AKSESORIS KOMPRESOR YANG SANGAT PENTING

By | June 17, 2022
Thumbnail-Aksesoris-Kompresor-yang-Sangat-Penting

Halo sobat tehniq setanah air,, semoga kalian selalu diberikan kesehatan ya dan dilancarkan segala urusannya. Okee jadi kali ini kami mau membahas tentang aksesoris kompresor yang sangat penting fungsinya untuk kompresor itu sendiri. Jadi aksesoris ini dapat mendukung umur dan performa kompresor jadi lebih baik dan selalu dalam performa terbaiknya.

Jika kalian salah dalam menggunakan aksesoris ini dan jika kalian tidak merawat aksesoris ini, maka kompresor kalian bisa terkendala performanya. Nah jadi tentu aksesoris ini sangat penting ya perannya buat kompresor itu sendiri.

Karena fungsinya yang penting, tentunya gw jadi tertarik buat membahas apa aja sih aksesoris-aksesoris penting ini. Penasaran?? langsung aja ya kita bahas pada poin-poin dibawah ini.

 

5 AKSESORIS KOMPRESOR YANG SANGAT PENTING

Dari research yang gw lakukan dan berdasarkan pengalaman gw menggunakan kompresor selama ini. Maka ada 5 aksesoris yang memiliki peran penting untuk performa kompresor itu sendiri. Kira-kira apa aja nih 5 aksesoris tersebut?

Nah berikut adalah kelima aksesoris tersebut dan tentunya beserta penjelasannya pentingnya aksesoris tersebut untuk kompresor.

 

1. FILTER

Filter-Aksesoris-Kompresor

Aksesoris kompresor yang pertama yaitu Filter. Filter adalah aksesoris kompresor yang memiliki fungsi sangat penting yaitu untuk menjaga udara dalam kompresor selalu bersih. Dengan filter yang selalu dapat membersihkan udara yang masuk kedalam tanki, maka hal tersebut dapat memperpanjang umur kompresor itu sendiri.

Kenapa demikian? karena udara yang bersih dapat menjaga performa mesin tetap pada performa bagus karena tidak terkontaminasi udara kotor dari luar. Dan tak hanya itu, udara yang bersih juga dapat menjaga bagian dalam tanki dari karat.

 

2. AIR OIL SEPARATOR

Air-Oil-Separator-Kompresor

Yang kedua yaitu Air oil separator atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan pemisah minyak udara. Jadi fungsinya adalah memisahkan kandungan oli dan minyak pada udara kompresor. Jika udara yang dihasilkan kompresor bersih dari kandungan oli dan minyak, tentunya akan mempengaruhi hasil pekerjaan kalian juga nantinya.

Selain itu, oli dan minyak yang dipisahkan ini nantinya juga disalurkan untuk jadi bagian dari pelumas mesin yang tentunya bagus untuk mesin itu sendiri.

Agar kalian lebih dalam mengerti air oil separator ini, kami ingin coba menjelaskan sedikit tentang cara kerjanya secara singkat.

CARA KERJA

  • Saat campuran oli dan udara masuk kedalam tabung, maka oli atau minyak yang sifatnya lebih berat dari angin tentunya akan turun kebagian bawah tanki sekitar 99%.
  • Selanjutnya 0.9% dari oli tersebut akan ditarik dan dipisahkan oleh si air oil separator ini untuk disaring dan jatuh ke bawah tabung kompresor.
  • Oli yang sudah tersaring tersebut akan dikumpulkan didalam oil separator ini. Dan 0.1% dari oli tersebut akan terhisap kembali oleh sistem kompresor yang disebut scavange line untuk dimasukkan kedalam mesin kompresor untuk membantu performa kompresor.

 

3. AIR DRYERS

Air-Dryers-untuk-Kompresor

Aksesoris kompresor yang ketiga yaitu Air dryers yang berfungsi untuk pengosongan tanki. Kenapa alat ini penting?? karena udara dalam tanki jika mengendap di tanki untuk beberapa hari maka akan menghasilkan uap air. Karena uap air ini mengandung air, maka semakin banyak uap air maka kandungan air akan semakin banyak.

Air sendiri bagi kompresor memiliki dampak yang buruk. Salah satunya yaitu merusak komponen pada tanki yang terbuat dari besi yaitu pengaratan. Air juga dapat merusak bagian-bagian lainnya yang terbuat dari besi. Tak hanya itu, jika terlalu banyak air di dalam tanki maka udara yang keluar akan terganggu karena ada cipratan air yang mengganggu aliran angin yang keluar dari tanki.

 

4. REGULATOR

Regulator-untuk-Kompresor

Selanjutnya yaitu regulator yang berfungsi untuk menstabilkan tekanan udara yang dikeluarkan kompresor. Kestabilan udara yang keluar sangat mempengaruhi kinerja dari kompresor ini sendiri. Dan tak hanya itu, regulator ini juga berfungsi untuk mengatur tekanan angin tetap pada standard penggunaan kompresor ini sendiri.

Jika kalian mendapati tekanan yang dikeluarkan kurang atau lebih dari standard yang ditentukan pada spesifikasi kompresor kalian. Maka kalian harus segera menyesuaikan tekanannya kembali. Kelebihan ataupun kekurangan akan tekanan angin pada kompresor akan menyebabkan keausan pada sistem penyaluran udara kompresor itu sendiri.

 

5. SELANG UDARA

Selang-Angin-Kompresor

Terakhir yaitu pemilihan selang juga sangat penting untuk kebutuhan kompresor anda. Ukuran, panjang dan pendeknya serta material dari selang kompresor harus kalian pertimbangkan sebaik mungkin. Diameter selang yang terlalur besar ataupun terlalu kecil akan mempengaruhi nilai tekanan yang dikeluarkan kompresor.

Jika tekanan tidak sesuai maka akan terjadi ketidak stabilan pada mesin. Dan mengenai panjang pendeknya selang juga nantinya akan mempengaruhi tekanan yang keluar dari kompresor itu sendiri. Selain itu, semakin panjang selang udara maka penggunaan kompresor akan semakin tidak efisien.

Dan untuk material selang akan mempengaruhi umur dari selang itu sendiri. Adanya tekukan dan gesekan yang sering dialami selang maka akan membuat keausan pada materialnya. Jika hal tersebut tidak kalian sadari, maka akan terjadi kebocoran pada selang, dan itu juga bisa tidak kalian sadari.

Kebocoran selang akan mempengaruhi tekanan yang keluar dan kompresor. Dan tak hanya itu ya,, udara yang keluar juga akan semakin boros karena tidak keluar dengan semestinya.

 

Naahh itu tadi ya beberapa aksesoris kompresor yang penting untuk menjaga performa kompresor kalian tetap pada performa terbaiknya. Pastikan kalian melengkapi kompresor kalian dengan aksesoris yang lengkap dan tepat sesuai dengan kebutuhan spesifikasi kompresor anda.

 

Baiklah sampai disini dulu artikel dari kami.. Semoga bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

 

BACA JUGA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *