MEMILIH MATA BOR KAYU YANG TEPAT

By: Yudha Yudha
31 May 2019

Halo sobat tehniq,, kali ini kami mau bagi-bagi info buat kalian para pengguna mesin bor nih. Jadi artikel kali ini adalah tentang memilih mata bor kayu yang tepat buat kebutuhan kalian. Karena mata bor kayu itu macamnya banyak, jadi kalian perlu tau masing-masing kegunaannya ya guys.

 

Seperti yang kalian tau ya guys, mata bor kayu itu memiliki bentuk yang aneh-aneh kan. Tapi kalian udah tau belum fungsi dan keunggulan dari masing-masing tipe mata bor kayu tersebut?

Kalo kalian belum tau ya kebetulan banget nih, karena kami mau bagiin info tersebut buat kalian semua.

 

TIPS MEMILIH MATA BOR KAYU YANG TEPAT

Sebelum kami membahas tentang tips memilih mata bor kayu yang tepat. Ada beberapa hal terlebih dahulu yang perlu kami jelaskan.

Jadi ada berapa tipe sih mata bor kayu itu? atau ada berapa jenis sih mata bor kayu itu?

 

Jenis atau tipe mata bor yang akan kami bahas disini yaitu ada 3 jenis atau tipe mata bor kayu. Berikut adalah beberapa tipe mata bor kayu tersebut :

  • Forstner bits
  • Auger Bits
  • Spade Bits

 

MATA BOR KAYU FORSTNER BITS

Memilih-Mata-Bor-Kayu-Forstner-Bits

 

Seperti yang bisa kalian lihat ya pada gambar diatas. Gambar tersebut adalah gambar dari mata bor kayu jenis atau tipe forstner bits.

Mata bor kayu tipe forstner bits ini sangat cocok untuk digunakan pada jenis pengeboran lubang dan datar dibagian bawahnya.

Penggunaannya sendiri biasa digunakan untuk pembuatan pada engsel pintu atau engsel lemari.

 

Memilih-Mata-Bor-Kayu-Forstner-Bits-Satu-Pack

 

Jadi mata bor tipe ini memang biasa digunakan untuk pembuatan engsel. Untuk itu bagi kalian yang ingin memasang pintu atau lemari kalian, usahakan untuk menggunakan mata bor tipe ini untuk hasil yang rapi dan maksimal ya guys.

 

Itu tadi adalah tips memilih mata bor kayu yang tepat bagi anda yang sedang ada kebutuhan pemasangan engsel ya guys. Selanjutnya adalah mata bor tipe auger bits

 

MATA BOR KAYU AUGER BITS

Memilih-Mata-Bor-Kayu-Auger-Bits

 

Seperti yang kalian lihat pada gambar diatas. Tipe mata bor auger bit ini lebih panjang dari lebih halus karena dibagian pinggirnya tidak memiliki permukaan kasar dan tajam.

 

Memilih-Mata-Bor-Kayu-Auger-Bits-Satu-Pack

Untuk penggunaannya sendiri, jenis mata bor kayu tipe auger bits ini cocok digunakan untuk pengeboran pada kayu yang tebal. Karena bentuknya yang panjang, mata bor auger bits ini dapat melubangi kayu hingga sangat dalam dan bahkan dapat menembus kayu tersebut.

 

Anda dapat menggunakan mata bor kayu tipe auger bits ini untuk pengaplikasian terhadap pemasangan baut kayu atau pengunci kayu. Biasanya baut ini digunakan untuk menyambung kayu agar dapat digunakan pada bentuk tertentu.

 

Contoh yang paling banyak yaitu pembuatan pilar-pilar kayu pada atap rumah dan juga pondasi rumah kayu. Karena kayu yang dipasang harus tebal dan dibentuk menyerupai atap dan pondasi yang harus kuat. Maka diperlukan baut tebal untuk menyambung kayu-kayu tersebut.

Contohnya bisa kalian lihat gambar dibawah ini ya :

 

Pemasangan-Pilar-Kayu-Rumah

Pemasangan-Pondasi-Kayu-Rumah

 

Udah tau maksud kami kan guys setelah melihat gambar diatas? Semoga kalian bisa memilih mata bor kayu yang tepat ya dan paham fungsi dari auger bits ini sendiri. Selanjutnya kami akan menjelaskan tentang tipe mata bor kayu yang terakhir yaitu spade bits.

 

MATA BOR KAYU SPADE BITS

Memilih-Mata-Bor-Kayu-Spade-Bits

 

Yang terakhir yaitu tipe mata bor kayu Spade Bits. Tipe mata bor ini hanya memiliki bagian tajam diatas. Dan dibagian badannya lebih ramping.

Mata bor jenis ini lebih membutuhkan kekuatan mesin bor yang lebih. Karena memang kekuatan dari mata bor tipe ini tertumpu hanya di bagian atas saja.

 

Memilih-Mata-Bor-Kayu-Spade-Bits-Satu-Pack

 

Untuk penggunaannya sendiri, mata bor kayu tipe spade bits ini sama dengan mata bor kayu tipe auger bits. Bedanya adalah hasil lubang pengeborannya saja. Dikarenakan bagian ujungnya yang tajam, jadi lubang hasil pengeborannya lebih kasar atau tidak halus.

 

Gimana nih guys? udah pada paham kan cara memilih mata bor kayu yang tepat buat kebutuhan kalian sendiri. Jadi sesuaikan fungsi mata bor kayu yang sudah kami jelaskan tadi dengan kebutuhan kalian masing-masing ya guys.

Dan jika saat ini kalian sedang ada kebutuhan mata bor kayu dan juga mata bor lainnya. Kalian bisa melihat katalog mata bor dibawah ini

Note* : Klik pada gambar untuk melihat katalog

KATALOG MATA BOR
Katalog-Mata-Bor-Kayu

 

Tapi jika kalian ingin melihat performa dari beberapa mata bor yang telah kami uji coba kekuatannya. Kalian bisa mengunjungi channel youtube kami dibawah ini ya guys.

3 Mata Bor Besi & Stainless (HSS) Terlaris 2019, NACHI vs DORMER vs TOHO

Atau kalian bisa lihat video kami yang lain dibawah ini ya.

Review 5 merek mesin bor DIBAWAH 500 RIBU, kira-kira bisa apa aja ya?

Kalian juga bisa lihat semua video percobaan kami dengan mengunjungi channel youtube kami dibawah ini.

>> CHANNEL YOUTUBE <<


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *