BEBERAPA HAL YANG HARUS KAMU KETAHUI TENTANG LAMPU LED

By | June 30, 2020

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya.. Gw mau nanya nih.. kalian dirumah pada pake lampu apa nih ngomong-ngomong?? Bohlam pijar, lampu TL, LED atau masih pake lampu petromak?? hehehe.. Bagi kalian yang udah pake LED atau pengen beralih ke lampu LED, nah pas banget nih.. Karena ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang lampu LED ini guys.

 

Jadi kalo kalian mau pake LED atau emang udah pake,, tentunya informasi ini akan sangat berguna buat kalian ya.. Ya paling nggak kalian bisa lebih mengetahui seluk beluk dari lampu LED ini lah ya..

 

Karena jaman sekarang itu kayanya lampu LED sangat digandrungi orang-orang ya karena konsumsi daya listrik yang lebih rendah ketimbang lampu pijar dan lampu TL. Oke jadi langsung aja ya.. apa aja nih kira-kira fakta yang bisa kalian dapat dari lampu LED ini. Cekidot..!!

 

 

BEBERAPA HAL YANG HARUS KAMU KETAHUI TENTANG LAMPU LED

Oke jadi apa aja nih yang perlu kalian ketahui tentang lampu LED ini guys?? Jadi lampu LED ini adalah lampu yang memiliki karakter yang sangat berbeda dengan karakter jenis lampu yang lain. Dan lampu LED ini merupakan produksi lampu dengan teknologi terbaru.

 

Jadi yang paling baru diantara jenis lampu lainnya. Untuk itu perlu kita dalami dan lebih kita ketahui apa aja karakteristiknya. Untuk itu berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang lampu LED :

 

SUMBER CAHAYA

Cahaya di dalam lampu LED ini ternyata bukan putih lho guys. Mungkin terlihat dari luar memang putih, tapi ternyata warna putih yang dikeluarkan merupakan campuran dari beberapa warna cahaya.

 

Sumber-Cahaya-yang-dihasilkan-lampu-LED

 

Dan ternyata cahaya yang dikeluarkan lampu LED ini merupakan campuran dari cahaya berwarna merah, hijau dan biru. Ketiga cahaya tersebut mungkin terbias atau membias atau apa ya bahasanya.. Ya pokoknya nyampur jadi satu menjadi warna putih.

 

 

ARAH CAHAYA

Cahaya putih yang dihasilkan dari 3 warna tadi ternyata arah biasnya tidak sembarangan guys. Jadi bentuk bohlam dibuat terbatas karena dibatas dengan bodynya, sehingga bias cahaya lebih fokus kebawah saja. Kalo lampunya ditaruh atas ya..

 

Kalo ditaruh samping ya berarti arahnya kedepan atau kesamping. Jadi bagi kalian yang pengen menggunakan lampu led untuk lampu taman sepertinya tidak akan cocok. Kecuali lampunya dikasih rumah, jadi cahaya berbelok dan bisa keluar kesegala arah.

 

Tapi kalo ga pake rumah nantinya akan lebih menyorot kesatu arah saja. Jadi saran kami kalo mau beli lampu LED yang untuk taman, mending beli rumahnya dulu atau beli yang memiliki posisi sorot lampunya lebih dari satu arah.

 

Gini contohnya kalo kalian bingung.

 

Arah-Cahaya-yang-dihasilkan-lampu-LED

 

Nah bisa kalian lihat ya guys.. Lampu diatas ada contoh lampu LED yang akan menyorot ke segala arah. Kalo kalian rasa lampu diatas terlalu banyak arah sorotnya, berarti kalian bisa beli yang 2 arah sorot aja.

 

 

PANAS YANG DIHASILKAN

Seperti kita tau ya guys,, lampu jika berada di ruangan tertentu dalam keadaan menyala akan menimbulkan hawa panas. Apalagi kalo watt lampunya besar tapi ruangan kecil. Nah itu lama-lama kalian akan merasa gerah atau kepanasan.

 

Kalo lampu non LED biasanya mengeluarkan energi panas sekitar 80 – 90%, jadi lebih cepat membuat ruangan menjadi lebih panas jika posisi menyala terus.

 

Tapi berbeda dengan lampu LED yang hanya mengeluarkan energi panas sekitar 75%. Intinya tetap menghasilkan panas tetapi akan lebih lama pengaruhnya pada ruangan kalian ketimbang menggunakan lampu jenis lainnya.

 

 

UMUR

Nah yang terakhir adalah umur ya guys. Normalnya umur lampu itu maksimal 20.000 jam. Tergantung merk tapi ya.. Tapi umumnya berumur sekitar 20.000 jam habis gitu akan mati. Tapi jika lampu LED ini memiliki umur yang lebih lama guys.

 

Umur dari lampu LED ini bisa 2 kali lipas yaitu sekitar 20.000 sampai 50.000 jam, tergantung dari merk lampu LED itu sendiri. Jadi memang pantas lampu LED ini masih menyandang predikat lampu paling mahal ketimbang jenis lampu lainnya ( dengan nilai watt yang sama )

 

Menurut gw sih wajar ya dia lebih mahal, karena emang dari segi umur juga lebih lama dan daya listrik yang dikonsumsi juga lebih kecil.

 

Naahh itu tadi ya beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang lampu LED ini. Semoga informasi ini bisa menjadi tambahan ilmu buat kalian semua. Bagi kalian yang tertarik membeli lampu LED ini, tentunya kalian bisa langsung membelinya ya.

 

Tapi jangan lupa siapin duit lebih. Paling beda 10% doang kok guys.. Ga terlalu mahal yang melonjak 2x gitu.. Aman dah pokoknya,, gak akan rugi-rugi banget.

 

Yaw dah kalo gitu guys, sampai disini aja ya artikel dari kami ini.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *