KELEBIHAN MENGGUNAKAN MESIN LAS MIG

By | March 6, 2019

Halo welder, jumpa lagi dengan kami tehniq.com ya. Kami ini website yang selalu memberikan informasi tentang semua alat-alat teknik yang sedang viral saat ini. Jadi tentunya informasi-informasi yang akan kami sampaikan pada artikel ini sangatlah bermanfaat. So, kalian ga perlu khawatir dan gak akan nyesel saat udah baca artikel dari tehniq.com. Oia, kali ini kami akan membahas tentang apa sih kelebihan menggunakan mesin las MIG. Tentunya bagi kalian semua para welder, mesin las MIG udah ga asing terdengar di telinga kalian ya. Tapi kalian udah tau belum tentang kelebihan menggunakan mesin las MIG ini sendiri?

 

Jadi mesin las MIG ini biasanya memiliki ciri-ciri yang agak berbeda dengan mesin las MMA biasa ataupun mesin las TIG. Mesin las MIG memiliki ciri-ciri khusus yaitu :

  • Memiliki Body yang lebih besar ( tapi saat ini para produsen udah mulai produksi mesin las MIG ukuran kecil sih. Jadi body besar yang kami maksud ini adalah kebanyakan dari ukuran mesin las MIG ya guys.)
  • Yang kedua yaitu memiliki penggulung kawat las otomatis dibagian dalam bodynya atau aksesoris penggulung kawat las tambahan diluarnya.
  • Ukuran Torch atau Obor las yang lebih panjang dan memiliki bentuk yang lebih lebar dibanding dengan clamp mesin las MMA.
  • Memiliki sambungan atau input saluran untuk gas CO ( Tapi saat ini muncul jenis mesin las MIG yang bisa digunakan tanpa menggunakan gas CO, walaupun mesin las tipe tersebut masih memiliki sambungan atau input saluran untuk gas CO ini ).

Kelebihan-Menggunakan-Mesin-Las-MIG-Ciri-Ciri

KELEBIHAN MENGGUNAKAN MESIN LAS MIG

Setelah kita tau tentang ciri dari mesin las MIG ini sendiri, maka selanjutnya yang akan kami bahas adalah inti dari artikel ini. Yang akan kami bahas selanjutnya adalah kelebihan menggunakan mesin las MIG. Jadi dengan menggunakan mesin las MIG ini, kalian akan mendapatkan kelebihan yang tidak bisa kalian dapatkan dengan menggunakan mesin las MMA / MMAi kalian. Karena harga mesin las MIG ini lebih mahal dari mesin las MMA / MMAi, jadi sangatlah wajar jika mesin las MIG ini memiliki kelebihannya sendiri jika dibandingkan dengan mesin las MMA/ MMAi.

Jadi beberapa kelebihan menggunakan mesin las MIG yang bisa anda dapatkan yaitu diantaranya adalah :

  1. Proses Pengelasannya lebih cepat jika dibandingkan dengan pengelasan SMAW atau mesin las MMA.

  2. Api yang dikeluarkan lebih stabil sehingga hasil lasan yang didapatkan juga lebih kuat dan tahan lama.

  3. Karena lebih cepat dalam hal pengelasannya, tentunya waktu yang digunakan juga lebih efisien dan cepat.

  4. Cocok untuk pekerjaan berat seperti konstruksi baik itu jembatan, pipa-pipa, bangunan dan lain-lain.

  5. Kawat las yang lebih panjang membuatnya lebih mudah digunakan untuk pengelasan panjang, tidak seperti mesin las MMA yang panjang pengelasannya hanya sebatas panjang kawat las yang kemudian harus dimulai lagi dengan kawat las yang baru hingga menghasilkan pengelasan dengan panjang tertentu.

 

Jadi untuk kelebihan menggunakan mesin las MIG ini tentunya udah pada jelas ya. Jadi dengan menggunakan mesin las MIG ini anda akan mendapatkan 5 keuntungan. Tetapi untuk mendapatkan keuntungan tersebut, anda harus sedikit merogoh kantong anda agar dapat membeli mesin las MIG ini. Dan kami rasa dengan hasil yang didapatkan dan uang yang anda keluarkan sangatlah sepadan ya. Anda gak akan rugi juga jika membeli mesin las MIG ini untuk kebutuhan anda.

JUAL MESIN LAS MIG

Tetapi untuk aplikasi ringan seperti pembuatan pagar, kanopi dan las ringan lainnya kami sarankan untuk tidak menggunakan mesin las MIG ya guys. Karena aplikasi ringan emang cocoknya pake mesin las MMA aja yang lebih murah dan lebih kecil konsumsi daya listriknya.

Dan bagi kalian yang memiliki kebutuhan akan mesin las MIG ataupun mesin las tipe apa saja, silahkan kunjungi website kami dengan mengunjungi link dibawah ini.

JUAL MESIN LAS

 

Dan jika kalian pengen tau informasi paling update seputar mesin las baik itu dari segi harga, spesifikasi, kekuatan dan tips-tips menarik, jangan lupa untuk mengunjungi channel Youtube kami dibawah ini.

CHANNEL YOUTUBE

 

Dijamin kalian akan dapetin informasi penting dari video-video yang kami upload. Jangan lupa subscribe, share dan comment ya guys agar kita bisa terus maju dan jadi lebih baik lagi. Salam..!!

6 thoughts on “KELEBIHAN MENGGUNAKAN MESIN LAS MIG

  1. Abdullah

    bang kalo buat pemula yang lagi belajar ngelas, lebih mudah pake mma atau mig gas less ?
    terutama buat las material yang tipis-tipis.

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk welder pemula sebenernya kami saranin pake MIG aja kalo untuk pengelasan totol2
      selain karena cari apinya lebih mudah, mesin las MIG juga cocok untuk ukuran besi tipis

      Kalo mau pake MIG gas less bisa aja om, tapi kawat las harus beda jg ya. Jangan pake kawat asal ya.. Harus yang tipe E71T-11
      Karena itu sudah standard internasional
      Kalo pake kawat las tipe lain, yang ada hasil lasan kalian malah keropos
      Untuk ukuran kawat las sebenernya yang bagus buat plat tipis itu 0.6 mm. Cm di Indonesia masih jarang ada ukuran segitu. Bapak bisa pake 0.8 mm untuk pengelasan totol-totol ya. Jangan pengelasan panjang

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  2. aa asep

    untuk pengelasan rangka sepeda motor, sebaiknya pakai TIG, MIG atau MMAi. Merk apa dan type apa yang paling bagus hasil lasnya.

    Terima Kasih

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Kalo untuk industri kendaraan lebih cocok mesin las MIG sih om
      Tapi kalo mau pake MMA jg bisa

      Untuk tipe mesin las MIG bisa pake minimal yang tipe 130
      Untuk tipe mesin las MMA bisa pake minimal yang tipe 120

      Kalo bisa mesin las yang harganya agak mahal om
      karena kualitas barang jg berbeda dengan yang murah

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  3. Wawan

    Menyambung pertanyaan dari aa asep, jika menggunakan las MIG apakah harus menggunakan gas CO ? Atau tanpa gas CO hasil dari las MIG sudah cukup kuat?

    Terimakasih

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Kalo untuk hasil lasannya sih kuat-kuat aja
      asal kawat lasnya kudu beda ya
      Jangan disamain

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *