FUNGSI DAN KEGUNAAN MESIN LAS TIG

By | March 6, 2019

Halo Welder..!! gimana nih kabarnya welder setanah air nih? semoga kalian pada baik ya.. Sehat semua lah pokoknya.. biar kerja lancar urusan yang lain juga pada lancar. aamiinn. Yak kali ini tehniq.com pengen bagi-bagi informasi tentang fungsi dan Kegunaan Mesin las TIG. Jadi bagi kalian yang belum tau apa itu mesin las TIG atau apa sih kegunaan mesin las TIG itu. Naahh artikel ini tentunya sangat cocok untuk bantu jawab pertanyaan kalian itu.

 

Tapi sebelum kami masuk pada penjelasan fungsi dan kegunaan mesin las TIG ini, kami akan coba untuk menjelaskan apa itu mesin las TIG terlebih dahulu. Jadi mesin las TIG adalah jenis mesin las yang menggunakan gas argon sebagai bagian dari pengelasannya. Gas argon sendiri adalah salah satu jenis gas mulia yang berfungsi sebagai gas pelindung yang melindungi dari pembakaran dari proses pengelasan itu sendiri, jadi asap las yang dihasilkan tidak terlalu berbahaya. Sebenarnya gas argon ini juga digunakan oleh sebagian orang untuk aplikasi dengan menggunakan mesin las MIG. Tetapi kebanyakan orang menggunakan mesin las MIG dengan gas CO sebagai bahan pembakarannya. Sedangkan semua jenis mesin las TIG sudah pasti menggunakan gas argon ini.

 

FUNGSI DAN KEGUNAAN MESIN LAS TIG

Jika kita membahas fungsi dan kegunaan mesin las TIG, tentunya yang akan kita bahas disini adalah fungsi dari mesin las TIG ini buat ngelas apa sih?. Jadi material apa saja sih yang bisa digunakan untuk pengelasan dengan mesin las TIG ini? Berikut ini adalah beberapa jenis metal yang sangat cocok digunakan untuk melakukan pengelasan dengan menggunakan mesin las TIG.

  • Carbon and Low Alloy Steel
  • Stainless Steel ( 304, 316, 321, 17-4, 410 ).
  • Nickel alloys inconel, Hastelloy, Waspalloy.
  • Alumunium Alloy ( 3003, 5052, 6061 )
  • Titanium
  • Cobalt Alloys Haynes ( 188 dan L605 )
  • Refractory Alloys ( Molybdenum Tungsten )
  • Copper Alloys ( Alumunium Bronze, Nibral Bronze, Pure Copper )

 

Jadi ada 8 jenis metal atau besi yang cocok digunakan pada pengelasan dengan mesin las TIG ini. Jadi bagi anda yang bergelut dibidang ke-8 perbesian tersebut, kami sarankan untuk menggunakan mesin las TIG sebagai alat pengelasannya.

 

Biasanya ke-8 besi-besi tersebut banyak digunakan pada pipa-pipa sambungan saluran listrik atau gas, body-body pada alat-alat atau mesin-mesin buatan, Plat-plat alumunium, dan lain sebagainya.

 

Setelah kita tau fungsi dan kegunaan mesin las TIG ini, pertanyaannya sekarang adalah alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk dapat mengelas dengan menggunakan mesin las TIG ini?

 

ALAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK MESIN LAS TIG

Tentunya sebelum melakukan pengelasan, kita harus tau terlebih dahulu alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung proses pengelasan tersebut. Misalnya pada mesin las MMA, kalian hanya cukup membutuhkan kawat las, electrode holder dan earth clamp untuk dapat mulai melakukan pengelasan. Disini kami tidak menjelaskan alat safety yang harus digunakan ya guys. Karena bahasan tersebut adalah bahasan yang berbeda.

 

Oke balik lagi pada pembahasan alat yang dibutuhkan untuk mesin las TIG ini. Pada paragraf diatas kami sudah menjelaskan contoh alat-alat pendukung untuk melakukan pengelasan dengan mesin Las MMA. Dan tentunya kalian masih penasaran alat apa aja yang sih dibutuhkan untuk melakukan pengelasan dengan mesin las TIG ini? Berikut adalah alat-alat yang harus kalian siapkan sebelum kalian memulai untuk melakukan pengelasan dengan mesin las TIG.

  1. Mesin Las TIG tentunya.
  2. Welding Torch Set.
  3. Tabung Gas yang sudah terisi gas argon.
  4. Regulator dan Flow Meter.
  5. Selang Gas.
  6. Kawat Las TIG.

Untuk keenam poin diatas kami akan coba untuk menjelaskan poin 3, 4 dan 6. Karena ketiga hal yang lain kami rasa sudah cukup jelas karena biasanya sudah kalian dapatkan saat kalian membeli mesin las TIG ini.

 

TABUNG GAS ARGON UNTUK MESIN LAS TIG

Fungsi-dan-Kegunaan-Mesin-Las-TIG-Gas-Argon

Alat yang pertama adalah Tabung Gas argon yang sudah berisi Gas argon. Gas ini sangat dibutuhkan untuk penggunaan mesin las TIG ini karena fungsinya yang paling krusial. Tabung gas ini digunakan untuk mensuplai kebutuhan gas argon pada saat pengelasan, sehingga pembakaran yang dihasilkan tidak mengeluarkan asap yang terlalu berbahaya bagi paru-paru. Pada umumnya proses pengelasan dengan menggunakan mesin las TIG ini memang menggunakan gas argon, akan tetapi gas helium juga bisa dijadikan pengganti gas argon jika keberadaan gas argon ini sedang langka. Tetapi tetap gas argon lebih diutamakan untuk digunakan pada mesin las TIG ini ya guys.

 

REGULATOR DAN FLOWMETER UNTUK MESIN LAS TIG

Fungsi-dan-Kegunaan-Mesin-Las-TIG-Regulator-dan-Flowmeter

Regulator dan Flow Meter ini adalah bagian yang berfungsi untuk mengatur laju aliran gas dari tabung gas. Bagiannya sendiri memiliki fungsi untuk membuka dan menutup katup dan juga mengatur tekanan yang dikeluarkan pada tabung gas, sehingga gas yang dihasilkan lebih stabil dan tidak boros. Jadi Regulator disini fungsinya adalah sebagai katup dan juga untuk mengetahui tekanan kerja gas pada tabung serta volume gas yang tersisa pada tabung. Sedangkan Flowmeter berfungsi untuk mengatur tekanan yang dikeluarkan tabung gas tadi. Beberapa jenis Regulator dilengkapi dengan pemanas yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya uap air akibat reaksi yang dihasilkan antara gas dengan udara disekitar. Tetapi biasanya pemanas ini digunakan pada aplikasi dengan gas CO2.

 

KAWAT LAS TIG UNTUK MESIN LAS TIG

Fungsi-dan-Kegunaan-Mesin-Las-TIG-Kawat-Las-Elektroda-TIG

Kawat Las TIG ada beberapa macam. Dan masing-masing jenis kawat las TIG tersebut tentunya memiliki fungsi yang berbeda dan komposisi material yang berbeda pula. Beberapa jenis kawat las TIG yang perlu kalian ketahui yaitu :

  • Electrode Wolfram Pure ( Warna Hijau ) yaitu Elektroda atau kawat las dari tungsten murni yang memiliki harga paling murah. Keunggulan dari elektroda ini terletak hanya pada harganya yang lebih murah. Sedangkan kegunaannya sendiri bisa digunakan untuk melakukan pengelasan pada alumunium dan magnesium.

  • Electrode Wolfram Thorium Oxide ( Warna Kuning dan Merah ) yaitu elektroda dari tungsten yang dicampur dengan unsur Thorium dengan kadar 1% untuk elektroda yang berwarna kuning dan 2% untuk elektroda yang berwarna merah. Jenis Elektroda ini memiliki kelebihan pada stabilitas nyala busur diawal pengelasan atau saat nyalanya api las, sehingga membuat pengelasan jadi lebih mudah.

  • Electrode Wolfram Cerium Oxide ( Warna Orange ) yaitu Elektroda dari tungsten dengan campuran tambahan Cerium dengan kadar 2%. Kelebihan dari jenis elektroda ini yaitu ketahanannya yang baik terhadap panas yang dapat mencegah terjadinya lelehan dan kontaminasi pada objek las. Selain itu elektroda ini juga memiliki stabilitas nyala busur yang stabil saat awal pengelasan.

  • Electrode Wolfram Lanthanum Oxide ( Warna Hitam, Emas dan Biru ) yaitu Elektroda tungsten yang memiliki campuran unsur Lanthanum dengan kada 1%, dan 1.5% untuk elektroda berwarna emas dan 2% untuk elektroda berwarna biru. Kelebihan dari elektroda jenis ini sama dengan elektroda jenis Cerium Oxide diatas.

  • Electrode Wolfram Zirconium Oxide ( Warna Coklat ) yaitu Elektroda dari Tungsten yang dicampur dengan Zirconium dengan kadar 0.3%. Kelebihan dari elektroda jenis ini yaitu memiliki titik lebur yang lebih tinggi sehingga cepat melebur saat dilakukan pengelasan. Selain itu elektroda ini juga mampu menahan arus yang tinggi dan lebih tahan lama.

 

JUAL MESIN LAS TIG

Gimana guys? udah pada jelas ya tentang fungsi dan kegunaan mesin las TIG ini. Semoga kalian semua sekarang udah tercerahkan dengan artikel ini. Dan bagi kalian yang sedang membutuhkan mesin las TIG untuk kebutuhan anda. Anda dapat melihat katalog dan harga mesin las TIG pada link dibawah ini.

MESIN LAS TIG

 

Dan jika kalian sedang mencari informasi-informasi seputar mesin las dan alat-lat teknik lainnya, kalian bisa tonton channel video kami yang oke banget. Disitu kami membahas tentang tips dan trik mengelas, dan juga beberapa perbandingan mesin las satu dengan yang lain agar kalian dapat mempertimbangkan kebutuhan kalian dengan mesin las yang kalian butuhkan. Kunjungi channel youtube kami pada link dibawah ini.

CHANNEL YOUTUBE

One thought on “FUNGSI DAN KEGUNAAN MESIN LAS TIG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *