JENIS BESI UNTUK RENOVASI RUMAH

By | February 28, 2019

Kalian udah punya rumah sendiri? atau kalian baru beli rumah. Bingung mau bikin pagar rumah atau tralis dari apa? Kalian ga perlu khawatir guys. Artikel ini mungkin bisa jadi informasi tambahan buat kalian yang mau renovasi rumah kalian sesuai dengan imaginasi dan keinginan kalian. Jadi artikel ini akan berkisah tentang jenis besi untuk renovasi rumah kalian dirumah. Semoga artikel ini bisa jadi panduan buat kalian saat bingung ingin memilih jenis besi untuk renovasi rumah kalian ya guys.

 

JENIS BESI UNTUK RENOVASI RUMAH

Kalo kalian mau buat pagar, rangka atap, tralis ataupun renovasi-renovasi untuk rumah kalian. Tentunya kalian membutuhkan besi untuk mendukung proses renovasi tersebut. Tapi jika kalian tidak tau atau tidak paham jenis besi apa yang cocok untuk kebutuhan renovasi kalian tersebut, kalian bisa membaca beberapa rekomendasi jenis besi untuk renovasi rumah kalian. Berikut adalah 8 jenis besi yang cocok untuk proses renovasi rumah kalian :

  1. Wiremesh
  2. Plat Besi
  3. UNP
  4. Besi Siku
  5. Besi Ulir
  6. Hollow
  7. CNP
  8. Pipa Besi

 

Wiremesh adalah salah satu jenis besi untuk renovasi rumah yang terbuat dari lembaran-lembaran kawat dengan ukuran tertentu yang dianyam menjadi satu kesatuan utuh dengan ukuran luas tertentu. Besi jenis ini biasa digunakan untuk pembuatan dak cor langit-langit, tangga, dll. Jika ukuran kawat wirewesh lebih tebal, wiremesh tersebut bisa digunakan untuk pondasi jembatan, jalan raya, Jalan layang dan pondasi besar lainnya. Gambar dari wiremesh sendiri dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

Jenis-Besi-untuk-Renovasi-Rumah-Besi-Wiremesh

 

Lanjut untuk poin nomor 2 yaitu plat besi. Plat besi adalah lonjoran besi berukuran tertentu baik tebal dan juga luas bidangnya. Plat besi ini biasa digunakan untuk untuk pembuatan tempat perkakas, rak besi, alas untuk mengelas, dan lain-lain. Untuk gambarnya sendiri, kalian bisa melihat gambar dibawah ini :

Jenis-Besi-untuk-Renovasi-Rumah-Besi-Plat-Besi

 

Poin selanjutnya yaitu poin yang ketiga yaitu besi UNP. Besi UNP adalah salah satu jenis besi yang berbentuk seperti huruf “U” dengan panjang tertentu dan ketebalan yang tertentu pula. Besi jenis UNP ini banyak digunakan untuk penutup pada bagian atap rumah dan terkadang juga dapat digunakan untuk penopang bagian dinding rumah. Dinding yang kami maksud disini adalah dinding yang terbuat dari bahan silika atau fiber. Untuk melihat gambar dari jenis besi UNP ini, kalian bisa melihat pada gambar dibawah ini :

Jenis-Besi-untuk-Renovasi-Rumah-Besi-UNP

JENIS BESI UNTUK RENOVASI RUMAH – LANJUTAN

Poin yang keempat yang akan kita bahas selanjutnya yaitu jenis besi siku. Besi siku adalah jenis besi yang berbentuk siku atau huruf “L” dengan ukuran panjang tertentu dan tebal tertentu. Untuk fungsinya sendiri, besi siku banyak digunakan untuk membuat rak besi. Biasanya digunakan untuk rak kantor, workshop, dan semacamnya. Selain itu besi siku juga bisa digunakan untuk membuat tower untuk toren dirumah, rangka pintu, dan lain-lain. Gambar dari besi siku ini dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

Jenis-Besi-untuk-Renovasi-Rumah-Besi-Siku

 

Yang kelima yaitu jenis besi ulir. Besi ulir adalah salah satu jenis besi semacam kawat besi dengan ukuran panjang tertentu dan diameter tebal tertentu pula. Biasanya besi ulir berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan kawat besi wire mesh karena memang fungsinya sendiri yang dapat digunakan untuk rangka rumah / pondasi rumah. Kemudian ada juga yang menggunakan besi ulir ini untuk salah satu pembuatan linggis. Terkadang jika anda mempunya dana yang lebih dan ingin agar hasil cor anda lebih kuat dan kokoh, anda bisa mengayam besi ulir ini menjadi bentuk besi wiremesh dengan ukuran lebar dan panjang tertentu, sehingga dapat dijadikan rangka cor atap rumah atau balkon anda. Berikut adalah gambar dari besi ulir yang kami maksud :

Jenis-Besi-untuk-Renovasi-Rumah-Besi-Ulir

Oke selanjutnya untuk poin yang keenam yang akan kita bahas mengenai jenis besi ini yaitu besi hollow. Nah untuk besi hollow ini pasti kalian udah sering denger ya guys, karena emang kegunaannya yang umum untuk rumahan. Jadi besi hollow adalah salah satu jenis besi dengan panjang tertentu dan ketebalan tertentu yang memiliki bentuk kotak persegi ataupun persegi panjang dengan lubang dibagian tengahnya. Besi hollow ini banyak digunakan untuk pembuatan pagar rumah, rangka kanopi, rangka rak, dan semacamnya. Untuk gambar dari besi hollow ini sendiri, kalian bisa melihatnya pada gambar dibawah ini :

Jenis-Besi-untuk-Renovasi-Rumah-Besi-Hollow

JENIS BESI UNTUK RENOVASI RUMAH – LANJUTAN 2

Lanjut ke poin yang ketujuh yaitu jenis besi CNP. Besi CNP adalah jenis besi yang memiliki panjang dan tebal tertentu serta bentuk rangkanya seperti huruf “C” balok. Besi CNP ini banyak juga disebut masyarakat dengan sebutan baja ringan. Mungkin kalian lebih akrab ya dengan sebutan baja ringan ini, karena memang istilahnya di Indonesia sendiri untuk besi CNP ini memang disebut dengan baja ringan. Dan fungsinya sendiri, besi CNP ini banyak digunakan untuk pembuatan rangka atap rumah kalian dan juga sebagian ada yang membuatnya untuk rangka kanopi, tiang lampu dan lain-lain. Tapi besi CNP dengan ketebalan yang lebih tebal tidak bisa disebut dengan baja ringan lagi ya guys. Besi ini sifatnya dapat menahan karat lebih baik, sehingga dapat digunakan diluar rumah maupun didalam rumah. Panas terik dan hujan tidak akan membuatnya gentar guys..hehe. Kalian bisa lihat sendiri ya gambarnya dibawah ini :

Jenis-Besi-untuk-Renovasi-Rumah-Besi-CNP

 

Finally yang terakhir adalah poin ke delapan. Jenis besi untuk renovasi rumah yang terakhir ini adalah jenis pipa besi. Pipa besi adalah jenis besi yang memiliki panjang tertentu dan tebal tertentu dengan bentuk seperti tabung panjang dengan lubang dibagian tengahnya. Jenis besi yang satu ini khusus dibuat untuk pembuatan saluran gas, air, minyak ataupun oli. Jadi karena bentuknya yang seperti tabung membuatnya dapat mengalirkan apapun dan pipa besi ini dapat disambung-sambung dengan pengelasan hingga panjang yang kalian inginkan lho guys. Tapi karena kreatifnya orang indonesia, ada juga yang menggunakan pipa besi ini untuk tiang listrik, pegangan tangga, pembuatan gerobak, kandang hewan dan lain-lain. Untuk gambar dari pipa besi ini dapat kalian lihat pada gambar dibawah ini :

Jenis-Besi-untuk-Renovasi-Rumah-Besi-Pipa-Besi

 

TEHNIQ.COM

Jadi gimana? mudah-mudahkan kalian semua sudah pada jelas dan mengerti ya masing-masing jenis besi untuk renovasi rumah ini. Untuk pembeliannya sendiri pun cukup mudah karena kalian bisa membelinya di toko-toko material di daerah rumah kalian. Apalagi kalian yang tinggal di kawasan pembangunan perumahan baru, udah pasti yang namnya toko material disana itu bejibun alias banyak banget.

Bagi kalian yang pengen punya mesin-mesin perkakas tukang dan alat-alat perkakas lainnya untuk mengisi rumah anda sebagai alat bantu dirumah. Kalian bisa mengunjungi website kami di www.tehniq.com untuk kebutuhan power tools kalian ya. Jika kalian pengen lihat katalog power tools kami, kalian bisa cek link dibawah ini.

KATALOG POWER TOOLS

 

Dan bagi kalian yang pengen cari-cari informasi seputar spesifikasi, tips dan trik penggunaan power tools, mesin las dan perkakas lainnya, kalian bisa kunjungi channel youtube kami di channel tehniq.com ya guys. Dijamin pasti kalian dapetin informasi penting yang dapat kalian gunain buat milih mesin perkakas apa yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian. Karena kami melakukan perbandingan dan mereview masing-masing mesin perkakas tersebut. Kalian bisa kunjungi link channel kami dibawah ini ya.

CHANNEL YOUTUBE TEHNIQ.COM

Sekian dari kami.. salam..!!

One thought on “JENIS BESI UNTUK RENOVASI RUMAH

  1. singgih

    admin, kira kira besi UNP bisa d pakai untuk pengganti tiang bangunan yang menggunakan dinding dari batako?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *