPERE ) DAN MULTIMETER

Naahh.. jadi mari kita sama-sama bedah perbedaan clamp meter dan multimeter ini. Jika kita lihat dari bentuknya tentunya beda ya. Clamp meter itu bentuknya seperti tang dan multimeter itu hanya kotak biasa.

 

Nah perbedaan dari kedua alat ini akan kami bedakan dari sisi kegunaannya ya guys. Karena kalo dari sisi fungsi itu mereka sama aja. Jadi perbedaannya itu ada pada bentuk dan juga kegunaannya. Kita mulai dari clamp meter atau tang ampere dulu aja kali ya.

 

KEGUNAAN TANG AMPERE

Oke jadi kita akan bahas tang ampere terlebih dahulu ya guys. Nah tang ampere ini memiliki 2 cara untuk melakukan pengukuran. Satu bisa digunakan menggunakan tang jepitnya ( khusus untuk perhitungan ampere ) dan satu lagi digunakan menggunakan probe atau si tongkat penghantar listriknya.

 

Jadi gini gambarnya biar lebih jelas.

 

Bagian-Bagian-Clamp-Meter

 

Oia untuk probe sendiri digunakan untuk mengukur tahanan dan tegangan. Ada juga clamp meter yang lebih mahal itu digunakan untuk mengukur frekuensi, kapasitor dan resistansi. Jadi tergantung ketebalan dompet kalian masing-masing ya. Hehehe

 

Untuk penggunaannya sendiri kalo menggunakan bagian tangnya. Kalian hanya tinggal menjepit salah satu kabel baik itu plus atau minus. Jadi kan kabel dalemannya ada 2 tuh biasanya antara warna hitam, biru, merah. Pokoknya gitu dah.

 

Nah kalo udah di klem ke salah satu kabelnya, maka layar penunjuknya akan menunjukkan nilai ampere yang mengalir pada kabel tersebut. Tapi jangan lupa settingannya di bikin ke ampere dulu ya. Jangan ke volt, ohm dan lain-lain.

 

Karena kalo mau pake tang kudu ngukur ampere doang.

 

Dan selanjutnya untuk mengukur voltase ataupun tegangan kalian membutuhkan probe. Dan perlu diinget bahwa probe warna merah itu untuk plus dan warna hitam untuk minus. Jangan sampe salah nih. Sedih kalo sampe salah soalnya, bisa dputusin pacar. Hmmm bucin banget gw..

 

KELEBIHAN TANG AMPERE ( CLAMP METER )

Untuk kelebihan yang dimiliki tang ampere jika dibandingkan dengan multimeter yaitu diantaranya :

  • Untuk mengukur arus listrik tidak perlu membongkar rangkaian.
  • Hanya dibuat dengan mode digital sehingga dapat mengukur hingga angka belakang koma.
  • Memiliki mode hold yang artinya bisa menyimpan angka perhitungan listrik anda jika memang diperlukan.
  • Lebih ringkas dan simple dalam penggunaannya.

 

 

KEGUNAAN MULTIMETER

Dan yang kedua yaitu multimeter ya guys. Untuk multimeter ini sendiri cara penggunaannya hanya menggunakan probe. Jadi berbeda dengan tang ampere atau clamp meter yang penggunaannya bisa dengan 2 cara.

 

Dan untuk bagian-bagian dari multimeter ini bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini :

Bagian-bagian-dari-multimeter

 

Dan cara penggunaan dari multimeter ini sama dengan clamp meter ya. Untuk probe sama bentuknya, tidak ada yang beda. Dan warnanya pun tidak ada beda. Hanya warna hitam yang untuk minus dan yang merah untuk plus.

 

Jadi probe ini nantinya akan dicolokin atau disentuhkan pada rangkaian listrik. Kemudian nilainya akan ditunjukkan pada display. Bedanya dengan clamp meter yaitu jenis dari multimeter ini sendiri. Jadi multimeter ini memiliki 2 jenis yaitu :

  • Digital
  • Analog

 

Kalo analog pake jarum dan digital pake tampilan layar.  Untuk tampilan digital tentunya lebih ya angkanya. Bisa dapet lebih akurat karena dapat ditampilkan angka di belakang koma.

 

KELEBIHAN MULTIMETER

Kalo kita tadi bahas tentang kelebihan tang ampere, maka kali ini kami akan membahas tentang kelebihan multimeter yang tidak dimiliki clamp meter. Berikut adalah beberapa kelebihan tersebut :

  • Harga lebih murah.
  • Dengan harga lebih murah, kapasitas pengukuran bisa lebih tinggi.

 

Nah dari sisi kelebihan multimeter jika dibandingkan dengan tang ampere gw rasa segitu doang ya. Karena emang clamp meter ini dibuat dengan harga yang tinggi tentunya pasti memiliki sesuatu yang lebih. Jadi wajar aja kalo kelebihan dari multimeter ini sedikit jika dibandingkan dengan clamp meter.

 

Dan itu tadi ya beberapa perbedaan clamp meter dan multimeter ini. Baik perbedaan dari sisi pengertian, kegunaan, cara penggunaan dan juga kelebihannya. Kayanya artikel tentang perbedaan clamp meter dan multimeter ini gw rasa udah cukup lengkap ya.

 

Semoga aja informasi yang kalian cari bisa didapetin di artikel ini. Dan tentunya semoga artikel ini bermanfaat ya buat kalian semua.. Kalo gitu sekian dulu ya artikel dari kami.. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *